Desainer Apple Dapat Gelar Bangsawan Inggris

Lelaki berkebangsaan Inggris, Jony Ive, merupakan ‘otak’ di balik kesuksesan Apple.

Bioenergicenter Yogyakarta
jonatan ive

BIOENERGICENTER.COM – Kepala Desainer Apple, Jonathan Ive, mendapat hadiah istimewa di awal tahun 2012. Lelaki berkebangsaan Inggris yang berjasa mengembangkan perusahaan nomor satu di Amerika Serikat ini mendapat gelar kebangsawanan di daftar Penghargaan Tahun Baru.

Seperti dikutip dari laman BBC, setelah mendapatkan gelar Knight Commander of the British Empire, Jony pun mendapat gelar “Sir” di depan namanya. Dengan demikian secara resmi namanya menjadi Sir Jonathan Paul Ive.

Gelar ini pun disambut penuh suka cita oleh Jony. “Saya sadar mengambil banyak manfaat dari keindahan tradisi di bidang desain dan pembuatan Inggris Raya. Sejak awal saya menemukan apa yang saya inginkan adalah mendesain,” tutur Ive.

Dibesarkan di Chingford, sebuah distrik di London, Jony Ive mulai bekerja di Apple pada tahun 1992. Sejak itu pula Jony menjadi ‘otak’ di balik sejumlah produk keren Apple.

Tapi. bakat Jony Ive dalam hal desain, bisa dibilang, menjadi besar berkat pendiri Apple Steve Jobs. Saat Jobs kembali ke Apple dan menjadi iCEO (interim CEO, atau Kepala Eksekutif Sementara), Jobs menunjuk Jony Ive sebagai Wakil Presiden Senior di bidang desain industri.

Dalam buku biografi “Steve Jobs” yang ditulis Walter Isaacson, Jony dikabarkan memiliki rencana untuk keluar dari Apple. Kala itu, Jony muak dengan fokus Apple yang sangat mementingkan profit, yang seakan tidak peduli dengan estetika produk.

Tapi ucapan Jobs membuat Jony urung keluar. Saat itu Jobs berkata, “Tujuan Apple bukan hanya untuk menghasilkan uang, tapi untuk membuat produk hebat.”

Keputusan Jony Ive sungguh tepat. Bersama Steve Jobs, Jony menjadi orang yang sangat berjasa di balik keindahan produk-produk Apple. Visi Jobs mengenai estetika, berhasil diterjemahkan sempurna oleh Jony Ive menjadi produk yang cantik nan bermanfaat.

Berawal dari membesut desain iMac, Jony Ive pun kemudian terus menghasilkan sejumlah desain produk yang menjadi ikon Apple. Dari produk yang terbilang tak berhasil seperti PowerBook G4, G4 Cube, hingga produk andalan Apple seperti MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iPod, iPhone, dan iPad.

Enam hasil karya Ive, termasuk iPod model awal, telah jadi bagian dari koleksi Museum of Modern Art di New York, AS. (eh)

Sumber

INGIN DAPAT SOLUSI MASALAH SEKARANG JUGA? KLIK DISINI

 


Bagikan :