Meningkatkan Produktivitas Perusahaan dan Efisiensi SDM

Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Meningkatkan Produktivitas Perusahaan – Sebuah Bisnis dengan skala perusahaan artinya sudah di organisasikan dengan baik. Secar otomatis perusahaan dilengkapi dengan sistem manajement dan dan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang menjadi penggerak serta faktor produksi untuk jalannya perusahaan. Agar Perusahaan terus maju dan berkembang, Meningkatkan Produktivitas Perusahaan dan Efisiensi pemberdayaan SDM mutlak di penuhi untuk  mencapai tujuan perusahaan.

Meningkatkan Produktivitas PerusahaanNamun itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan energi yang kuat untuk menuju kesana. Banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja perusahaan dan juga kinerja SDM yang ada di dalamnya. Semua harus berjalan selaras dan konsisten agar target usaha dan keuntungan perusahaan terpenuhi. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan dan cara yang efektif dengan pendekatan langsung ke SDM bagaimana meningkatkan efisiensi dan efektifitasnya sebagai sumberdaya dalam perusahaan.

Baca Juga:13 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Dalam rangka Meningkatkan Produktifitas Perusahaan, hal-hal yang terkait dengan sisitem, peraturan, cara kerja, target, marketing dan perencanaan usaha harus disiapkan dengan sangat matang. Semua berimbas pada pencapaian tujuan, kesejahteraan karyawan dan juga keberlangsungan jalannya perusahaan. Sistem manajement yang baik adalah kunci agar produktifitas perusahaan maksimal dan efisien. Efisiensi inilah yang sangat penting bagi kelangsungan perusahaan.

Meningkatkan Produktivitas Perusahaan dengan Bioenergi

1. Memberikan Lingkungan Kerja yang baik

Untuk melakukan pekerjaan, beberapa ahli sumber daya manusia (SDM) mengatakan bahwa Lingkungan Kerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas. Lingkungan yang baik memberikan energi yang baik untuk berkarya, menuangkan ide dan berprestasi. Lingkungan kerja yang dimaksud disini dapat berupa fasilitas kerja, suasana kerja seperti kebisingan, suhu ruangan, sirkulasi udara, warna, bau serta keamanan dan keselamatan kerja.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

2. Memberikan pelatihan yang cukup

Pelatihan ataupun Training pengembangan SDM akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam bekerja. Dengan demikian, karyawan juga dapat melakukan pekerjaan secara professional dan semangat dalam bekerja juga dapat ditingkatkan. Pelatihan dan pembekalan untuk membentuk pola pikir dan energi positif juga penting sebagai basic bagi karyawan untuk menjadi Loyal. Sebagai salah satu cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan pelatihan baik untuk pengembangan SDM, motivasi kerja maupun pemberdayaan sumber daya memegang peranan sangat penting. Pelatihan menambah pengetahuan dan skill akan jadi solusi bagi karyawan dan manajement dalam mengatasi masalah bisnis dan karir juga pencapaian target dan tujuan perusahaan.

Baca juga: Pelatihan Bionergi di Bioenergi Center

3. Jangan berhemat pada mesin dan peralatan kerja.

Berikanlah karyawan kita mesin ataupun peralatan kerja yang tepat dalam melakukan pekerjaannya sehingga tugas yang dilakukan dapat dikerjakan secara efisien dan efektif. Dengan sarana dan alat kerja memadai mereka memiliki kebebasan berkreasi dan menuangkan keahliannya dalam bekerja.

4. Meyakinkan dan memotivasi agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Menstimulan mereka untuk mencari solusi sendiri terlebih dahulu dalam setiap keputusan kerja adalah penting. Namun jika benar-benar perlu bantuan, kita baru memberikan bantuan kepada mereka dalam menyelesaikan masalah. Berikan mereka tantangan dan ruang gerak yang lebih besar dalam bekerja. Ini akan memberikan mereka energi tambahan untuk menjadi pribadi yang produktif.

Baca juga: Cara Meningkatkan Karir dan Jabatan Lebih Cepat di Bioenergicenter

5. Meyakinkan mereka bahwa kita selalu mendukung mereka

Dalam melakukan pekerjaannya. Menyakinkan mereka bahwa mereka tidak kerja sendirian, kita selalu berada di belakang mereka dan siap memberikan arahan yang tepat kepada mereka.

