Gayus Dituntut 8 Tahun Penjara

Bioenergicenter YogyakartaBIOENERGICENTER.COM, Jakarta – Gayus Tambunan bisa terancam lebih lama di penjara. Eks Pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang jadi tersangka kasus suap dan pencucian uang dituntut hukuman 8 tahun penjara plus denda sebesar Rp 1 miliar.” Terdakwa Gayus Tambunan terbukti  telah melakukan tindak pidana korupsi” kata Jaksa Penuntut Eddy Rakamto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jakarta, Kamis 5 Januari 2012.

Menurut Jaksa Eddy,  tindak pidana korupsi itu dilakukan Gayus saat masih bekerja sebagai pegawai di Dirjen Pajak. Gayus bahkan telah berupaya menyuap petugas penjara ketika berada di dalam Rutan Mako Brimob.

Karenanya selain menuntut hukuman penjara 8 tahun untuk Gayus dan denda uang, Jaksa juga meminta pengadilan menyita barang bukti uang milik Gayus sebesar Rp 201 juta dan US $ 650 ribu dan 9.860.00 dollar Singapura. Selain itu, jaksa juga menuntut 1 unit mobil Honda Jazz dan Ford Everest untuk disita. “Dirampas untuk diserahkan kepada negara,” kata Jaksa saat membacakan tuntutan.

Jaksa menjerat Gayus dengan pasal berlapis. Diantaranya Pasal 12 B ayat 1 dan 2 dan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Gayus juga dituntut Pasal 3 ayat 1a UU nomor 25 tahun 2003 tentang tindak pidana pencucian uang dikaitkan pasal 65 ayat 1 KUHP. Jaksa juga menuntut Gayus dengan pasal 5 ayat 1a UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dikaitkan pasal 64 ayat 1 KUHP.

Menurut Jaksa, sebagai aparat pemerintahan, Gayus telah memanfaatkan kelemahan sistem untuk kepentingan pribadi dan tidak mendukung pemerintah memberantas korupsi.Gayus juga dinilai memberi keterangan yang berbelit-belit selama proses persidangan. “Terdakwa juga dinilai tidak menunjukan rasa penyesalan selama persidangan, dan justru mengulangi perbuatannya dengan menyuap aparat hukum demi kepentingan pribadi,” kata Jaksa Eddy.

Mendengar tuntutan Jaksa,  Hotma Sitompul, pengara Gayus meminta waktu dua pekan untuk menyusun pledoi. Majelis hakim memutuskan menunda sidang selama itu, untuk memberikan kesempatan bagi Gayus untuk menyiapkan pembelaannya.

Sumber

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI


Bagikan :