Presiden El Salvador Minta Maaf Atas Pembantaian Ribuan Warganya

Bioenergicenter yogyakarta
Mauricio Funes (News.com.au)
BIOENERGICENTER.COM, San Salvador – Presiden El Salvador Mauricio Funes hari ini secara resmi meminta maaf atas pembantaian ribuan warga yang dilakukan militer pada tahun 1981 silam. Lebih dari 1.000 warga desa tewas selama perang sipil 1980-1992 di negara Amerika Tengah itu. 

Funes pergi ke lokasi pembantaian di Desa El Mozote untuk menyampaikan permintaan maaf dalam sebuah seremoni. Funes pun menyebut pembantaian itu sebagai “pembantaian warga sipil terbesar dalam sejarah kontemporer Amerika Latin.”

Funes secara resmi juga mengakui bahwa pemerintah bertanggung jawab atas pembantaian rakyat tersebut.

“Untuk pembantaian itu, untuk pelanggaran HAM yang mengerikan dan pelanggaran-pelanggaran lain yang dilakukan, atas nama negara Salvador, saya meminta maaf kepada keluarga korban-korban,” kata Funes dalam seremoni emosional itu seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/1/2012).

“Saya meminta maaf kepada para ibu, ayah, anak laki-laki, anak perempuan, saudara perempuan, saudara laki-laki yang bahkan saat ini tidak tahu di mana orang-orang tercinta mereka,” tutur Funes.

Seremoni tersebut menandai peringatan 20 tahun penandatanganan perjanjian damai antara pemerintah dan para gerilyawan sayap kiri. Penandatanganan itu telah menjadi landasan bagi pemerintahan demoktratis di bawah pengawasan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Antara 11 dan 13 Desember 1981, pasukan batalion Atlacatl didikan Amerika Serikat (AS) menembak mati sekitar 1.000 warga desa yang diduga mendukung aksi pemberontakan. Itu merupakan episode paling mematikan dari konflik yang secara total menewaskan 75 ribu orang dan menyebabkan 7 ribu orang hilang.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri El Salvador juga telah menyampaikan permintaan maaf secara resmi atas pembantaian itu pada Desember 2011 lalu. Hal itu dilakukan bersamaan dengan peringatan 30 tahun pembantaian tersebut.
(ita/nrl)

SUMBER

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI

 

 

Bagikan :