Keutamaan Bulan Ramadhan & Kesempatan Meningkatkan Kualitas Diri

keutamaan bulan ramadhan

Mau Tahu Keutamaan Bulan Ramadhan? 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dirindukan oleh kaum musliman dan muslimat di seluruh dunia. Karena bulan Ramadhan penuh dengan keutamaan. Sampai-sampai para salaf pun berdoa:“Yaa Allah, pertemukanlah aku dengan Ramadhan, dan pertemukanlah Ramadhan denganku, dan jadikan amal ibadahku pada bulan mulia itu diterima disisi Mu”. Apa saja keutamaan bulan ramadhan dibandingkan bulan yang lain? Yang terpenting dari berbagai keutamaan bulan ramadhan kita bisa meningkatkan kualitas diri dengan menjaga dan meningkatkan iman dan taqwa serta kualitas ibadah.

keutamaan bulan ramadhan Seperti dilansir dari https://www.1001inspirasiramadhan.com, dinyatakan bahwa Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan.

Baca juga: Cara Menyambut Bulan suci Ramadhan dengan Persiapan Utuh Lahir dan Batin

Dan tahukah Anda, khusus di bulan Ramadhan amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda? Bahkan bila kita menjalani puasa dengan sempurna, ketika hari lebaran datang, kita akan bersih dari dosa seperti seorang bayi yang baru lahir kembali. Selain hal tersebut, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui mengapa bulan Ramadhan menjadi bulan yang begitu istimewa bagi umat muslim. Apa saja? Yuk, disimak.

1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Mengapa? Karena di bulan ini pertama kali kitab suci umat Islam Al-Qur’an diturunkan. Seperti yang tertulis dalam Q.S Al-Baqorah 185 yang bahwa Allah memuji bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an.

2. Bulan Dimana Amal sholeh menjadi berlipat ganda

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan Ramadhan adalah waktu dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT maka nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya.

3. Bulan penuh berkah

Inilah alasan mengapa bulan Ramadhan juga disebut sebagai malam seribu bulan. Karena saat seorang muslim melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadhan, ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

4. Bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa-doa

Dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari dijelaskan bahwa setiap muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya bahkan dengan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir. Di bulan Ramadhan juga, Allah berfirman bahwa setiap doa yang dipanjatkan maka pasti akan dikabulkan.

5. Terdapat malam Lailatur Qadar

Malam ini merupakan malam yang didamb-dambakan oleh setiap umat musli saat bulan Ramadhan. Malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini merupakan malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun di malam Lailatul Qadar.

Sementara itu dari http://santrimadinah.blogspot.co.id/2012/07/inilah-10-keutamaan-bulan-ramadhan.html, selain 5 keutamaan bulan Ramadhan itu ada juga beberapa keutamaan lain sebagai berikut:

6. Pintu Langit Dibuka Sedangkan Pintu – Pintu Neraka Ditutup

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

“ apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu  “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

7. Dilipat Gandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan

Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda :
عمرة في رمضان تعدل حجة

“  pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ), Dalam riwayat Muslim disebutkan “……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku “

Ibnu Rajab rahimahullah berkata ( Abu Bakr bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak guru – gurunya yang berkata : apabila telah dating bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq pada bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain).

8. Disyareatkannya I’tikaf Di Bulan Ramadhan

“ Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma’af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa “ ( Al Baqarah : 187 )

Anas radhiallahu anhu berkata :

“ adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, sampai beliau wafat, kemudian istri – istri beliau pun beri’tikaf setelahnya “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

9. Puasa Ramadhan Salah Satu Sebab Masuk Surga

Pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ada dua orang dari bani Qudha’ah yang masuk islam, kemudian salah seorang dari mereka mati syahid, sementara yang satunya wafat setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun terheran – heran, maka tatkala pagi hari aku memberitahu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

 أليس قد صام بعده رمضان و صلى ستة آلاف أو كذا و كذا رعكة صلاة سنة
“ bukankah setelah itu ( dalam waktu setahun ) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat ? “ ( diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani ).

Baca juga: Rahasia Puasa Ramadhan yang Harus Anda Ketahui

10.  Bulan Ramadhan Bulan Ibadah Dan Amal Kebaikan

Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda :

من قام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“ barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, apabila telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan sarung beliau, menghidupkan malam Ramadhan, dan membangunkan keluarganya.

Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi apabila datang bulan Ramadhan.

*******

Berbagai keutamaan bulan ramadhan memberikan kita wadah atau sarana untuk menambah amal kebaikan dan ibadah kepada Allah. Dengan memahami berbagai Keutamaan Bulan Ramadhan juga akan memudahkan kita fokus bertafakur, meningkatkan kualitas diri dan menambah kebaikan dalam hidup. Untuk peningkatan kualitas diri Anda juga bisa mengikuti berbagai program peningkatan kualitas diri bisa dengan program pelatihan atau mengikuti bimbingan spiritual khusus di bulan ramadhan seperti program pelatihan di Bioenergi Center.

Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk bermanfaat yang mampu meningkatkan kualitas energi Anda, Sehingga Anda bisa lebih maksimal dalam menjadikan bulan ramadhan sebagai sarana untuk terus menjadi pribadi lebih baik. Seperti dengan Kapsul Bioenergi yang memberikan manfaat luar bisa dalam meningkatkan kualitas diri bahkan menjadi solusi berbagai masalah hidup yang Anda hadapi.

Baca juga: Cara meningkatkan kualitas diri di bulan Ramadhan

BAGIKAN :