Krisis Eropa Bikin Garuda dan AirAsia Pangkas Rute

BIOENERGICENTER YOGYAKARTABIOENERGICENTER.COM, Jakarta:- Dampak krisis Eropa mulai menjalar ke industri penerbangan nasional. PT Garuda Indonesia Tbk akan mengurangi frekuensi penerbangan tujuan Amsterdam, Belanda, dari tujuh menjadi empat penerbangan dalam seminggu, mulai Maret mendatang.

Juru bicara Garuda Indonesia, Pujo Broto, mengatakan, dengan kapasitas tempat duduk 222 kursi, rata-rata jumlah penumpang (tingkat okupansi) tujuan Amsterdam berkisar 75 persen. Dia membantah anggapan bahwa pengurangan frekuensi ini akibat Garuda rugi di rute tersebut.

Menurut dia, pemangkasan rute tujuan Eropa ini dilakukan karena Garuda ingin

mengoptimalkan rute regional lainnya. Berdasarkan data Asosiasi Pengangkut Udara Internasional (IATA), pasar potensial pada saat ini adalah kawasan Asia-Pasifik. »Maka, kami mengembangkan pasar di sana,” ujarnya kemarin.

AirAsia bahkan mengambil langkah drastis dengan menutup seluruh rute penerbangan ke Paris dan London mulai akhir Maret mendatang. AirAsia menilai, tingkat permintaan layanan transportasi udara dari Eropa mulai menurun.

Akibat penurunan permintaan itu, biaya operasional melonjak. Kondisi ini diperparah oleh melambungnya harga bahan bakar dan pajak penumpang di London. Sebelumnya, pesawat AirAsia enam kali seminggu melayani rute Jakarta-London, dan empat kali seminggu ke Paris. Tingkat okupansi rata-rata mencapai 80 persen.

Juru bicara PT AirAsia Indonesia, Audrey Progastama Petriny, menyatakan

penerbangan rute London akan dihentikan setelah penerbangan terakhir pada 31 Maret 2012. »Sedangkan penerbangan ke Paris terakhir pada 30 Maret 2012,” ujarnya.

AirAsia tetap akan menawarkan penerbangan alternatif bagi penumpang yang telah memesan kursi tujuan Eropa setelah tanggal itu, termasuk mengalihkannya ke maskapai lain. »Tidak dikenakan biaya,” kata Audrey. Pilihan lainnya adalah uang calon penumpang yang sudah membayar akan dikembalikan utuh.

ALI NY | MUHAMAD RIZKI

SUMBER

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *