Penyebab Kepikunan di Usia Muda


penyebab pikun
Penyebab Kepikunan & Cara Mengatasinya

Selama ini kita menjadi mahfum manakala ibu, nenek atau ayah kita mulai sering lupa. — “Yah, maklumlah usia bertambah, memori atau daya ingat mereka pasti akan berkurang, itu kan salah satu ciri penuaan”—. Pendapat itu benar, namun gaya hidup ternyata punya andil dalam masalah kepikunan. Anda salah jika hanya beranggapan bahwa memori akan berkurang saat usia kian bertambah. Orang dalam usia muda pun dapat terserang kepikunan. Kata kuncinya adalah gaya hidup keliru.

Berikut adalah beberapa penyebab kepikunan pada usia muda :

1. Alkoholisme

Risiko berkurangnya kemampuan memori pada seseorang peminum berat alkohol lebih besar. Biasanya orang usia muda yg suka konsumsi alkohol akan mengalami gangguan pada memori jangka panjang, misalnya saat mengingat sebuah daftar belanja.

Mengkonsumsi alkohol selain membahayakan otak juga akan mempengaruhi memori akibat kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan kerusakan saraf dan menyebabkan seseorang jadi pikun. Jika kamu masih muda dan merasa ada gangguan daya ingat atau sering lupa, periksa kadar vitamin B12 yang kamu miliki. Apabila memang dirasa kurang dapat mengkonsumsi suplemen yg mengandung vitamin B12 didalamnya. Oleh karenanya jauhi diri dari minum-minuman yng mengandung alkohol.

2. Stres berat dan depresi dibiarkan

Depresi berkepanjangan dan tidak dirawat akan menyebabkan seseorang menjadi pelupa karena kemampuan untuk berkonsentrasi dan menyimpan informasinya terganggu. Demikian pula halnya dengan stress  bersifat traumatik atau hal  menyebabkan kecemasan teramat sangat dapat mengganggu fungsi memori seseorang seperti putus cinta, gagal ujian nasional atau perlakuan berbeda dalam sebuah keluarga.

Percaya diri adalah penetral untuk melawan rasa tidak berdaya kerap timbul saat mengalami stress. selain itu olahraga juga terbukti manjur mengatasi stress karena dengan berolahraga membuat kita merasa enjoy sebab saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan endorin (zat pereda rasa nyeri dan sakit).

Bila ada teman atau keluarga  mengalami depresi atau stres berat coba pahami mereka melalui pendekatan empatik. Jangan menghakimi atau memojokkan. Coba posisikan diri kita seperti mereka, dan dengarkan keluhan mereka. Namun sekiranya kita tidak mampu coba cari bantuan profesional.

3. Jarang mengasah kemampuan otak

Seiring berjalannya waktu, orang dalam usia muda yg jarang mengasah kemampuan otak akan mengalami kemunduran daya ingat dibandingkan dengan mereka yang tetap aktif. Jadi tingginya minat belajar akan membuat Anda melakukan kebiasaan mengingat secara terus-menerus seperti membaca, menghafal, bermain catur atau belajar suatu keterampilan baru. Aktifitas-aktifitas mental ini diyakini dapat mempertahankan kemampuan otak.

4. Kurangnya aktifitas fisik

Aktifitas fisik tidak selalu dengan olahraga yg berat-berat seperti fitness. Kegiatan fisik seperti naik tangga saat dirumah atau berjalan kaki saat ke warung secara tidak langsung menguntungkan bagi otak dan paru-paru. Fungsi paru yang baik merupakan salah satu karakteristik pada orang dengan daya ingat baik.

5. Obat-obatan terlarang

Penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat kritis dan sangat membahayakan generasi muda. Dewasa ini banyak anak muda  memilih cara salah dalam menyelesaikan masalah seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Padahal dengan mengkonsumsi obat-obatan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan otak dan memori. Semakin banyak obat yang diminum maka semakin besar pula resiko mengalami efek samping dari obat tersebut  akan berdampak pada daya ingatnya. Selalu hindari obat-obatan terlarang (drugs) agar terhindar dari masalah kesehatan dan kepikunan.

6. Pola tidur salah

Tidur sangat diperlukan oleh memori, karena saat kita tidur, otak akan mengingat segala informasi yang dipelajari hari ini. Orang sulit tidur dengan lelap pada malam hari cenderung akan menjadi pikun dibandingkan dengan orang selalu tidur lelap. Tidur nyenyak di malam hari dibutuhkan untuk menggabungkan memori eksplisit dan implisit dalam otak, usakan untuk tidur minimal enam jam perhari untuk menghindari kepikunan.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir…..

Jika kini Anda mengalami hal yang sama, yaitu sering mengalami pikun, sulit berpikir jernih, sering hilang konsentrasi sehingga mempengaruhi prestasi belajar atau pekerjaan Anda, silahkan mengkonsumsi Kapsul Kecerdasan.

KAPSUL KECERDASAN adalah sebutir kapsul yang berfungsi meningkatkan daya ingat, kecerdasan & prestasi belajar. Kapsul ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa & anak kecil. Untuk anak kecil, kapsul ini bermanfaat untuk mengatasi rasa malas belajar, anak sulit di atur, meningkatkan rasa percaya diri anak sehingga tidak minder atau rendah diri dalam pergaulan baik di sekolah maupun di rumah. Untuk dewasa, kapsul ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, lebih mudah konsentrasi & mencegah kepikunan.

Telah banyak konsumen yang cocok setelah mengkonsumsi kapsul kecerdasan ini, diantaranya adalah pengalaman Bapak Salim berikut ini :

“ Alhamdulillah kapsul kecerdasan telah membuat perubahan pada diri anak saya, 3 bulan setelah minum kapsul kecerdasan rasa percaya dirinya semakin besar. Saat ujian nasional dan ujian masuk perguruan tinggi dihadapinya dengan tenang alhasil dia diterima masuk Fakultas Kedokteran UGM. Sekarang asma yang dialaminya juga tidak pernah dirasakannya lagi.” (Bapak Salim Munawar, 45 tahun, Makassar)

Tunggu apa lagi? Jangan biarkan penyakit pikun menemani Anda seumur hidup. Wujudkan prestasi & masa depan terbaik Anda & keluarga dengan mengkonsumsi kapsul kecerdasan. Sampaikan Kabar gembira ini kepada keluarga atau sahabat Anda. Informasi Lebih lengkap manfaat Kapsul Kecerdasan hubungi: 0817274077 (Ibu Eny), atau 085228108888 (Bpk. Agus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *