7 Gedung Impian yang Tak Pernah Terwujud (II)

Gedung-gedung ini awalnya dirancang untuk menjadi yang tertinggi di dunia.

BIOENERGICENTER YOGYAKARTA

BIOENERGICENTER.COM – Memanfaatkan momen prospek investasi Indonesia yang makin membaik, sejumlah pengusaha nasional berlomba-lomba untuk membangun gedung tertinggi dan terbaik yang belum pernah dibangun di Tanah Air.

Tak hanya swasta, perusahaan pelat merah pun tak mau ketinggalan. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan PT Adhi Karya Tbk memiliki mimpi untuk mendirikan bangunan 100 lantai di Jakarta.

Nama terakhir yang muncul ke permukaan adalah pengusaha pemilik CT Corporation, Chairul Tanjung. Pria yang akrab disapa CT ini telah memiliki rencana untuk membangun sebuah gedung mewah yang akan menjadi ikon Indonesia. Bahkan, pengusaha yang melejit lewat bisnis Trans Corp ini, berencana mendatangkan 10 arsitek ternama dunia guna mendesain gedung tersebut.

Namun, pengalaman menunjukkan, sejumlah proyek impian juga pernah dirancang sejumlah negara di dunia. Sayangnya, proyek-proyek prestisius itu justru tidak pernah terwujud hingga saat ini.

Dikutip dari laman businessinsider, setidaknya terdapat 7 konsep bangunan impian yang hingga saat ini tidak pernah terwujud.

5. The Russia Tower
The Russia Tower
Lokasi: Moscow, Russia

Beberapa bagian dari Menara The Russia Tower ini telah dibangun di lokasi International Business Centre. Proyek ini dimulai pada 2007 dan dijadwalkan selesai pada tahun ini.

Dirancang memiliki 118 lantai dan 101 lift, gedung ini direncanakan bisa menampung penghuni sebanyak 30 ribu orang.

Krisis utang yang melanda pada 2008 membuat pembiayaan gedung ini menemui masalah. Hingga akhirnya, pihak pengembang memutuskan untuk membatalkan pembangunan pada Juni 2009.

6. Shimizu Mega-City Pyramid
Shimizu Mega-City Pyramid 2004
Lokasi: Pantai Tokyo, Jepang

Rencananya, bangunan megah ini akan menyerupai sebuah piramida raksasa yang akan menempati lokasi di Pantai Tokyo. Bangunan ini dirancang 14 kali lebih besar dari Piramida Besar di Gaza, Mesir.

Sayangnya, proyek ini telah dikutuk sejak awal pembangunannya. Alasannya, pengembang tidak menemukan material yang tepat untuk membangun piramida tersebut. Lebih tragis lagi, struktur bangunan ini sama sekali belum pernah diciptakan.

7. Tatlin’s Tower

Lokasi: St Petersburg, Russia

Vladimir Tatlin merancang bangunan Tatlin’s Tower pada 1919, dengan niatan untuk menjadi proyek utopia yang mampu mengerdilkan menara Eiffel di Prancis.

Struktur bangunan ini semula dirancang menggunakan bahan dari besi, kaca, dan baja. Vladimir Tatlin juga ingin agar bangunan ini bisa berputar setahun sekali.

Bangunan ini dirancang untuk melayani kegiatan konferensi, seminar, dan pertemuan legislatif. Namun, sayangnya, mimpi tersebut tak pernah terwujud. (art)

SUMBER

Raih Berbagai Manfaat & Solusi dari Buku KECERDASAN BIOENERGI. Dapatkan BONUS CD Kesuksesan jika Pesan Sekarang. Persediaaan TERBATAS..!!!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *