Energi Kehidupan

Kesederhanaan Adalah Energi Kehidupan

Energi Kehidupan – Saya sering mendapatkan kesan dari orang-orang di sekitar saya bahwa sederhana itu identik dengan keterbatasan materi. Misalnya saya makan sederhana artinya mungkin makan hanya dengan nasi dan lauk tahu tempe. Saya merayakan ultah sederhana artinya saya hanya berdoa atau membuat mie untuk merayakan ultah saya itu. Kesederhanaan selama ini memang lebih identik dengan sesuatu yang terbatas, tidak berlebihan dan kesemuanya berhubungan dengan materi. Kesederhanaan memiliki kekuatan energi kehidupan luar biasa yang sanggup menahan keinginan dan hawanafsu juga energi yang bekerja mengendalikan hati dan pikiran secara sadar.

Energi Kehidupan itu disebut Bioenergi yang bekerja mengikuti arah hati dan pikiran. Sementara sifat kesederhanaan akan lahir dari mereka yang mampu nengendalikan hati dan pikiran dengan hidep secara bersahaja. Dalam kesederhanaan ada kebersahajaan yang menuntun kepada kebahagiaan nurani karena sesungguhnya yang kita butuhkan hanya sedikit dan tidak selalu berupa materi. selebihnya untuk memberi dan memenuhi hak orang lain. Kesederhanaan memiliki arti dan manfaat yang luar biasa sebagai energi kehidupan. Energi untuk bertahan, energi untuk memberi dan berbagi, serta energi untuk mensyukuri hidup itu sendiri.

Kesederhanaan ialah kemampuan untuk ikhlas menerima yang ada, berusaha untuk berlaku adil dan bersyukur atas setiap rezeki dengan menggunakannya pada hal-hal yang bermanfaat dan berarti. Kemampuan itulah yang memberikan manfaat dan menjadi energi dalam kehidupan kita. Lalu apa manfaat kesederhanaan sebagai energi kehidupan?

Baca juga:Bio Energi – 18 Kelebihan Bioenergi Dibanding Energi Lainnya

Kesederhanaan Menyeimbangkan Energi Kehidupan

Secara psikologis, kesederhanaan bermanfaat dalam menyeimbangkan energi positif dan negatif dalam diri dan kehidupan kita. Energi syukur dan ikhlas dalam kesederhanaan merupakan nutrisi untuk mencapai kebahagiaan. Sehingga hati kita senantiasa dipenuhi perasaan-perasaan positif dan pikiran pun lebih jernih dan tenang. Ketenangan psikis akan bersinergi dengan kematangan spiritual. Dalam tataran spiritual, kesederhanaan dapat memberikan energi untuk membuat kita fokus dalam menjalankan sesuatu.

Dengan fokus kepada usaha dan keyakinan akan kekuatan Yang Maha Perkasa, kita mampu menghadapi hambatan dan ujian. Sehingga hidup terasa lebih ringan dan mudah karena ada kepasrahan dan penyerahan diri yang utuh kepada kekuatan maha  besar melalui doa. Itulah energi kehidupan yang bisa memanusiakan manusia.Enegi yang seimbang akan membuat hati lebih tenang dan terhindar dari stress.

Baca juga: Berhentilah Mengeluh, Syukuri yang Ada & Optimis dalam Hidup

Kesederhanaan berpikir adalah salah satu yang menghindarkan kita dari stres. 

Saya pikir selain dari hal-hal terbatas materi, kesederhanaan juga berhubungan dengan gaya hidup. Simple mungkin buat saya juga bisa merujuk pada kesederhanaan. Terutama jika berhubungan dengan suatu pemikiran manusia maka kesederhanaan berpikir menurut saya menjadi sesuatu yang sering kali sulit dilakukan. Seorang Professor ketika mengajar muridnya akan lebih dihargai jika dia bisa mengubah sesuatu yang rumit diterangkan menjadi sederhana. Dan mampu dipahami bahkan oleh orang yang berpendidikan tidak tinggi.

Sering kita melihat para politisi, pejabat atau para ahli yang berbicara di media menggunakan bahasa yang mungkin hanya dipahami oleh mereka sendiri. Padahal saat itu mereka berbicara ke hadapan masyarakat bukan di kalangan tertentu. Salah satu hal yang sering menjadi salah kaprah adalah ketika seorang berpendidikan tinggi sepertinya diharuskan berbicara dengan gaya bahasa yang rumit, semakin rumit semakin akan kelihatan pintar dirinya.

Baca juga: Tips Mengatasi Stres Agar Hidup Lebih Bahagia

Sederhana dalam Berpikir Menghindari stress

Kesederhanaan berpikir adalah salah satu yang menghindarkan kita dari stres. Anda bisa buktikan sendiri ketika anda tidak terlalu banyak berpikir rumit, menerima hal-hal di sekitar anda apa adanya, maka anda akan lebih terlihat rileks. Saya sering melihat orang yang berpikir sangat rumit untuk hal-hal yang sederhana. Bagaimana hal-hal yang sebenarnya memang sederhana menjadi demikian kompleks kalau orang ingin menjadikannya rumit. Tapi hal ini juga bisa tergantung dari cara mereka memandang suatu masalah. Dengan kecerdasan Bioenergi sebagai energi hidup orang akan memiliki jalan cepan menyelesaikan masalah dan mewujudkan harapan.

Keterlibatan pihak ke tiga seperti psikiater akan sangat membantu cara perubahan pola pikir lewat terapi kognitif. Sayangnya hal ini tidak selalu mudah dilakukan. Hal ini disebabkan karena banyak yang tidak “rela” untuk melepaskan cara berpikir rumitnya menjadi ke lebih yang sederhana. Ada juga yang merasakan tidak mampu melakukan itu untuk dirinya. Padahal apa yang berhubungan dengan pikiran adalah sesuatu yang dilatih dan menjadi suatu kebiasaan akhirnya. Cobalah untuk berpikir dan hidup sederhana karena kesederhanaan adalah energi kehidupan.

Baca juga: Inilah 10 Keuntungan “Berpikir Positif”

Bagikan :