Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Karir & Bisnis » 4 Cara Tak Biasa Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan Anda

4 Cara Tak Biasa Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan Anda

Meningkatkan Produktifitas Karyawan

BAGIKAN :

Ingin Tahu Cara Tak Biasa Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan Anda Di Kantor?

Meningkatkan produktivitas karyawan – Ingin karyawan Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan selama hari-hari mereka bekerja? Lebih produktif, kreatif dan mampu mencapai target?

Beberapa pengusaha mungkin berpikir bahwa menetapkan batasan pada hal-hal seperti perangkat seluler dan akses Internet adalah jawabannya. Tetapi banyak perusahaan telah menemukan bahwa memberi kebebasan dan fleksibilitas kepada pekerjanya melalui kebijakan tertentu adalah kunci peningkatan efisiensi dan produktivitas kerja.

Perusahaan yang benar-benar memandang produktivitas karyawan sebagai sesuatu yang penting akan mengembangkan  program dan menemukan cara untuk mendorong produktivitas karyawan mereka.  Perusahaan menyediakan alat untuk membantu mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan karyawan untuk masalah pribadi, memberi mereka waktu kembali bekerja pada hari yang disepakati.

Berikut adalah beberapa kebijakan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitas, moral, dan budaya di antara karyawan Anda :

Kurangi stres melalui program kepedulian keluarga.

Bantu karyawan mengelola kehidupan pribadi dan profesional mereka. Bisa dengan program dan layanan yang membantu mereka mengatasi kebutuhan paling mendesak dan penuh tekanan dalam hidup mereka juga keluarga mereka.

Dan ini bukan hanya tentang masalah penitipan anak. Melainkan tentang bagaimana Anda dapat membantu mereka merawat orang tua mereka yang sudah tua, hewan peliharaan, dan rumah tangga mereka juga dan kehidupan sosialnya dalam masyarakat.

Berikan opsi kerja yang fleksibel.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Sehubungan dengan jadwal kerja dan lokasi kerja, selama pekerjaan dilakukan, tidak masalah di mana atau kapan pekerjaan itu selesai. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa karyawan yang bekerja dari jarak jauh bahkan sebagian waktu lebih terlibat dan lebih produktif. Jika mungkin, berikan kesempatan bagi karyawan Anda untuk menyelesaikan tugas mereka di luar kantor, beri mereka pilihan untuk melakukannya.

Anjurkan istirahat.

Sebuah Anjuran untuk istirahat bagi karyawan terdengar seperti kontradiksi. Tetapi ini hal yang relevan dengan bagaimana meningkatkan produktivitas karyawan. Misalnya: merayakan ulang tahun di luar kantor memang memungkinkan anggaran untuk makan siang tim bertambah, namun dampaknya sangat luarbiasa bagi produktivitas karyawan.

Mengadakan kegiatan bersama, sekali-kali, walaupun mungkin hanya setiap triwulanan akan sangat membantu karyawan beristirahat sebentar dari rutinitasnya. Bahkan akan membuat mereka mendapatkan suasana baru yang sangat bermanfaat bagi kesegaran fikirannya.

Bahkan memiliki waktu bersama untuk sekedar mencicipi makanan ringan dan minum kopi di cafe atau liburan ke pantai yang dekat dari kantor dapat meningkatkan semangat dan efektifitas budaya tim.

Istirahat dengan cara bersenang-senang akan memberi tambahan energi. Manfaat luar biasa yang didapatkan diantaranya bisa mengurangi kelelahan mental, meningkatkan kebersamaan, kepedulian, kekompakan, dan meningkatkan kemampuan kolaborasi. Istirahat sejenak dalam kesenangan juga menawarkan karyawan kesempatan untuk menjernihkan pikiran memperbaiki kualitas diri dan mental mereka.

Tunjukkan kepemimpinan Anda

Ada pendekatan untuk bagaimana mentor Anda memimpin perusahaan. Dimulai dengan departemen sumber daya manusia dan eksekutif puncak yang mengakui dan memberi penghargaan kepada karyawan atas kemajuan dan kontribusi mereka. Hal ini menunjukan eksistensi Anda sebagai pemimpin. Kepemimpinan Anda, dalam bisnis atau usaha Anda akan sangat berpengaruh pada suasana di tempat kerja Anda dan produktivitas orang-orang yang ada di dalamnya.

Seruan publik, penghargaan, tempat dan profil serta sistem komunikasi dalam perusahaan biasanya menunjukkan nilai-nilai perusahaan dan memperkuat keberadaan mereka dalam dunia kerja. Perusahaan yang paling produktif memiliki kebijakan dan budaya di tempat dimana penghargaan untuk setiap karyawan terlihat jelas dan nyata.

Beberapa perusahaan ragu untuk menerapkan perubahan karena mereka khawatir tentang biaya. Tetapi kebijakan ini seringkali tidak semahal yang dipikirkan oleh pengusaha. Bahkan jika mereka membutuhkan biaya, mereka tidak harus terjadi sekaligus, namun bertahap. Karena karyawan Anda adalah investasi terbesar bagi perusahaan Anda.

__________________________

Perubahan akan terjadi secara bertahap, dan pengusaha harus merasa nyaman menerapkan kebijakan kehidupan kerja baru mereka.

Sebaiknya sebelumnya harus mencari tahu berapa biaya yang sebenarnya yang akan dianggarkan, dan bahkan bila perlu harus memiliki program percontohan sebelum meluncurkannya di sebuah perusahaan.

Ada juga persepsi yang salah bahwa pengusaha harus mempersiapkan staf tambahan untuk mendukung program-program baru ini. Namun sebetiulnya dengan meningkatkan produktifitas karyawan, dan efektifitas dalam mengelola sumberdaya akan sangat membantu tujuan usaha Anda.

Anda kemungkinan memiliki karyawan yang sudah ada, dapat menyesuaikan program-program baru ini ke dalam pekerjaan mereka saat ini secara bertanggung jawab. Kebanyakan orang bersemangat tentang masalah kehidupan kerja dan akan dengan senang hati membantu Anda menerapkan kebijakan baru untuk membuat hidup mereka lebih mudah. ​​”

Dalam jangka panjang program dan kebijakan semacam ini sebenarnya dapat berdampak positif pada laba perusahaan Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan pengusaha akan kehilangan miliaran dolar setiap tahun bila kehilangan produktivitas. Terutama ketika karyawan mengambil cuti yang tak terduga karena masalah pribadi. Program kerja-kehidupan dan budaya akan menjadi pembeda penting di tempat kerja baru dan memiliki kemampuan untuk mendorong inovasi, kreativitas, loyalitas, dan meningkatkan produktivitas karyawan Anda.

Anda ingin tahu cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan Anda sehingga semua sumberdaya yang ada dapat memberi manfaat maksimal bagi target bisnis dan perkembangan serta kemajuan bisnis Anda? Tingkatkan Kualitas Energi Anda dengan Mengikuti Pelatihan Bioenergi Abundence di Bioenergi Center.

Selengkapnya tentang berbagai manfaat Pelatihan Bioenergi Abundance silahkan klik: ⇓⇓⇓

Meningkatkan Produktivitas Karyawan


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :