Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Remaja Indonesia

BIOENERGICENTER YOGYAKARTA
BIOENERGICENTER.COM – Menghadapi anak di usia remaja membutuhkan cara-cara khusus karena keunikan perkembangan mereka. Hal ini tak bisa disamakan dengan mengahadapinya ketika mereka masih kecil. Perkembangan menjadi dewasa seringkali ditandai dengan rasa ingin tahu dan rasa ingin mencoba yang cukup tinggi.

Maklum, mereka sedang dalam masa transisi pencarian jati diri. Jika orang tua terlalu keras, anak bisa-bisa mencari oase di luar rumah. Namun, bila terbilang longgar, dampaknya pun tidak lebih baik. Si remaja ini amat mungkin juga terjerumus dalam pergaulan bebas. Untuk itu diperlukan komunikasi yang efektif baik antara orang tua dan anak.

“Sebagai langkah pertama menuju komunikasi yang baik, disarankan para orang tua untuk meluangkan waktu eksklusif bersama remaja. Waktu eksklufif tersebut ialah hanya ada dua orang yaitu antara anak bersama ayah atau ibu dalam konteks santai,” ujar Psikolog Roslina Verailu,M.Psi saat ditemui di acara Pasar Puter Walls Dung-dung Sabtu (28/01).

Roslina juga menambahkan pastikan kita selaku orang tua tidak memaksakan komunikasinya, “Kita kasih komentar dulu, tanya-tanya dulu jangan langsung memaksakan kehendak dan sok tahu. Jadi kita tidak terkesan arogan terhadap si anak remaja dan kita bisa memberikan sikap menerima si remaja,” tambahnya.

Sebagai langkah terakhir Roslina menyarankan kita harus berbicara sebagai seorang sahabat, sehingga mereka bisa mengungkapkan apa yg mereka mau dan inginkan. “Jadi kita haras mendengarkan apa yang mereka mau sehingga kita tahu apa yang mereka inginkan. Sehingga mereka bisa meng-eksplore sisi positif di dalamnya,” tutupnya.

SUMBER

Raih Berbagai Manfaat & Solusi dari Buku KECERDASAN BIOENERGI. Dapatkan BONUS CD Kesuksesan jika Pesan Sekarang. Persediaaan TERBATAS..!!!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *