Dahlan Iskan Ternyata Juga Pengin Esemka

Bioenergicenter Yogyakarta

BIOENERGICENTER.COM, Jakarta-Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, diam-diam kepincut dengan mobil Kiat Esemka. Bos grup Jawa Pos ini tertarik salah satunya karena harga mobil rakitan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan dan Kiat Motor di Surakarta itu relatif murah. “Boleh… Aku mau beli, murah kan,” kata dia kepada Tempo di kantornya, Rabu 4 Januari 2012.

Dahlan pun menanyakan harga jual mobil kelas Sport Utility Vehicle (SUV) itu. Ketika dijawab, bahwa Kiat Esemka dibanderol sekitar Rp 95 juta, mantan Direktur Utama PLN itu langsung antusias. “Waahh.. kalau begitu besok langsung kirim ya..” ujarnya sembari tersenyum lebar.

Ketertarikan Dahlan tak berhenti disitu. Ia pun menanyakan opsi warna apa saja yang tersedia. Setengah bercanda Dahlan meminta dipilihkan satu kelir yang dianggap menarik oleh wartawan. “Terserah kamu saja mau warna apa. Kalau kamu suka saya juga senang,” katanya.

SUV Kiat Esemka merupakan produk rakitan siswa-siswa SMK 2 Surakarta bersama Sukiyat, pemilik bengkel Kiat Motor di Solo. Mobil ini bermesin bensin dan memiliki kapasitas mesin 1.500 cc dengan empat silinder plus sistem bahan bakar injeksi. Desain mesin mengambil basis KIA yang dulu sempat pula diterapkan pada sedan nasional Timor. Mesin ini mampu memproduksi 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm.

Esemka bisa mengangkut 7 penumpang. Meski harganya relatif murah, mobil ini juga dilengkapi fitur-fitur modern seperti power window, AC, power steering, central lock dan sensor parkir.

Kini sudah dua pejabat yang menggunakan Esemka sebagai kendaraan dinas. Keduanya ialah Walkota Solo Joko Widodo dan Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Esemka dipakai untuk menggantikan Toyota Camry yang sudah digunakan sebagai mobil dinas sejak 2005. Kedua pejabat itu mengaku, Esemka nyaman dikendarai.

ANGGRITA DESYANI | FERY FIRMANSYAH

Sumber

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *