FOTO: Leopard 2, Tank Canggih dari Jerman

Tank-tank ternama, Abrams M1A2, Challenger 2, dan Leclerc tak bisa menandingi Leopard 2A6

140674 tank leopard 2 300 225 FOTO: Leopard 2, Tank Canggih dari Jerman

BIOENERGICENTER.COM – Inilah tank Leopard yang selama ini menjadi polemik antara pemerintah Indonesia dengan sejumlah politisi di Senayan. Leopard 2A6 buatan Jerman ini menjadi salah satu tank terbaik di dunia.

Tank tempur utama Jerman ini merupakan pengembangan dari Leopard 1, dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970. Tank ini pertama kali digunakan pada 1979. Dan kini sudah lebih dari 3.480 Leopard 2 telah diproduksi. Beberapa negara telah lama memilikinya.

Tank ini bermesin diesel MTU turbocharged dengan 1.500 tenaga kuda. Tank berbobot 62,3 ton ini memiliki panjang 7,7 meter, lebar 3,7 meter, dan tinggi 3 meter.

Leopard 2A6 dapat diisi oleh 4 orang yakni komandan, penembak, pengisi peluru, dan sopir.

Konon, kehebatan tank-tank ternama seperti Abrams M1A2, Challenger 2, dan Leclerc tak bisa menandingi Leopard 2A6 dalam hal perlindungan, daya tembak, dan mobilitas.

Baja generasi terbaru mejadikan Leopard 2A6 tahan serangan musuh. Untuk persenjataan, Leopard 2A6 menggunakan kanon Rheinmetall kaliber 120 mm. Senjata ini dirakit sesuai dengan standar NATO. Tank ini juga memiliki persenjataan sekunder berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Keampuhannya telah dibuktikan dalam beberapa medan tempur. Angkatan Darat Jerman pertama kali menggunakan Leopard 2 dalam perang di Kosovo. Kanada dan Denmark juga mengoperasikannya dalam perang di Afganistan.

Indonesia sendiri berencana membeli 100 unit tank Leopard ini dari Belanda. Namun, rencana itu diwarnai polemik antara pemerintah dengan sejumlah kalangan, terutama sejumlah anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat yang menentang keras pembelian ini.

SUMBER

Raih Berbagai Manfaat & Solusi dari Buku KECERDASAN BIOENERGI. Dapatkan BONUS CD Kesuksesan jika Pesan Sekarang. Persediaaan TERBATAS..!!!!!

 


This entry was posted in Artikel, Artikel Populer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>