Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Masalah Hidup » 10 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Lama Agar Cepat Bebas Hutang

10 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Lama Agar Cepat Bebas Hutang

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Lama - Bioenergi Center

Hutang kartu kredit telah menjadi hal biasa dalam kehidupan modern. Namun saat kondisi keuangan berubah atau bahkan menjadi terpuruk, pengaturan dalam pemakaian kartu kredit menjadi sangat krusial. Ini dilakukan agar hutang kartu kredit bisa berjalan lancar dan dapat tertagih sesuai jatuh tempo. Cara melunasi hutang kartu kredit yang cerdas dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan bijak menggunakan uang adalah solusinya.

Namun berbagai kemudahan yang ditawarkan kartu kredit membuat banyak orang terlena dan harus terjebak dalam hutang kartu kredit untuk waktu yang tidak sebentar. Sementara pihak bank atau jasa keuangan yang menyediakan kartu kredit selalu menyimpan catatan akan record setiap nasabahnya. Tak ayal jika Anda juga memiliki tagihan yang belum terselesaikan untuk jangka waktu yang lama akan terus muncul setiap kali pihak jasa penagih melakukan aktifitasnya. Akhirnya Anda terkena masalah akibat tagihan hutang kartu kredit lama Anda.

Jika itu yang terjadi dan saat ini Anda sedang dipusingkan dengan tagihan lama kartu kredit Anda dan ketika keluar dari utang adalah prioritas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi orang bebas hutang. Hutang kartu kredit lama Anda lunas seluruhnya — atau setidaknya melunasi sebagian besar hutang ​​dalam waktu cepat atau bahkan kurang dari 1 tahun.

Ingin Tahu Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Lama dan Bebas hutang lebih Cepat?

Berikut adalah 10 tips dan strategi untuk memulai hidup bebas hutang:

1. Tingkatkan persentase pembayaran hutang Anda

Menempatkan setidaknya 15 persen dari gaji Anda – atau pendapatan dari Jaminan Sosial atau pensiun – untuk hutang dan pinjaman kartu kredit akan membantu Anda membayar kewajiban tersebut jauh lebih cepat karena sebagian besar perusahaan kartu kredit hanya meminta Anda untuk membayar sekitar 2 persen dari saldo terutang setiap bulan.

Melakukan pembayaran kecil dan minimum berarti saldo utang Anda mengumpulkan bunga setiap bulan atau setiap tahun berlalu. Membayar sebagian besar utang Anda dalam beberapa bulan dapat menghemat sejumlah besar uang untuk pembayaran bunga saja.

2. Gunakan tabungan untuk membayar hutang yang lebih besar

Jangan takut untuk menggunakan sebagian dari tabungan Anda untuk membayar utang berbunga tinggi. Menggunakan cadangan uang tunai untuk membayar hutang adalah keputusan yang cerdas karena Anda akan berhenti menghasilkan bunga atas saldo besar tersebut.

Meskipun mungkin terasa nyaman untuk memiliki uang ekstra di rekening bank Anda, kenyataannya adalah bahwa dana tersebut tidak benar-benar bekerja untuk Andaplagi dengan adanya rekor suku bunga rendah saat ini.

Jangan habiskan tabungan Anda sepenuhnya. Jika Anda sedang duduk di atas tumpukan uang tunai, gunakan sebagian dari dana tersebut untuk menghilangkan tagihan Anda.

3. Mengajukan penurunan bunga pinjaman

Hubungi kreditur Anda untuk menegosiasikan tingkat bunga yang lebih rendah bagi Anda dengan alasan yang masuk akal. Anda akan terkejut betapa banyak kreditur yang bersedia mengurangi tingkat bunga Anda berdasarkan riwayat pembayaran dan status akun Anda.

Jika Anda telah mempertahankan hubungan yang baik selama beberapa tahun, Anda mungkin berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk memenuhi syarat untuk tingkat bunga yang lebih rendah. Ini dapat membantu Anda menghemat uang untuk pembayaran bunga saat Anda membayar utang itu sepanjang tahun.

4. Gunakan pengembalian pajak Anda untuk membayar hutang

Meskipun tergoda untuk berbelanja secara royal pada barang mahal atau pergi berlibur dengan cek pengembalian pajak itu, langkah uang yang lebih cerdas adalah membayar sebagian, atau semua, hutang Anda.

Pertimbangkan nilai pengurangan pembayaran bulanan Anda dengan strategi pembayaran utang sekaligus. Anda akan menikmati manfaat dari beban utang yang lebih ringan sepanjang tahun dan untuk tahun-tahun mendatang, alih-alih menikmati kepuasan pembelian jangka pendek.

5. Jual barang secara tunai

Kumpulkan daftar barang yang bisa Anda jual dibarkas atau toko online jual beli barang bekas. Mengumpulkan uang ekstra dengan menjual barang-barang yang tidak lagi Anda butuhkan atau siap untuk dipisahkan dan menggunakan hasilnya untuk membayar hutang dapat membantu Anda dengan cepat meringankan beban utang Anda.

6. Pertimbangkan menguangkan asuransi jiwa Anda

Menguangkan asuransi jiwa Anda mungkin merupakan strategi pembayaran hutang yang layak karena ini akan memberi Anda kesempatan untuk membayar hutang dalam jumlah yang lebih besar dengan cepat. Ini dapat Anda lakukan ketika jenis asuransi jiwa Anda adalah unit link, jadi ada premi Anda yang sudah aman dan ada nilai investasi yang bisa Anda ambil untuk membayar hutang.

Jika Anda merasa seperti tenggelam dalam utang dan tidak memiliki penerima manfaat yang perlu mendapat manfaat dari polis asuransi jiwa Anda, misalnya pasangan atau anak-anak, maka mungkin masuk akal untuk menggunakan dana tersebut untuk melunasi utang.

Strategi ini tidak berlaku jika Anda memiliki polis asuransi jiwa berjangka. Ini hanya bekerja untuk mereka yang memiliki kebijakan seumur hidup yang telah membangun nilai tunai.

Penting juga untuk dicatat bahwa bahkan jika Anda memiliki penerima manfaat, Anda mungkin dapat memanfaatkan sebagian dari nilai tunai polis seumur hidup Anda, mendapatkan uang tunai untuk pengurangan utang dan masih meninggalkan beberapa hasil asuransi jiwa untuk orang yang Anda cintai.

7. Hasilkan lebih banyak uang

Jika Anda sangat bertekad untuk melunasi utang itu dalam setahun, Anda harus mencari cara untuk meningkatkan penghasilan Anda dan menggunakan uang ekstra itu untuk melunasi utang secepat mungkin. Baik itu dengan mengambil pekerjaan sampingan, kerja lembur, membuat proyek yang berbeda atau menegosiasikan gaji Anda dengan atasan Anda.

Pikirkan beberapa cara untuk mulai menghasilkan lebih banyak uang setidaknya selama beberapa bulan dan menjadikan penghapusan utang sebagai prioritas utama.

8. Lakukan transfer saldo kartu kredit

Sebagian besar dari kita biasanya merobek semua transfer saldo kartu kredit yang tiba di kotak surat kita. Tetapi jika Anda ingin bersusah payah dengan upaya pengurangan utang Anda, transfer saldo dapat membantu.

Dengan mentransfer utang tingkat tinggi ke kesepakatan nol persen — yang berlangsung selama 12 bulan atau lebih — Anda menghilangkan semua bunga kartu kredit. Itu membebaskan arus kas, memberi Anda uang tambahan untuk melunasi tagihan kartu kredit itu. Baca saja cetakan kecil sebelum mendaftar untuk memastikan Anda benar-benar mendapatkan tarif rendah itu.

9. Manfaatkan kebijakan penghapusan hutang lama

Beberapa orang melunasi hutang kartu kredit lama — yang benar-benar lama — bahkan ketika mereka tidak lagi diwajibkan secara hukum untuk melakukannya. Kita semua ingin membayar tagihan kita. Tetapi jika waktu sangat ketat dan Anda tidak punya uang, Anda harus fokus pada hutang saat ini dan mempertimbangkan untuk tidak membayar tagihan lama yang berusia 7 hingga 10 tahun, atau bahkan lebih tua.

Setiap negara bagian memiliki kebijakan sendiri tentang hutang yang belum dibayar. Beberapa negara memiliki kebijakan tidak mengizinkan penagih utang untuk menagih jenis utang tertentu setelah jangka waktu tertentu; yang lain membatasi jumlah waktu ketika kreditur dapat menuntut Anda atas hutang lama.

Untuk lebih jelasnya, Anda harus mencari tahu lebih detail apakah kebijakan pembebasan hutang ini berlaku untuk hutang lama Anda. Jika hutang lama Anda telah melebihi batas waktu untuk ditagih atau telah berlalu, Anda mungkin dapat melupakan pembayaran tanpa khawatir tentang konsekuensi keuangan, hukum, atau kredit yang mengganggu Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berurusan dengan utang lama, hubungi otoritas jasa keuangan di wilayah Anda atau Lembaga perlindungan konsumen untuk bantuan dan nasihat mengenai kebijakan tentang pembatasan utang kartu kredit.

10. Ajukan kebangkrutan untuk melunasi hutang kartu kredit Anda

Kebangkrutan seharusnya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir untuk membebaskan diri dari hutang. Tetapi dalam keadaan ekstrim — seperti ketika Anda tidak memiliki penghasilan atau Anda memiliki pembayaran kartu kredit atau tagihan medis yang sama sekali tidak dapat diatur. Pengajuan kebangkrutan tepat untuk melunasi tagihan kartu kredit secara keseluruhan.

Jika Anda merasa berkewajiban secara moral untuk membayar hutang Anda, Anda juga dapat melihat peraturan hukum yang berlaku mengenai hutang atau kondisi kepailitan dalam hukum perdata atau hukum dagang untuk mendapatkan alasan mengurangi sebagian tagihan kartu kredit Anda. Kemudian Anda membayar sisa utang selama periode tiga sampai lima tahun saja.

Masalah hutang memang menjadi hal yang lumrah, namun jika masalah hutang kartu kredit Anda kemudian mengganggu kenyamanan Anda namun Anda tidak punya pilihan untuk tetap harus melunasinya maka kelola Energi kelimpahan Anda. Dengan mengelola energi kelimpahan Anda setidaknya Anda memiliki pikiran yang tidak sempit. Anda bisa berpikir tanpa batas dan dapat menggali berbagai kemungkinan baik untuk menjadikan Anda pribadi yang berlimpah, lebih bahagia, bebas hutang, hidup tenang dan memiliki kebebasan finansial yang baik.

Cara paling mudah dan efektif agar Anda dapat mengelola energi kelimpahan Anda adalah dengan mengikuti pelatihan Bioenergi Abundance.

Cara Melunasi hutang Kartu Kredit Lama - Bioenergi Center

Artikel menarik lainnya:


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.