Resep Kue Bikin Pembaca Terbakar, Koran Didenda

Bioenergicenter YogyakartaBIOENERGICENTER.COM , Santiago – Mahkamah Agung meminta sebuah koran di Cile membayar denda US$ 125 ribu (Rp 1,1 miliar) kepada 13 pembacanya. Pasalnya, resep makanan kecil khas Amerika Latin, churros, yang dimuat di koran tersebut mengakibatkan 13 orang tersebut mengalami luka bakar.

Koran La Tercera diwajibkan membayar kerugian individu kepada 11 wanita dan dua pria dengan nilai antara US$279 (Rp 2,5 juta) sampai US$ 48 ribu (Rp 434 juta). Nilai denda tertinggi, yaitu US$ 48 ribu (Rp 484 juta), diberikan kepada seorang wanita yang mengalami luka bakar parah.

Vonis Mahkamah Agung Cile dikeluarkan Senin atau tujuh tahun setelah para pembaca koran tersebut terbakar saat mencoba resep churros yang ada di La Tercera. Churros adalah makanan ringan yang dibuat dengan cara adonan digoreng dalam minyak yang panas.

Hakim menilai surat kabar tersebut gagal menguji resep churros itu sebelum dipublikasikan. Jika pembaca mengikuti resep di koran tersebut, churros berpeluang meledak ketika minyaknya mencapai temperatur yang dianjurkan dalam resep.

Penerbit La Tercera, Grupo Copesa, menyatakan akan mematuhi vonis Mahkamah Agung.

Beberapa hari setelah resep tersebut dipublikasikan di suplemen La Tercera, Women, pada 2004, berbagai rumah sakit di seantero Cile diserbu pasien luka bakar. Korban yang mayoritas wanita tersebut mengalami luka bakar karena adonan yang digoreng dalam minyak panas tiba-tiba meledak.

AP| KODRAT

Sumber

Ingin SOLUSI Berbagai MASALAH? KLIK DISINI


Bagikan :