Tokoh Tahun Ini Pilihan The Times

Bioenergicenter YogyakartaBIOENERGICENTER.COM LONDON – Koran Inggris The Times memberi penghargaan Tokoh Tahun Ini untuk Mohamed Bouazizi. Dialah pria Tunisia yang membakar diri dan kemudian menginspirasi revolusi yang menjatuhkan diktator-diktator di negara-negara Arab, serta mengguncangkan autokrasi yang masih tersisa di kawasan tersebut.

Bouazizi membakar dirinya sendiri tahun lalu setelah petugas keamanan menyita gerobak sayur pemuda usia 26 tahun ini yang tanpa izin. Petugas juga dilaporkan menampar dan menghina Bouazizi. Aksi putus asa Bouazizi tersebut menyentuh jutaan warga Arab yang tidak memiliki prospek pekerjaan atau tak melihat agenda perubahan dalam autokrasi di negara-negara mereka.

“Hari ini The Times memilih Mohamed Bouazizi, pedagang asongan yang menjadi inspirasi kebangkitan di Arab, sebagai Tokoh Tahun Ini,” tulis koran tersebut di halaman pertamanya. “Bouazizi bukanlah seorang yang revolusioner, tapi protesnya yang sunyi menjadi sebuah katalis bagi gelombang perubahan Timur Tengah.”
Kematian Bouazizi akibat luka-luka pada bulan Januari kemudian memunculkan protes di Tunisia, memaksa autokrasi Presiden Zine Al-Abidine Ben Ali kabur dari negaranya sendiri. Segera sesudahnya, jutaan orang turun ke jalan-jalan di Mesir, Libya, Suriah, dan di mana-mana untuk memprotes penindasan, korupsi, kemiskinan, dan pengangguran.

Kebangkitan ini menjatuhkan pemimpin di Libya, Mesir, Yemen, Tunisia, sementara pemimpin Suriah Bashar al-Assad tengah mengamati dengan cemas kemarahan publik yang bisa mengancam kekuasaan autoriternya.

Tunisia kini telah memilih pemimpin baru melalui pemilu yang damai.

Dalam wawancara bulan Oktober dengan Reuters, ibu Bouazizi, meminta pemimpin baru untuk menghargai pengorbanan anaknya dengan membantu orang-orang miskin.

“Tidak akan ada yang terjadi jika anak saya tidak bereaksi melawan kondisi keterbungkaman dan ketiadaan rasa hormat,” kata dia. “Tapi saya harap orang-orang yang akan memerintah bisa mengingat pesan ini dan menghormati semua orang Tunisia, termasuk mereka yang miskin.”
(Laporan oleh Mohammed Abbas)

Sumber

Anda ingin Sehat, Lancar rezeki, Meningkatkan Karier, Dimudahkan dalam segala usaha, Lancar Jodoh, Meningkatkan percaya diri & Lebih Dekat dengan Tuhan? Klik DISINI


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *