12 Nama-Nama Bulan dalam Islam

Bulan dalam Islam

Nama-Nama Bulan Dalam Islam yang Sebaiknya Anda Tahu

Bulan dalam Islam – Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk bergama Islam tentu mengenal kalender hijriyah atau kalender Islam. Kalender ini digunakan untuk menentukan beberapa waktu atau momen penting yang berhubungan dengan ibadah maupun hari-hari penting dalam agama Islam. Sama dengan bulan dan tahun kabisat, bulan dalam islam juga terdapat 12 bulan dimana dimasing-masing bulan memiliki keutamaan masing-masing.

Seperti kalender masehi, kalender hijriyah ini terdiri atas 12 bulan di mana masing-masing bulan memiliki makna khusus bagi umat Islam. Misal, bulan Ramadhan merupakan bulan puasa, bulan Syawal menjadi bulan kemenangan Idul Fitri, dan sebagainya. Lalu, apa sajakah ke-12 bulan dalam Islam tersebut?

Baca juga: Bioenergi Sejalan dengan Agama

Untuk mengenal lebih jelas tentang kalender hijriyah maka di bawah ini akan diuraikan mengenai 12 bulan dalam Islam yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

1. Bulan Muharam

Bulan Muharram adalah bulan dalam Islam yang pertama dan terdiri atas 30 hari.Bulan yang memiliki arti “haram” ini bermakna Allah melarang umat muslim untuk melakukan semua perbuatan yang dibenci-Nya di bulan ini.

2. Bulan Safar

Safar merupakan bulan dalam Islam yang kedua. Bulan Safar ini berarti “kosong” yang memiliki makna biasanya orang-orang Arab zaman dahulu di bulan ini sering meninggalkan rumah mereka dalam kondisi kosong untuk menyerang musuh.

Baca juga: Pernyataan Paling Terkenal dari Tokoh Dunia

3. Bulan Rabiul Awal

Bulan ketiga dalam penaggalan islam adalah Rabiul Awal. Pada bulan ini sangat istimewa karena di tanggal 12 Rabiul Awal diyakini menjadi hari lahir Nabi Muhammad Saw. Dan kini diperingati sebagai hari besar umat Islam “Maulid Nabi Muhammad Saw”. Nama Rabiul berasal dari kata “Rab’i” yang memiliki arti menetap, sedangkan awal berarti pertama.

4. Bulan Rabiul Akhir

Jika ada Rabiul Awal maka bulan dalam Islam juga mengenal bulan Rabiul Akhir. Bulan ini merupakan bulan keempat berdasarklan penanggalan kalender hijriyah. Di bulan ini terdapat beberapa peristiwa penting. Yitu, tanggal 8 atau 10merupakan hari kelahiran salah seorang imam yang termasuk dalam golongan 12 imam pada kepercayaan siah, tanggal 10 atau 12 merupakan tanggal kematian Fatimah Al-Ma’sumah.

5. Bulan Jumadil Awal

Yang kelima adalah bulan Jumadil Awal. Jumadil awal jatuh pada musim dingin di mada air membeku (jumud). Jumlah hari pada bulan ini adalah sebanyak 30 hari.

Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Masalah dengan Bioenergi

6. Bulan Jumadil Akhir

Bulan yang keenam dalam kalender Islam adalah bulan Jumadil Akhir. Seperti Jumadil Awal, bulan ini masih berada dalam musim dingin. Di bulan ini terdapat 29 hari.

7. Bulan Rajab

Kalender mencatat bulan dalam Islam yang ketujuh adalah bulan Rajab. Bulan ini sangat istimewa dan biasa disebut sebagai bulan Allah di mana setiap tanggal 27 bulan Rajab seluruh umat muslim memperingati Isra Miraj Nabi Muhamamd Saw, yaitu Rasulullah melakukan perjalanan dari Makkah (masjidil Haram) menuju MAsjidil Aqsha di Palestina dengan Buraq. Lalu, dilanjutkan dari Masjidil Aqsha menuju Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah.

8. Bulan Sya’ban

Sya’ban adalan bulan dalam Islam yang kedelapan yang memiliki usia 29 hari. Nama Sya’ban berarti pemisahan. Arti ini didasari cerita karena di bulan-bulan ini biasanya orang Arab berpisah serta berpencar mencari air.

9. Bulan Ramadhan

Setiap orang pasti familier dengan bulan Ramadhan. Di bulan inilah ibadah puasa dilakukan oleh seluruh umat muslim dunia. Selain berpuasa selama 30 hari, di bulan ini Allah menyarankan kepada umat-Nya untuk lebih aktif melakukan kegiatan keagamaan, sepert shalat tarawih, ibadah di saat malam laylatur qadar, membaya Alquran, membayar zakat, dan sebagainya.

Baca juga: Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan bagi Kesehatan

10. Bulan Syawal

Di bulan inilah setiap umat muslim dunia memperingati hari raya Idul Fitri atau lebaran. Bulan ini memiliki jumlah hari mencapai 29 hari yang diyakini sebagai bulan penuh kemenangan.

11. Bulan Dzulkaidah

Bulan Dzulkaidah merupaka bulan dalam Islam yang kesebelas dan memiliki usaia 30 hari. Di bulan ini ada larangan untuk berperang.

12. Bulan zulhijah

Dalam Kalender islam Bulan dalam Islam yang terakhir (keduabelas) adalah bulan Zulhijah. Bulan ini terdapat musim haji dan Idul Adha.

Baca juga: Hadapi Masalah Hidup Seperti Segelas Air

Demikian nama-nama 12 bulan dalam Islam yang terdapat dalam kalender hijriyah. Semua bulan tentu baik bagi umat Allah. Namun, alangkah lebih baik jika Anda memperhatikan apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah di setiap bulan yang sudah dijelaskan di atas. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis, sebaiknya Anda membuka bisnis baru Anda tersebut di bulan baik, seperti di bulan Syawal. Selain memperhatikan kalender Islam, sebaiknya Anda memperhatikan kemampuan bisnis Anda agar bisnis yang Anda tekuni dapat membawa hasil maksimal. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbisnis Anda adalah dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center. Dengan mengikuti pelatihan ini maka Anda akan dibantu dalam menemukan strategi bisnis sekaligus solusi bisnis terbaik Anda dengan Bioenergi. sehingga hal ini akan mempermudah Anda dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Baca juga: Cara Mengatasi Berbagai Masalah Hidup dengan Mudah dan Tuntas

BAGIKAN :