Awas…! Makan Ramai-ramai Percepat Penularan Penyakit Hepatitis A

Penyakit Hepatitis

Penyakit Hepatitis – Pola hidup dan pola makan yang dilakukan orang-orang sekarang ini trkadang aneh dan tanpa sadar dapat menularkan penyakit. Penyebab penyakit hepatitis A ini adalah virus, yang dapat menyebar dengan sangat mudah. Cara penyebaran utamanya adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja pengidap Penyakit Hepatitis A. Kemungkinan Hepatitis A menjadi wabah sangat besar. mengingat virus penyebab penyakit tersebut dapat dengan mudah ditularkan lewat makanan yang disantap bersama-sama.

Jadi kalau ada satu terkena dan orang itu masuk ke kantor atau sekolah dan makan beramai-ramai, seperti sambal yang dicocol ramai-ramai, itu akan cepat menyebar (virusnya). Makanya kalau jajan lihat-lihat dulu. Bagi yang tidak bisa bawa makanan dari rumah, kalau jajan carilah tempat bersih dan jangan lupa cuci tangan sebelum makan. Cara mengolah makanan juga sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang. Makanan sehat yang diolah dengan cara salah juga dapat mengakibatkan penyakit dan mudah menjadi laluan virus penyebab penyakit Hepatitis A.

Baca juga: Syaiful M. Maghsri Konsultan Penyembuhan Penyakit secara Holistik

DAlam Pidatonya di sebuah seminar, Menkes mengungkapkan bahwa wabah Penyakit Hepatitis A memang sering terjadi. Tiap tahun ada kejadian (Hepatitis A) ini ditempat berbeda-beda, karena itu, penyebarannya mudah lewat makanan,” ujarnya. Walau bagaimanapun menjaga kesehatan, sanitasi, pola makan, kebiasaan makan dan kualitas makanan harus diperhatikan. Cara hidup sehat, dan makanan sehat termasuk pola konsumsi dan pengolahan makanan yang baik mampu memutus rantai penularan Penyakit Hepatitis A.

Langkah Pencegahan & Pengobatan Penyakit Hepatitis A

Untuk langkah pencegahan, Menkes kembali mengingatkan mengenai pentingnya higiene pribadi. Seperti menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS). Yang antara lain adalah dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan dan sebelum melakukan beberapa kegiatan lain.Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah sanitasi lingkungan. Seperti membuang sampah pada tempatnya atau menggunakan air bersih untuk memasak.

Baca juga: Penyembuhan Berbagai Penyakit dari Bioenergi Center

Karena penyebaran utamanya adalah melalui konsumsi sesuatu yang terkontaminasi, langkah utama pencegahan penyakit hepatitis A adalah dengan menjaga kebersihan. Selain mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, langkah ini dapat dilakukan dengan menghindari konsumsi makanan mentah atau kurang matang. Penting juga menghindari jajan di pedagang kaki lima yang belum tentu terjamin kebersihannya.

Selain itu, vaksinasi hepatitis A juga dapat mencegah penyakit ini. Terutama bagi mereka yang memiliki risiko tinggi seperti orang yang mengidap penyakit hati kronis, pengidap hemofilia serta pengguna jarum suntik.

Penyakit Hepatitis A tidak perlu langkah penanganan khusus karena sistem kekebalan tubuh akan melenyapkan virus dengan sendirinya. Langkah pengobatan penyakit hepatitis A bertujuan untuk meringankan gejala-gejala yang dialami pengidapnya. Penanganannya meliputi mengonsumsi obat pereda gatal, sakit, mual dan muntah sesuai dosis. Organ hati juga perlu dibiarkan untuk beristirahat misalnya dengan tidak mengonsumsi minuman keras dan berhati-hati dengan obat-obat yang bisa berdampak pada hati.

Waktu yang dibutuhkan pengidap untuk pulih sepenuhnya dari penyakit ini biasanya beberapa bulan. Pengidap yang berhasil sembuh total akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Baca juga: Penyembuhan Penyakit Berat dengan Cepat di Bioenergi Center

SUMBER

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *