Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan Persiapan Lahir dan Batin

Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Mau Tahu Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan?

Cara menyambut bulan suci Ramadhan – Umat muslim di seluruh dunia pasti menanti-nanti kedatangan bulan suci Ramadhan, bulan istimewa yang sangat dirindukan. Untuk itu, kedatangan bulan penuh berkah dan ampunan  ini akan disambut dengan sukacita oleh umat muslim. Ada banyak cara dalam menyambut bulan puasa ini. Berbagai persiapan banyak dilakukan baik persiapan fisik, persiapan lahir, maupun batin. Tiap orang memiliki cara sendiri – sendiri dalam menyambut ramadhan. Cara menyambut bulan suci ramadhan ini harus disertai dengan niat untuk meningkatkan kualitas diri terutama keimanan dan ketakwaan dengan usaha lahir dan batin agar senantiasa mendapat keridhoan dan berkah dari Allah.

Cara Menyambut Bulan Suci RamadhanIbadah puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat  muslim pada bulan ramadhan. Hal ini terlihat dalam hadits, “Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu juga dibukakan pintu Surga serta ditutupnya pintu-pintu Neraka…” (Riwayat Ahmad).Untuk menambah amal ibadah puasa Anda nantinya, sebaiknya Anda melakukan berbagai hal positif dalam menyambut bulan suci Ramadhan ini. Lalu, seperti apa sajakah hal atau kebiasaan yang hendaknya dilakukan dalam menyambut kedatangan bulan penuh pengampunan dari Allah ini?

Baca juga: Rahasia Puasa bagi Muslim Sejati

Berikut ini beberapa cara menyambut bulan suci Ramadhan yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan rahmat dan berkah dari keberadaan ramadhan dari awal hingga ujungnya untuk meraih kemenangan. Dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, diharapkan Anda mampu menjadi pribadi yang positif dalam mempersiapkan diri melaksanakan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan Persiapan  batin (Hati dan Pikiran)

Karena istimewanya bulan ramadhan, juga besarnya kerinduan setiap insan dengan bulan mulia itu maka persiapan batin menjadi sangat penting. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk persiapan batin ini, terutama dengan menjaga hati dan pikiran, mengelola hati dan membersihkan diri. Juga memupuk hasrat untuk terus meningkatkan iman dan takwa kepada Allah. Semua itu dilakukan agar hidup menjadi semakin berualitas dan mengalami peningkatan terutama dalam hal spiritual dan keimanan dengan cara cara berikut:

1. Cara menyambut bulan suci Ramadhan dengan Bergembira

  • “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad)

Hadits tersebut nenyiratkan berita gembira keutamaan bulan ramadhan, sehingga kita juga mesti menyambutnya dengan penuh kegembiraan.

Baca juga: ucapan ramadhan – kata kata menyambut bulan ramadhan

2. Cara menyambut bulan suci Ramadhan : Miliki niat berpuasa

Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Puasa merupakan ibadah fardhu yang diutamakan di bulan ramadhan, cara menyambutnya dengan memiliki niat untuk berpuasa.  Dengan niat yang kuat mudah-mudahan ibadah puasanya bisa full seulan penuh dan meraih kemenangan.

  • “Setiap orang yang tahu bahwa esok hari adalah Ramadhan dan dia ingin berpuasa, maka secara otomatis dia telah berniat berpuasa. Baik dia lafalkan niatnya maupun tidak ia ucapkan. Ini adalah perbuatan kaum muslimin secara umum; setiap muslim berniat untuk berpuasa.” (Majmu’ Fatawa, 6:79)
  • “Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala.”

3. Cara menyambut bulan suci Ramadhan : Berdoa

Berdoa agar dipertemukan dengan ramadhan bisa Anda lakukan. Doa ini akan menguatkan iman dan menjadi bentuk ihtiar batin agar kita dapat berkah ramadhan dari berbagai ibadah khusus di bulan ramadhan. Baik untuk ibadah puasa, tarawih, sedekah kita atau ibadah-ibadah lainnya. Karena pada bulan ramadhan semua ibadah kita nilainya dilipat gandakan oleh Allah dan banyak keberkahan yang terkandung di dalamnya.

  • “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan.” (HR. Ahmad dan Ath-Thabrani)

4. Cara menyambut bulan suci Ramadhan dengan meningkatkan ilmu agama

Meningkatkan ilmu agama menjadi salah satu cara mennyambut ramadhan sekaligus sebagai bentuk persiapan hati. Dengan menambah ilmu agama kita akan lebih mudah memahami berbagai nilai ibadah dan menjalankannya. Karena dengan ilmu insyaah apapun ibadah yang kita lakukan nilainya akan lebih berkualitas.

  • “Maka bertanyalah pada orang-orang yang berilmu jika kalian tidak mengetahui.” (QS. Al-Anbiya’ [21] : 7)

5. Cara menyambut bulan suci Ramadhan : Menyucikan diri

Menyucikan diri juga bisa dilakukan dengan banyak berbuat baik dan meningkatkan amal ibadah. Termasuk menjaga hati, lisan, dan senantiasa melalukan tindakan baik dan membantu orang yang membutuhkan.

  • ”Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya maka tidak ada bagi Allah kepentingan terhadap puasa (yang sekedar meninggalkan makan dan minum.” (Riwayat Bukhari).

Baca juga: Cara Meningkatkan Kualitas Diri untuk Keberuntungan dalam Hidup

 6. Cara menyambut bulan suci Ramadhan dengan Bersyukur kepada Allah

cara menyambut bulan suci ramadhan Pada bulan ini ibadah apapun sangat tinggi nilai pahalanya. Artinya mendapat kesempatan bertemu dengan bulan ramadhan juga merupakan sebuah nikmat. Karena itu kita wajib bersyukur kepada Allah. Dan menyambut datangnya ramadhan juga dengan rasa syukur. Sebagaimana dalam  hadits berikut:

  • “Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan.” (HR. Tirmidzi).

7. Cara menyambut bulan suci Ramadhan dengan Bertaubat kepada Allah

Bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat tidaklah mudah. Terkadang hanya orang-orang yang mendapat hidayah saja yang bisa melakukannya. Namun bersamaan datangnya bulan ramadhan, setiap hamba perlu untuk bertaubat agar menjadi orang yang beruntung.  Karena pada bulan ini taubat seorang hamba akan mudah diterima, pintu ampunan terbuka luas dan bahkan setan pun di belenggu, sehingga  terbuka peluang bagi kita untuk menjadi manusia lebih baik. Seperti hadist berikut ini:

  • “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.( QS. An-Nur : 31)

Cara Menyambut bulan Suci Ramadhan dengan Persiapan Lahir (bekal lainnya)

Cara menyambut bulan suci ramadhan dengan persiapan lahir bisa dilakukan dengan mempersiapkan berbagai kebutuhan puasa. Termasuk untuk dana sedekah dan zakat fitrah. Berbagai bekal untuk menyambut datangnya ramadhan seperti membersihkan rumah, tempat ibadah dan memperindah lingkungan juga biasa dilakukan. Bagi para ibu rumah tangga tidak kalah sibuk mempersiapkan budget khusus, baik untuk takjil bersama atau untuk pengeluaran selama bulan puasa. Karena pada bulan special ini membutuhkan kecermatan dan kebijaksanaan dalam belanja. Termasuk adanya kebutuhan khusus yang hanya ada di bulan ramadhan sampai lebaran tiba.

Cara menyambut bulan suci ramadhan bagi sebuah lembaga atau instansi baik pemerintah maupun swasta berbeda lagi. Para pihak yang berkaitan dengan kelancaran usaha juga memanfaatkan moment ramadhan dengan membuat berbagai program khusus. Tata tertip atau peraturan kerja, termasuk target omset/pendapatan, jam operasional juga di buat beda dengan hari biasa. Karena biasanya lembaga atau instansi juga harus memberikan tunjangan khusus atau persembahan bagi pegawainya di bulan ramadhan.

*******

Demikian beberapa persiapan  yang perlu Anda lakukan sebagai cara menyambut bulan suci Ramadhan. Selain melakukan persiapan-persiapan di atas, Anda juga perlu mempersiapkan kondisi jasmani dan rohani Anda dengan benar. Salah satu persiapan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup. Selain itu, jika dirasa kebutuhan gizi Anda kurang tercukupi maka Anda bisa melengkapinya dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi yang bisa Anda dapatkan di Bioenergi Center. Dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi ini diharapkan tubuh Anda selalu terjaga kesehatannya sehingga ibadah puasa dapat berjalan lancar untuk mengumpulkan sebanyak mungkin pahala.

Baca juga: Cara agar harapan keinginan mudah terwujud hidup sehat, sukses, sejahtera

BAGIKAN :