Ampas Kopi Hilangkan Bau Tak Sedap

bioenergicenter Yogyakarta

BIOENERGICENTER.COM – NEW YORK – Pecinta kopi di seluruh penjuru dunia kini bisa bangga. Bukan cuma kopinya saja yang bisa memberikan manfaat, ampasnya pun bisa dipakai untuk menghilangkan bau tak sedap pada limbah.

Potensi ampas kopi menghilangkan bau tak sedap terungkap pada hasil penelitian Teresa J Bandosz, ahli Kimia di City University of New York, yang dipublikasikan di The Journal of Hazardous Materials bulan ini.

Peneliti menemukan bahwa ampas kopi yang diubah menjadi karbon teraktivasi mampu menyerap sulfur penyebab bau tak sedap pada limbah dengan sangat baik. Karbon teraktivasi dibuat dengan mencampur ampas kopi dengan air dan unsur Seng, lalu mengeringkannya di oven.

Kemampuan penyerapan sulfur yang baik disebabkan oleh adanya senyawa kafein dalam kopi. Seperti diuraikan di New York Times, Selasa (21/2/2012), Kafein memiliki atom nitrogen yang meningkatkan kemampuan karbon untuk menyerap sulfur.

Bandosz berharap pengusaha mau melakukan riset lebih lanjut dan diaplikasikan pada bisnis. Ia mengatakan, semakin fresh ampas kopi yang digunakan, semakin baik pula hasilnya. Sebabnya, ampas kopi yang fresh masih memiliki kafein dalam jumlah cukup besar.

SUMBER

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

Bagikan :