Bandara RI Tersibuk Selama Musim Libur 2012

BioenergiCenter Yogyakarta
Bandara

BIOENERGICENTER.COM – Sepanjang masa angkutan liburan Natal dan Tahun Baru 2012, PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi seluruh bandara yang dikelola perusahaan akan melayani sebanyak 2.318.638 pergerakan penumpang dan 25.327 pergerakan pesawat.

Dari total pergerakan penumpang tersebut, sebanyak 1.205.104 merupakan jumlah penumpang berangkat dan 1.113.534 penumpang datang. Sedangkan komposisi  jumlah pergerakan pesawat datang dan berangkat diperkirakan mencapai 12.635 pergerakan berbanding 12.691 pergerakan.

“Dari 12 bandara yang dikelola Angkasa Pura II, pergerakan tertinggi baik penumpang maupun pesawat ada di Soekarno-Hatta, Tangerang,” ujar Corporate Secretary Angkasa Pura II RP Hari Cahyono, Jumat, 23 Desember 2011.

Hari menjelaskan, PT Angkasa Pura II mengelola sebanyak dua belas bandara utama di kawasan Barat Indonesia. Bandara-bandara tersebut adalah Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Polonia (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Ketaping) dulunya Tabing, Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang) dulunya Kijang, Sultan Thaha (Jambi) dan Depati Amir (Pangkal Pinang).

Pada musim libur Natal dan Tahun Baru ini, Soekarno-Hatta diprediksi akan melayani hingga 1.572.132 pergerakan penumpang, atau sebesar 67,8 persen dari seluruh pergerakan yang ada di 12 bandara.

Sedangkan jumlah pergerakan pesawat yang dilayani di Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai 17.507 pergerakan, atau sebesar 69,12 % dari total pergerakan di 12 bandara milik Angkasa Pura II. Terdiri dari 8.721 pergerakan pesawat datang dan 1.435 pergerakan pesawat berangkat.

”Puncak lonjakan pemberangkatan diperkirakan pada 23-24 Desember 2011. Sedangkan puncak kedatangan antara 2-3 Januari 2012. Jumlah pergerakan penumpang pada masa puncak diperkirakan mencapai 150 ribuan orang. Kalau hari-hari biasa, berkisar 138 ribu penumpang,” katanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan selama masa liburan ini, Hari Cahyono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 288 jadwal penerbangan tambahan (extra flight) untuk sejumlah tujuan favorit. Tambahan jadwal penerbangan itu terdiri atas 38 penerbangan di rute internasional dan 250 penerbangan rute domestik.

Setelah Soekarno-Hatta, Bandara Polonia Medan menempati posisi kedua jumlah pergerakan tertinggi penumpang maupun pesawat selama Natal dan Tahun Baru. Bandara ini  diprediksi akan melayani sebanyak 240.259 pergerakan penumpang.

Bandara tersibuk ketiga selama musim liburan tahun baru kali ini adalah Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru. Bandara utama di Riau ini diprediksi melayani 46.546 penumpang datang dan 46.620 berangkat sepanjang musim Natal dan Tahun Baru.

Tambah Fasilitas

Sejalan dengan persiapan mengantisipasi lonjakan penumpang, Hari Cahyono menambahkan, AP II juga melakukan sejumlah pembenahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Pihaknya baru saja melakukan penambahan senbanyak 2000 tempat duduk di area keberangkatan Terminal 1 dan telah dibuka juga layanan konektivitas nirkabel jaringan internet gratis (free WiFi).

”Tak hanya itu, kami juga memasang layar monitor pemantau kedatangan penumpang di tiap pintu keluar terminal. Layar ini memantau pergerakan penumpang yang datang secara live. Jadi, penjemput tidak perlu lagi menunggu berjejalan di pintu keluar. Kemudian untuk keamanan, kami juga menambah jumlah kamera CCTV hingga mencapai 700 unit,” kata dia.

Hari Cahyono menambahkan, upaya-upaya peningkatan pelayanan tersebut juga dilakukan di bandara-bandara lain yang dikelola Angkasa Pura II. (umi)

• VIVAnews

Bagikan :