8 Cara Sukses Berbisnis Toko Buku Online

Toko Buku Online

Toko buku online – Kemajuan dan perkembangan teknologi dan sistem informasi  sekarang ini sangat mendukung munculnya berbagai jenis bisnis berbasis online. Salah satu jenis bisnis online yang sangat menjanjikan hasil menggiurkan adalah dengan berjualan buku secara online. Saat ini, peluang membuka toko buku online masih terbuka lebar, mengingat jumlah peminat buku di negeri ini masih sangat banyak. Dan sebagaian besar mereka belum terjamah oleh toko buku konvensional. Ditambah lagi sekian banyak jumlah buku berkualitas dari ratusan penerbit di negeri ini juga masih terbuka luas. Ini merupakanpeluang untuk bisa dimanfaatkan sebagai ladang uang yang potensial.

Membuka toko buku online memang tidak sesulit membuka toko buku offline. Namun bagi Anda yang ingin sukses di bidang bisnis ini harus tetap memperhatikan beberapa cara sukses agar bisnis toko buku online Anda menjadi makin laris dan mencapai omset penjualan yang luar biasa.

Baca juga: Tips Menumbuhkan Bakat Bisnis Dalam Diri Anda

Berikut ini beberapa cara sukses berbisnis toko buku online yang dapat Anda lakukan untuk mendatangkan banyak penghasilan bagi Anda. Dengan menerapkan beberapa cara sukses di bawah ini, diharapkan toko buku online Anda akan menjadikan Anda seorang pebisnis buku yang sukses dan kaya. Semoga bermanfaat.

Cara sukses berbisnis toko buku online

1. Melakukan riset pasar

Sebelum Anda membuat toko buku online, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset pasar. Cara ini yang bertujuan untuk mengetahui model toko buku online yang paling banyak dikunjungi konsumen. Dalam hal ini, Anda bisa melihat beberapa jenis toko buku online yang sudah ada, misal Gramedia, Buka Buku, Buku Kita, Penerbar Swadaya, dan sebagainya.

2. Membuat website

Setelah mengantongi model toko buku online yang Anda inginkan, lalu langkah selanjutnya adalah mulai membuat toko online Anda sendiri sebagai lapak dagangan Anda. Dalam hal ini sebaiknya Anda membuat website dengan situs berbayar agar terlihat terpercaya. Selain itu, buatlah website dengan tampilan yang menarik dan user friendly agar memudahkan para konsumen mendapatkan buku yang mereka inginkan, seperti memastikan website Anda memudahkan konsumen untuk mengakses, melakukan pemesanan hingga pembayaran buku yang mereka beli.

3. Menghubungi banyak penerbit

Setelah memiliki website maka langkah Anda berikutnya dalam membuat toko buku online adalah menghubungi banyak penerbit untuk menawarkan kerja sama menjualkan buku mereka secara online. Anda bisa mengajak kerja sama penerbit mayor yang memiliki banyak jenis buku bestseller ataupun penerbit indie yang ada di kota Anda. Salah satu penerbit indie yang memiliki beragam judul buku berkualitas dan memiliki rekam penjualan fantastis sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda tawarkan kerja sama adalah Penerbit Bioenergi yang ada di kota Yogyakarta.

4. Menjual beragam jenis kategori buku

Jika toko buku online Anda memiliki banyak peminat maka Anda harus menyediakan berbagai jenis dan ketegori buku. Mulai buku novel, agama, anak, masakan, penunjang pelajaran, motivasi, dan sebagainya. Selain itu, uapayakan di setiap judul buku, Anda bisa melengkapinya dengan informasi penting. Misalnya gambar cover buku, sinopsis, harga, review, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak salah dalam memilih buku. Dalam memilih jenis buku yang Anda jual, Anda bisa memilih dari jenis buku bestseller. Ada beberapa jenis buku terbitan Penerbit Bioenergi yang sudah mengantongi status besteller di toko buku Gramedia yang dapat Anda jual, seperti buku “The Solutions”, “Eksplorasi Kekayaan Bioenergi (EKB)”, “101 Keajaiban”, dan sebagainya.

Baca juga: http://bioenergicenter.com/produk-buku/

5. Menerapkan strategi penjualan yang jitu

Untuk mengalahkan persaingan banyaknya toko buku online maka Anda perlu memiliki strategi jitu dalam mengelola bisnis ini. Beberapa startegi yang dapat Anda lakukan adalah memberikan harga yang bersaing, memberikan promo diskon, memberikan gratis ongkos kirim, memberikan bonus pembelian, dan sebagainya.

6. Melakukan promo yang menarik

Untuk memaksimalkan daya beli masyarakat terhadap toko buku online Anda maka Anda perlu melakukan promo yang menarik dengan memanfaatkan berbagai jenis media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai marketpalce untuk membuka lapak untuk produk buku-buku Anda.

7. Memberikan pelayanan yang memuaskan

Cara sukses dengan membuka toko buku online juga dapat Anda lakukan dengan mencantumkan alamat kantor, nomor kontak yang dapat dihubungi, alamat media sosial toko buku Anda, serta menyediakan layanan chat online agar konsumen semakin mudah untuk berkomunikasi dengan Anda.

Demikian beberapa cara sukses membuka toko buku online yang perlu Anda lakukan. Apakah Anda ingin meraih kesukesan secara nyata di bidang jual beli buku online ini? Maka Anda harus jeli dan berpikir kreatif dalam menjual buku. Kemampuan dalam menjual buku ini dapat Anda tingkatkan dengan mengikuti Pelatihan Zona Kaya. Sebuah Program Pelatihan Bioenergi Reguler yang diadakan di Pusat Pelatihan Bioenergi Center, Yogyakarta. Di mana dengan mengikuti pelatihan ini maka Anda akan dibantu untuk menemukan strategi jitu berjualan online. Sekaligus menemukan juga solusi terbaik untuk mengatasi setiap masalah yang timbul dalam menjalankan bisnis toko buku online ini. Dengan memiliki kemampuan berstrategi dan solutif tersebut maka diharapkan akan mempermudah Anda dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis buku online.

Baca juga: Cara sukses berbisnis, berkarir melalui program pelatihan Bioenergi

Bagikan :