Home » Artikel » Artikel Umum » 10 Cara Mengembangkan Usaha Anda Yang Terbukti Berhasil!

10 Cara Mengembangkan Usaha Anda Yang Terbukti Berhasil!

  • by
Cara-Mengembangkan-Usaha-Anda

Bagaimana cara meningkatkan keberhasilan usaha Anda saat ini? Karena seperti yang kita tahu memulai sebuah bisnis akan penuh dengan tantangan. Melanjutkan dan mengembangkan bisnis Anda setelah didirikan sama sulitnya dengan awal Anda bagaimana memulainya. Mungkin Anda juga bertanya-tanya bagaimana cara mengembangkan usaha Anda agar sukses dan meraih penjualan yang terus meningkat.

Oleh karena itu dibutuhkan perencanaan yang efektif, strategi, dan kemauan yang kuat. Karena sering kali lebih mudah untuk memulai sebuah bisnis daripada mempertahankan dan mengembangkannya.

Apa yang perlu dilakukan agar usaha Anda sukses dan berhasil?

Di bawah ini adalah 10 cara atau metode yang telah terbukti berhasil untuk terus mengembangkan bisnis Anda:

1. Kenali pelanggan Anda

Mengetahui siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka butuhkan sangat penting. Misalnya melalui proses mengidentifikasi target pasar saat mengembangkan rencana bisnis Anda. Tetapi sekarang Anda memiliki basis pelanggan aktif yang Anda butuhkan adalah untuk terlibat dan dalam proses meningkatkan bisnis Anda.

Baik melalui survei triwulanan, ulasan pengguna, atau komunikasi layanan dengan pelanggan Anda secara langsung, Anda perlu meminta testimoni yang jujur. Catat keluhan yang konsisten di antara basis pelanggan Anda dan gunakan keluhan tersebut untuk meluncurkan fitur baru, melakukan penyesuaian internal, atau sejumlah perbaikan.

Karena umpan balik langsung dari basis pelanggan Anda sangat berharga, Anda juga harus memperhatikan pasar dan pesaing Anda. Melakukan analisis pasar secara teratur memastikan bahwa Anda mengetahui setiap pergerakan kompetitif dan bagaimana peristiwa ekonomi yang berbeda dapat memengaruhi pelanggan Anda. Mengkombinasikannya dengan umpan balik dari pelanggan Anda, akan memberikan gambaran lengkap tentang jalan potensial untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis Anda.

2. Fokus pada layanan pelanggan

Saat Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, layanan pelanggan yang berkualitas untuk pelanggan Anda saatlah penting. Seorang pelanggan adalah bagian dari orang-orang yang menjalankan bisnis Anda. Tetapi Anda tidak ingin hal tersebut menjadi akibat langsung dari upaya Anda untuk tumbuh. Dan Anda tidak ingin membuat orang pergi dengan memberikan pengalaman yang buruk.

Pada saat yang sama, fokus pada layanan pelanggan yang berkualitas dapat menjadi jalan untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis Anda. Jika pelanggan Anda saat ini diperlakukan dengan luar biasa, mereka akan cenderung meninggalkan ulasan positif, merekomendasikan bisnis Anda kepada teman-teman mereka, dan tentu saja membeli dari bisnis Anda lagi.

3. Perluas nilai dari pelanggan saat ini

Adalah umum ketika mencari peluang pertumbuhan untuk segera mencoba dan menarik pelanggan baru, tetapi bagaimana dengan pelanggan Anda saat ini? Anda telah membangun kredibilitas dengan mereka yang berarti mereka cenderung membeli dari Anda lagi atau bahkan membayar lebih untuk layanan tambahan dan produk baru.

Jelajahi peluang untuk memperluas nilai bisnis Anda dari pelanggan Anda. Tambahkan lini produk baru yang melengkapi pembelian sebelumnya. Uji kenaikan harga dan layanan dengan dsikon, fitur tambahan, arahan langsung, atau tambahan lain yang dianggap berharga oleh pelanggan Anda.

Hanya karena Anda mungkin telah mencapai batas pertumbuhan target pasar yang Anda tetapkan, bukan berarti Anda tidak dapat menarik lebih banyak nilai darinya. Dan siapa tahu, perubahan apa pun yang Anda buat untuk meningkatkan nilai bagi pelanggan saat ini dapat menjadi batu loncatan untuk mendatangkan pelanggan baru.

4. Manfaatkan media sosial

Memanfaatkan media sosial bisa membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang. Penggunaannya sesederhana membuka profil bisnis dan mulai menumbuhkan relasi dengan pelanggan Anda.

Anda tidak perlu memposting setiap hari atau bahkan membuat gambar dan video yang tampak luar biasa, tetapi tetapkan jadwal yang konsisten yang dapat diharapkan oleh pengikut dan pelanggan Anda. Dari sana terserah Anda untuk secara aktif terlibat dengan pengikut Anda, membaca komentar, menjawab pesan, dan secara umum membangun merek bisnis Anda.

Secara keseluruhan, ini adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi tren dan wawasan tentang pelanggan Anda. Jika mau, Anda bahkan dapat menggunakan wawasan yang diperoleh dan mencoba menjalankan iklan media sosial. Ini lebih mudah daripada yang Anda pikirkan dan merupakan cara murah untuk membuat promosi, mengukur minat basis pelanggan baru, atau bahkan menjalankan kampanye digital yang lengkap.

5. Kembangkan tim Anda

Menumbuhkan basis pelanggan Anda dan menumbuhkan penjualan Anda biasanya yang juga berarti mengembangkan tim bisnis Anda. Dan sama seperti Anda perlu fokus pada penyediaan layanan pelanggan yang luar biasa, Anda juga perlu fokus pada kualitas orang-orang yang bergabung dengan tim Anda.

Berfokuslah untuk menemukan beragam suara yang tidak hanya dapat memenuhi tugas atau peran Anda tetapi juga dapat memberikan perspektif unik yang menantang Anda sendiri. Memiliki sejumlah besar karyawan yang berbeda dalam pengalaman, latar belakang, keyakinan, dan spesialisasi membawa perspektif baru ke bisnis Anda yang mungkin tidak akan ada jika tanpa mereka.

Selain itu, saat Anda ingin merekrut karyawan baru, Anda juga ingin fokus pada pengembangan profesional staf Anda saat ini. Tunjukkan bahwa Anda menghargai mereka dan kontribusi mereka terhadap bisnis Anda. Beri mereka lebih banyak kesempatan untuk memimpin dan berkolaborasi, libatkan mereka dalam proses penetapan tujuan, dan bahkan ikutkan mereka untuk menghadiri seminar dan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Cara Anda memperlakukan karyawan Anda akan tercermin dalam cara Anda memperlakukan pelanggan Anda. Mulailah dengan mengoptimalkan secara internal dan bisnis Anda akan tumbuh dari sana.

6. Tunjukkan keahlian Anda

Jika Anda ingin terus membangun pengaruh di antara pelanggan dan bisnis lain, Anda perlu menunjukkan keahlian Anda. Ini berarti seperti menyediakan sumber daya, menyelenggarakan webinar, melakukan studi penelitian, dan bahkan memberikan tanya-jawab melalui media sosial Anda. Temukan peluang untuk membagikan apa yang Anda ketahui, dan sajikan sebagai kesempatan gratis untuk belajar dan berkembang.

Anda tidak hanya menunjukkan keahlian tetapi menggunakannya untuk menumbuhkan audiens yang diharapkan suatu hari akan berubah menjadi pelanggan. Tindak lanjuti dan terus berikan wawasan berharga dan Anda akan dapat mengubahnya menjadi pertumbuhan yang konsisten untuk bisnis Anda.

7. Dukung komunitas Anda

Memberi kembali kepada komunitas Anda dan bertanggung jawab secara sosial adalah cara yang bagus untuk mengembangkan merek Anda dan menunjukkan nilai-nilai bisnis Anda. Mensponsori atau menyumbang ke lembaga nonprofit, menyediakan produk atau layanan gratis untuk inisiatif yang Anda pedulikan, atau menyelenggarakan acara komunitas. Anda bahkan dapat mencari untuk bermitra dengan bisnis lain dengan minat nonprofit serupa untuk mempromosikan perubahan yang lebih besar.

8. Kembangkan aliran pendapatan tambahan

Jika Anda telah berjuang untuk meningkatkan pendapatan dari model bisnis inti Anda, mengembangkan aliran pendapatan tambahan mungkin diperlukan. Ini bisa berupa penawaran produk atau layanan baru, model penetapan harga terpisah untuk pelanggan atau langganan yang berbeda, dan bahkan pendapatan pasif dari iklan dan sponsor.

Perlakukan setiap aliran pendapatan baru sebagai perluasan bisnis Anda. Anda mungkin ingin membangun setidaknya rencana bisnis untuk memastikan inisiatif baru itu layak dan bahwa bisnis Anda saat ini dapat mendukungnya. Pertimbangkan biaya awal dan operasional, tujuan Anda dengan ekspansi, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Anda juga bisa meningkatkan panghasilan pasif Anda dengan melakukan penyesuaian energi kemakmuran untuk membersihkan, menyeimbangkan dan menyatukan energi. Tentunya dengan kuasa dan kehendak Tuhan agar Anda terhubung dengan sumber rezeki. Agar lebih mudah bagi Anda untuk mewujudkan harapan lebih cepat dan mengatasi masalah lebih mudah.

Anda bisa mengikuti program Zona Kaya. Program pelatihan Zona Kaya bermanfaat untuk meningkatkan karier, menciptakan keharmonisan rumah tangga, melancarkan bisnis atau usaha Anda, strategi bisnis lahir dan mengubah hutang menjadi sumber rezeki. Serta membantu Anda lebih mampu dalam merencanakan dan mengembangkan usaha Anda.

9. Bangun kemitraan bisnis Anda

Bagian dari mengembangkan bisnis Anda adalah membuat kemitraan yang tepat dan mengetahui komunitas bisnis Anda. Luangkan waktu untuk membangun jaringan dan hubungan yang berpotensi membangun bisnis Anda.

Memiliki jaringan yang kuat dapat menghasilkan pelanggan baru, kemitraan, karyawan, dan bahkan investor. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk berbagi wawasan industri, tren yang muncul, dan praktik terbaik yang tidak akan Anda temukan sebelumnya.

10. Lakukan evaluasi secara rutin dan konsisten

Namun, Anda memilih untuk mencoba dan mengembangkan bisnis Anda, pastikan Anda secara aktif melakukan evaluasi dan melacak kesuksesan. Sangat mudah untuk membuat perubahan dan membiarkannya berjalan tanpa tujuan atau hasil utama yang menentukan kesuksesan. Tanpa evaluasi, bisa saja bisnis Anda tidak mengalami kemajuan dan perkembagan serupa seperti yang Anda harapkan.

Tetapkan tujuan organisasi Anda dan jangan takut untuk menghentikan proyek Anda jika Anda tidak melihat hasil yang positif. Anda selalu dapat menyiapkan iterasi baru dan menjalankannya lagi, menyempurnakan pendekatan Anda untuk mengidentifikasi jalur paling sukses dalam pengembangan bisnis Anda.

_____

Selain itu ada satu hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan keberhasilan usaha Anda. Yaitu dengan melakukan loncatan energi. Dengan loncatan energi yang tepat, Anda dapat menetralisir berbagai bentuk energi negatif yang menghambat kesuksesan Anda. Sehingga usaha Anda menjadi lancar, omset meningkat, terjadinya perluasan pasar dan berhasil menjangkau pelanggan baru. Maka dari itu Anda bisa mengikuti pelatihan Quantum Bioenergi.

Kunci Sukses Bisnis Kuliner_ Bioenergi Center

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang