Korut Gelar Upacara Pemakaman Kim Jong-Il

Upacara diperkirakan sama seperti upacara pemakaman Kim Il-Sung pada 1994 silam.

Bioenergicenter Yogyakarta
Jasad Kim Jong-il dalam keranda kaca. (REUTERS/KRT via REUTERS TV)

BIOENERGICENTER.COM – Korea Utara memulai upacara pemakaman bagi pemimpinnya yang baru saja meninggal dunia, Kim Jong-il. Upacara pemakaman akan dilakukan selama dua hari dan diperkirakan akan dihadiri ratusan ribu orang di Ibukota Korea Utara, Pyongyang.

Seperti dikutip dari laman BBC, belum diketahui detail mengenai upacara pemakaman, namun diperkirakan tidak akan ada delegasi asing yang hadir. Tapi prosesi diperkirakan akan sama seperti yang dilakukan saat upacara pemakaman ayah Kim Jong-Il, Kim Il-Sung pada tahun 1994.

Jika upacara bercermin pada apa yang dilakukan pada 1994 silam, maka diperkirakan Korea Utara juga akan melakukan unjuk kekuatan militer. Tentu saja ini akan diiringi tangisan ribuan warga Korea Utara yang kehilangan pemimpinnya.

Tapi di tahun 1994 silam, Kim Jong-Il tidak terlihat dalam konvoi kendaraan bermotor di upacara pemakaman ayahnya, Kim Il Sung. Karena itu, media pun belum tahu seperti apa peran Kim Jong-Un dalam upacara pemakaman Kim Jong-Il.

Media Korea Selatan sendiri menyebut nama Kim Jong-Un sendiri berada dalam daftar teratas anggota Komite Upacara Pemakaman Nasional. Dan anggota Komite mengambil peran dalam Upacara Pemakaman di tahun 1994 silam.

Media Korea selatan juga menyebut upacara akan dilakukan sekitar pukul 01.00 GMT atau 10.00 waktu setempat. Diperkirakan akan ada penghormatan militer dengan melakukan tembakan 24 kali ke udara, yang akan dilanjutkan dengan barisan pasukan Korea Utara di pusat Ibukota.

Warga akan berbaris di pinggir jalan. Sebagian besar, terutama perempuan, akan mengenakan pakaian tradisional berwarna hitam.

Sumber

 

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

 

Bagikan :