Baca Juga: Meningkatkan Rasa Optimis untuk sukses

6. Tentukan Tujuan dan Target Organisasi secara berjangka.

Setiap Karyawan perlu mengetahui apa yang kita inginkan dari mereka. Dengan demikian, kepuasan kerja akan timbul pada saat Tujuan ataupun Target yang kita tentukan tersebut tercapai.  Tentukanlah Tujuan ataupun Target yang realistis dan yang dapat dicapai. Silakan baca artikel : Menentukan Target dengan prinsip SMART Goal.

7. Dengarkan mereka.

Kita perlu melakukan pertemuan singkat minimal setiap minggu sekali untuk melakukan pertukaran pikiran dengan karyawan ataupun bawahan kita. Dengan demikian kita dapat mengetahui apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka harapkan dari perusahaan. Mungkin kita juga bisa mendapatkan ide-ide yang luar biasa dari pertemuan singkat tersebut.

Baca Juga: Solusi Jitu mendapatkan karir yang bagus dalam Pekerjaan

8. Jangan pelit memberikan pujian.

Setiap orang senang mendengarkan pujian. Kata-kata pujian yang tepat akan memberikan semangat kerja dan memotivasi mereka melakukan tugas menjadi lebih baik lagi. Beberapa kata yang sederhana akan membuat mereka lebih bersemangat dalam bekerja, contohnya “anda telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik sesuai dengan harapan saya”, “saya tidak salah meletakan kamu di posisi ini, you are the right man in the right place”, “Anda telah membantu meringankan beban pekerjaan saya” dan lain sebagainya.

9. Merayakan keberhasilan.

Saya sering melakukan hal ini, setiap Team produksi yang mencapai target yang saya tentukan, saya selalu membelikan permen maupun coklat untuk Team produksi tersebut. Dalam setahun, jika target profit perusahaan dapat tercapai, perusahaan kami akan memberikan dana yang cukup untuk melakukan outbond maupun rekreasi ke pantai. Jangan pernah anggap remeh rekreasi karena ada kebahagiann dan dapat merefres pikiran. Otomatis pencapaian yang diperoleh menjadi prestasi dan secara tidak langsung Meningkatkan Produktivitas perusahan dan merangsang kreatifitas dan inovasi baru.

10. Memberikan penghargaan secara Finansial.

Memberikan Bonus kepada karyawan merupakan hal yang baik, tetapi perlu diingat bahwa karyawan yang berharap terlalu tinggi terhadap Bonus akan menyebabkan mereka cepat putus asa, hidup tegang dan kurang bahagia. Oleh karena itu, kita perlu selalu mengarahkan mereka untuk tidak terlalu melihat “jumlah” Bonus yang didapat tetapi menganggap Bonus sebagai bentuk apreasiasi perusahaan terhadap kinerja dan produktivitas yang dicapai oleh mereka. Memberikan penghargaan kepada karyawan secara finansial, selain sebagai cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan merupakan investasi membangun loyalitas karyawan. Karyawan akan semakin yakin dengan tempat kerjanya, stres karena tekanan hidup hilang dan mereka lebih merasa sejahtera.

Baca Juga: 17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja

Nah, itu tadi sepuluh tips untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Atau Organisasi Anda. Pada intinya, anda perlu untuk membuat prioritas, deadline, dan berusaha sekeras mungkin untuk mencapai deadline tersebut. Memang tidak mudah untuk memulainya, tetapi ketika anda telah terbiasa, hal ini akan lebih mudah untuk dijalani.

Meningkatkan produktivitas kerja Perusahaan membutuhkan strategi tertentu. Anda perlu mencoba beragam strategi sehingga menemukan cara yang cocok untuk lebih produktif. Sebagai permulaan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa  cara di atas. Apabila semua cara sudah Anda lakukan tetapi Anda sebagai pemimpin organisasi atau perusahaan tidak mengalami peningkatan dalam produktifitas cobalah Strategi Jitu. Dapatkan Cara Meningkatkan Produktifitas Perusahaan yang efektif melalui Bioenergi Brain Adjustmen dalam program Pelatihan Quantum Bioenergi.

Baca juga : Mendongkrak Kesuksesan dengan Quantum Bioenergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *