BPOM: Jangan Konsumsi Jamu Akar Dewa

  • Bioenergicenter YogyakartaBIOENERGICENTER.COM, GORONTALO—Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo meminta masyarakat setempat untuk tidak mengonsumsi jamu dengan merek “Akar Dewa”, karena terbukti mengandung Bahan Kimia Obat (BKO).

Kepala BPOM Gorontalo, Abdul Rahim, mengungkapkan pihaknya telah memeriksa kandungan jamu akar dewa itu dan menemukan bahan kimia obat bernama Piroxicam. “Ini adalah bahan kimia obat untuk rematik dan tidak bisa dimasukkan dalam jamu, yang seharusnya menggunakan bahan herbal alami,” katanya, Rabu (25/1).

Penggunaan Piroxicam dalam dosis yang tidak diketahui, seperti yang terkandung dalam jamu berbentuk sirup tersebut, antara lain dapat menyebabkan kerusakan ginjal.Sebelumnya, BPOM sengaja memeriksa sampel jamu tersebut, karena banyak dikonsumsi masyarakat dan dianggap berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti encok, pegal linu, masuk angin dan rematik.”Setelah diuji berkali-kali, barulah ditemukan BKO,” katanya.

Selain itu, produk jamu yang diproduksi UD Citra Alam, Jawa Timur itu, juga memalsukan nomor register izin BPOM.
Rahim mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan edaran ke pihak distributor serta toko-toko untuk tidak lagi menjual jamu berbahaya itu. Pihaknya juga telah menyurati BPOM Jawa Timur untuk mengusut pabriknya.

SUMBER

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *