5 Cara Hidup Lebih Bahagia

Bioenergicenter Yogyakarta
Pasangan Bahagia

BIOENERGICENTER.COM — Satu tahun berlalu, ragam pencapaian boleh jadi sudah Anda raih. Namun, apakah berbagai keberhasilan juga diikuti dengan perasaan bahagia yang menenteramkan? Jika kebahagiaan menjadi satu hal yang masih Anda coba wujudkan, mengawali tahun baru, siapkan diri Anda dengan sejumlah cara untuk meraih kebahagiaan seutuhnya.

Michele Woodward, ahli perencanaan karier sekaligus penulis buku I Am Not Superwoman: Further Essays on Happier Living, mengatakan, “Anda bisa merasa bahagia dengan memiliki waktu untuk berteman, dan berhubungan dengan orang di sekitar Anda, yang bisa memperkaya, memberi arti dan pengalaman berharga lainnya.”

Berikut lima cara yang disarankan Woordward untuk Anda jalankan dalam meraih kebahagiaan mulai tahun baru nanti:

1. Beri penghargaan atas prestasi Anda selama tahun 2011. Duduklah, dan ambil pena serta kertas, kemudian buatlah daftar 25 prestasi teratas Anda yang berhasil Anda capai selama tahun 2011. “Mungkin ini akan mengejutkan diri Anda sendiri karena, tanpa disadari, Anda telah berhasil meraih banyak pencapaian selama setahun ini,” ungkap Woodward.

Cara ini penting dilakukan sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri dan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan lebih menghargai diri, Anda terbantu untuk memiliki pola pikir bahwa Anda mampu mengerjakan berbagai hal besar lainnya, tahun depan.

2. Tentukan tujuan yang realistis. Anda akan merasakan kebahagiaan ketika berhasil memenuhi target dari tujuan yang telah disusun sebelumnya. Ahli ekonomi Angus Deaton, PhD, dan psikolog Daniel Kahneman, PhD, mengungkapkan bahwa orang yang paling berbahagia adalah mereka yang menetapkan berbagai tujuan realistis bagi diri mereka sendiri. Tujuan yang lebih mungkin untuk dicapai.

Senada dengan hal ini, Woodward mengatakan bahwa menetapkan tujuan yang realistis ini bukanlah berarti Anda menyerah pada impian besar Anda. Namun, mencari tahu apa yang Anda inginkan dan ingin dicapai, kemudian fokus menemukan cara untuk meraihnya.

3. Cari kegiatan yang menyenangkan di luar pekerjaan. “Lakukan berbagai kegiatan yang bermakna dan bermanfaat sekaligus menyenangkan untuk Anda,” ungkap Woodward. Berbagai kegiatan ini misalnya kegiatan sukarela, memulai proyek kreatif pribadi, atau mengembangkan hubungan sosial Anda di berbagai komunitas.

4. Bertanggung jawab atas kondisi hidup Anda. Woordward mengatakan saat bekerja, tujuan untuk meraih kenyamanan finansial tetap dibutuhkan. Namun, tanggung jawab atas diri bukan sekadar diukur dari jumlah uang yang dapat Anda dapatkan. Bentuk tanggung jawab atas diri sendiri juga berarti Anda mampu mengubah berbagai hal yang tidak Anda sukai, demi menjalani hidup yang lebih lebih menyenangkan.

“Jika Anda memiliki perjalanan hidup yang mengerikan dan berat, maka pertimbangkanlah untuk mengubahnya menjadi perjalanan yang lebih nyaman untuk memberi makna dalam hidup Anda. Salah satu caranya, mencari pekerjaan baru atau pindah ke tempat baru yang lebih baik,” tambah Woodward.

5. Dikelilingi orang-orang yang Anda sayangi. Ketika dikelilingi dengan orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga, teman, pasangan atau kekasih biasanya Anda akan merasakan kegembiraan. Ini karena ternyata, berada di sekeliling orang-orang yang Anda sayangi membawa energi positif untuk diri sendiri.

Siap untuk lebih bahagia di tahun baru?

Sumber

 

INGIN DAPAT SOLUSI MASALAH SEKARANG JUGA? KLIK DISINI

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *