Terapi Musik yang Menentramkan Hati

Musik sudah lama menjadi bagian dari kehidupan manusia yang mampu membuat seseorang terhibur, terlena, atau mengenang kembali. Musik juga bisa menjadi terapi. Terapi musik sudah lama dipakai untuk membantu daya ingat pasien Alzheimer dan mengembangkan kemampuan komunikasi anak-anak autis.

Kini para peneliti dari University of Alabama, Amerika Serikat, mengembangkan terapi musik menggunakan gitar dan lagu untuk “mengantar” pasien yang sedang sekarat menjemput ajalnya.

Terapi musik ialah penggunaan bunyi dan musik dalam memunculkan hubungan antara individu dan terapis untuk mendukung dan menguatkan secara fisik, mental, sosial, dan emosi. Penggunaan bunyi dan musik dapat berbagai cara, misalnya bermain musik bersama dengan improvisasi bebas.

Menurut Sarah Pitts, salah seorang peneliti di bidang terapi musik, seringkali keluarga dari pasien yang sedang sekarat berkumpul di sekitar pasien dan minta dinyanyikan lagu himne yang menentramkan hati, seperti Amazing Grace. Ada pula pasien yang ingin dinyanyikan lagu rock klasik seperti lagu-lagu Beatles yang mampu memunculkan memori bahagia.

Sarah Pitts pertama kali main musik untuk seorang nenek yang hampir meninggal. “Secara perlahan napas wanita itu menjadi tenang. Keluarganya lalu berkumpul di sekitarnya dan satu persatu mengucapkan selamat tinggal. Saya senang bila musik saya mampu membuat orang nyaman,” katanya.

Musik yang dipakai sebagai terapi lebih dari sekadar musik yang enak didengar. Musik adalah medium untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Demikian menurut Dena Register, ahli terapi musik dari University of Kansas, AS.

“Kami tidak mengajar orang untuk sekedar memainkan gitar atau piano, atau bernyanyi untuk menghibur,” kata Register. Ia menambahkan, ada target yang lebih besar dari terapi musik. Misalnya saja untuk menghilangkan rasa sakit atau membantu pasien menyampaikan keinginannya pada keluarga.

Bagi sebagian orang, kata-kata tak memungkinkan untuk berkomunikasi. Misalnya saja pasien yang sedang sekarat tidak dapat berbicara, atau pasien gangguan mental yang memang memilih tidak berbicara. Terapi musik bisa disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Metode terapi musik pertama kali ditemukan di Amerika tahun 1950-an. Pada tahun 1970-an, Mary Priestly mengembangkan analytical music therapy ketika bekerja sebagai terapis musik d sebuah rumah sakit jiwa. Di tahun 2007 sebuah studi membuktikan bahwa terapi musik secara dramatis mampu meningkatkan kondisi fisik dan mental pasien paliatif (yang sedang menghadapi kematiannya).

Dalam studi yang dilakukan para peneliti dari Cleveland Music School Settlement tersebut diketahui terapi musik secara signifikan menurunkan rasa gelisah dan sakit yang dirasakan pasien serta membuat pasien bernapas lebih tenang. Sekitar 80 persen dari 200 responden juga mengaku mood mereka menjadi lebih baik, demikian juga dengan para keluarganya.

“Musik sepertiny memang sederhana tapi bermanfaat besar untuk anggota keluarga dan pasien dalam menghadapi kematian, trauma, atau rasa takut sebelum dioperasi,” kata Pitts.

Musik mampu menghadirkan rasa emosi tertentu, bahkan respon fisik. Untuk pasien dan keluarga, musik dapat membantu mereka untuk berkumpul dan bersama sebagai keluarga, mengingatkan mereka pada saat-saat membahagiakan sehingga pasien lebih tenang menghadapi kematiannya.

Biosound adalah musik terapi dari bioenergicenter yang memiliki banyak ke unggulan dan manfaat yang bisa di rasakan setelah mendengarkan nya

kmps.cm

CD Terapi Musik Kecerdasan

CD kecerdasan

BioenergiCenter.com – Terapi Musik Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar, Memudahkan Konsentrasi dan Meningkatkan Daya Ingat serta Menyeimbangkan Fungsi Otak Anda. Memaksimalkan kemampuan otak, menyehatkan dan menyembuhkan gangguan kesehatan yang terjadi pada daerah kepala. Otak tersusun dari kumpulan neuron, dimana neuron merupakan sel saraf panjang seperti kawat yang mengantarkan pesan-pesan listrik lewat … Continue reading →

CD Terapi Musik Seks

CD seks

BioenergiCenter.com – Terapi Musik  untuk Membantu Menormalkan Fungsi Reproduksi, Meningkatkan Stamina serta Vitalitas Pria dan Wanita………… Memicu respon seksual yang sehat dan normal sehingga mampu meningkatkan gairah hidup Anda dan pasangan. Apa sebenarnya CD Terapi Musik SEKS itu??? CD Terapi Musik Seks Bioenergi merupakan audio spiritual untuk membantu meningkatkan gairah … Continue reading →

CD Terapi Musik Kecantikan

CD bedah aura

BioenergiCenter.com – Terapi Musik Bedah Aura agar Aura Memancar, Tampil Cantik dan Percaya Diri. Membuka kekuatan tersembunyi dari aura seperti kharisma, daya tarik, pesona dan  kecantikan alami. Seorang penulis, mengumpamakan aura sebagai berikut: Aura adalah daya tarik seseorang yang terpancar pada diri seseorang. Dengan aura orang bisa kagum dan tertarik … Continue reading →

CD Terapi Musik Penyembuhan

cd penyembuhan

BioenergiCenter.com – CD Terapi Musik  untuk Menormalkan Berbagai Fungsi Organ Tubuh, Mempercepat Penyembuhan Berbagai Penyakit dan Mempercepat Pemulihan Setelah Sakit. Merangsang otak Anda menghasilkan gelombang tertentu yang bisa memicu perbaikan sistem tubuh secara holistic (keseluruhan). CD Terapi Musik Pengobatan alternatif untuk pria dan wanita, segala usia. Baik digunakan oleh mereka … Continue reading →

CD Terapi Musik Kesuksesan

CD kesuksesan

BioenergiCenter.com – CD TERAPI MUSIK UNTUK KESUKSESAN Meningkatkan frekuensi rohani dan menyeimbangkan hubungan emosional sehingga dapat mendongkrak potensi kesuksesan. CD Terapi Musik Kesuksesan adalah program bioenergi soundtrack ( Biosound ), teknologi audio spiritual handal untuk proses perangsangan fungsi otak secara maksimal untuk mengembangkan potensi kesuksesan seseorang sehingga memancarkan gelombang Bioelektromagnetik … Continue reading →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *