Pelumas Pertamina Tembus Pasar Cina

Bioenergicenter YogyakartaBIOENERGICENTER.COM, Shanghai: Sebagai penguasa pasar pelumas di Tanah Air, Pertamina terus melakukan ekspansi usaha, termasuk ke mancanegara. Terakhir, Senin lalu Pertamina mulai memasarkan pelumas sintetik Fastron di Negeri Tirai Bambu, Cina. Bertempat di Mandala Garden, Shanghai, Cina, Pertamina secara resmi memasarkan pelumas Fastron yang diberi nama Pertamina Sutelong.

Ada tiga varian pelumas sintetik yang diluncurkan Pertamina untuk pasar Cina, yakni Fastron Gold dan Fastron Techno untuk kendaraan berbahan bakar bensin, serta Fastron Diesel untuk kendaraan berbahan bakar solar.

Cina merupakan negara ke-19 yang menjadi pasar pelumas Pertamina di luar negeri. Selain karena pertumbuhan ekonominya yang maju pesat, Cina juga memiliki populasi kendaraan terbesar di dunia dengan permintaan pelumas mencapai lima hingga enam juta kiloliter per tahun.

Meski persaingan pasar pelumas di Cina sangat ketat, menurut pihak distributor langkah Pertamina memasarkan produk pelumas sintentisnya di Negeri Tirai Bambu sangat tepat, karena Cina merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan kendaraan tertinggi di dunia. “Industri di sini sedang berkembang dan tidak pernah terlambat untuk masuk pasar Cina karena potensinya besar,” ujar Wilfred Leong, Managing Director Tengyu Trading Ltd.

Lewat tiga varian produk pelumas yang sudah diakui industri otomotif terkemuka seperti Mercedes Benz dan BMW, Pertamina optimistis produk pelumasnya bisa diterima pasar Cina, terutama untuk pasar kendaraan kelas atas. Untuk tahun pertama, Pertamina menargetkan bisa menjual seribu kiloliter pelumas di pasar Cina.(ADO)

Sumber

Ingin SOLUSI Berbagai MASALAH? KLIK DISINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *