Osechi Ryori, Santapan Tahun Baru Orang Jepang

Bioenergicenter Yogyakarta
Osechi Ryori

BIOENERGICENTER.COM, Jakarta – Di beberapa negara ada hidangan khusus saat tahun baru. Jepang punya osechi ryori, berbagai makanan yang disajikan dalam kotak khusus. Tiap makanan dipilih khusus dan melambangkan harapan orang Jepang di tahun yang baru.

Bagi masyarakat Jepang, tahun baru adalah perayaan paling istimewa, seperti Natal di Amerika Serikat. Di malam pergantian tahun, mereka berkumpul di kuil dan berdoa agar mendapat keberuntungan dan kebahagiaan di tahun yang akan datang.

Orang-orang kembali ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga. Anak-anak diberi angpau. Saat merayakan tahun baru bersama keluarga, orang Jepang biasanya memakan osechi bersama-sama.

Osechi berasal dari kata ‘o-sechi’ yang berarti musim atau masa penting dalam Bahasa Jepang. Tradisi osechi-ryori sendiri bermula dari zaman Heian (794-1185 M).

Selama 3 hari pertama di awal tahun, wanita Jepang tidak boleh menggunakan tungku dan memasak makanan selain zoni (sup berisi moci). Hal ini dilakukan untuk menghindari luka atau terbakar akibat memasak, yang menandakan kemalangan sepanjang tahun.

Jadi, semua hidangan pada awal tahun baru disiapkan menjelang akhir tahun. Agar tahan lama, makanan-makanan osechi diawetkan dengan cara dibuat acar, diasinkan, atau dikeringkan lalu disantap dingin.

Awalnya, osechi hanya terdiri dari nimono (sayuran rebus dengan kecap dan gula/mirin) yang disajikan di kotak jubako, mirip kotak bento. Kini ada beragam makanan yang biasa dihidangkan saat tahun baru di Jepang. Wadahnya pun tidak selalu berbentuk kotak bento, kadang-kadang bundar dan memiliki sekat-sekat, seperti tempat manisan.

Inilah susunan osechi berikut makna sesuai huruf kanjinya, di antaranya:

  • Daidai (jeruk pahit): harapan untuk anak-anak
  • Datemaki (telur dadar gulung yang rasanya manis, dicampur dengan adonan ikan giling dan ebi): pengharapan agar datang hari-hari baik
  • Kamaboko (fish cake kukus berwarna merah dan putih): mirip bendera Jepang, simbol perayaan
  • Kazunoko (telur ikan herring): harapan agar punya banyak anak di tahun baru
  • Konbu (semacam rumput laut): bermakna kegembiraan
  • Kuromame (kedelai hitam): perlambang kesehatan
  • Kohaku-namasu (acar lobak dan wortel yang diiris tipis memanjang)
  • Tai (red sea-bream, salah satu jenis ikan): melambangkan peristiwa penting
  • Tazukuri (ikan asin dimasak dengan kecap): simbol panen berlimpah
  • Zoni (sup kaldu/miso bening berisi moci)
  • Ebi (udang masak sake dan kecap yang ditusuk seperti sate)
  • Nishiki tamago (rolade telur): simbol emas dan perak

Secara tradisional, osechi dibuat sendiri di rumah. Namun, karena memakan banyak waktu, kini masyarakat Jepang memilih membeli osechi yang sudah jadi di swalayan, meski harganya relatif mahal.
(Odi/Odi)

Sumber

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

 


Bagikan :