Home » Artikel » Artikel Umum » Bisnis & Karir » 5 Faktor Kritis yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan Di Tempat Kerja

5 Faktor Kritis yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan Di Tempat Kerja

  • by
5 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan - Bioenergi Center

Kita semua tahu betapa pentingnya produktivitas karyawan di tempat kerja. Tapi tahukah Anda faktor-faktor kritis yang mempengaruhi produktivitas karyawan Anda saat bekerja?

Artikel ini memberikan Anda pemahaman mengenai 5 faktor yang mempengaruhi produktifitas karyawan yang perlu Anda cermati untuk menciptakan dan menjaga lingkungan kerja yang produktif dalam usaha Anda dan bagaimana solusinya.

Apa saja faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan dalam usaha Anda?

5 faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan dalam pekerjaannya meliputi:

  • Lingkungan Kerja
  • Proses
  • Sasaran
  • Kesehatan Karyawan
  • Pelatihan karyawan

Khawatir dengan produktivitas karyawan Anda?

Tenaga kerja yang produktif adalah mesin pada setiap bisnis yang sukses. Memiliki sekumpulan karyawan yang bekerja keras dan produktif akan membuat pencapaian tujuan dan target Anda menjadi lebih mudah tercapai.

Sebaliknya, tenaga kerja yang tidak produktif akan membuat tidak mungkin menyelesaikan sesuatu apalagi menghasilkan sesuatu yang besar.

Secara garis besar ada 5 faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan Anda yang butuh penanganan cepat. Berikut adalah pembahasan mendetail dari lima faktor kritis yang mempengaruhi produktivitas karyawan dan cara memanfaatkannya agar karyawan Anda tetap produktif.

1. Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja karyawan memengaruhi suasana hati, dorongan, dan kinerja mereka secara keseluruhan di organisasi Anda. Idenya sederhana – berikan karyawan Anda lingkungan kerja yang mendukung, dan mereka akan produktif.

Tapi apa lingkungan kerja Anda?

Meskipun lingkungan kerja Anda mencakup elemen struktural seperti pencahayaan, ventilasi, furnitur, dan peralatan kantor, cakupannya jauh melampaui hal-hal material. Ini juga termasuk suasana kerja perusahaan Anda.

Jika suasana kerja Anda terbangun atas prinsip kerja sama, persaingan yang sehat, dan empati, karyawan Anda akan memiliki motivasi dan dorongan yang tinggi, keratif dan dapat bekerjasama dengan baik.

Karena tempat kerja mereka adalah zona aman bagi mereka untuk mengekspresikan diri dan melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka.

Jika Anda menghabiskan sebagian besar hidup Anda untuk bekerja, penting untuk berinvestasi bahkan hanya beberapa menit untuk membuat lingkungan kerja Anda lebih baik untuk diri sendiri, rekan kerja, dan karyawan Anda.

Ada sistem pendukung yang kuat dari rekan kerja di samping mereka untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka. Keamanan ini dapat meningkatkan produktivitas karyawan Anda karena mereka tidak terus-menerus melihat ke belakang – khawatir tentang apa yang terjadi di belakang mereka.

Kunci untuk menciptakan lingkungan yang sehat adalah dengan mempromosikan nilai-nilai seperti transparansi, kerja sama, kekompakan kerja tim, dan pencapaian.

Jadikan nilai-nilai ini sebagai bagian dari budaya Anda dengan meminta manajemen dan tim SDM Anda untuk mengadvokasi mereka pada garis dasar sehari-hari. Anda juga harus memberi penghargaan kepada karyawan yang mempraktikkan nilai-nilai ini selama waktu penilaian.

2. Proses

Perjalanan atau siklus atau yang sering bernama Proses, merupakan suatu yang ketidakhadirannya, memiliki dampak besar pada produktivitas organisasi.

Menerapkan proses adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan produktivitas tim. Sebuah proses mendefinisikan urutan langkah-langkah tertentu untuk melaksanakan tugas tertentu.

Nilai sebuah Proses yang baik ditentukan setelah banyak coba-coba. Oleh karena itu, mereka adalah metode tercepat, paling ramping dan paling dapat diandalkan untuk menyelesaikan tugas. Ketika Anda memiliki proses, Anda tidak perlu membuang waktu untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan. Anda tinggal mengeksekusi.

Perusahaan yang paling produktif membangun proses untuk hampir semua tugas dan proyek berulang mereka. Misalnya, sebagian besar tim SDM memiliki proses untuk orientasi karyawan, tetapi pelepasan karyawan biasanya diabaikan, yang bahkan dapat menyebabkan berlakunya kekacauan akses informasi, dan masalah kepatuhan terhadap informasi yang pribadi.

Namun, jika Anda menggunakan alat manajemenyang tepat, Anda dapat dengan mudah menentukan dan mengotomatiskan aspek TI dari proses perjalanan Anda.

Misalnya, Anda dapat mencabut akses karyawan yang keluar dari akun aplikasi web perusahaan hanya dengan beberapa klik. Mengingat betapa sulitnya melacak semua aktivitas yang Anda lakukan melalui dirinya. Ada nilai besar yang dapat ditemukan dalam membangun proses standar untuk menjaga semuanya tetap terpetakan dan terpusat.

3. Sasaran

Sasaran kerja yang ditentukan dengan jelas sangat bagus untuk meningkatkan tingkat produktivitas karena itu adalah ukuran produktivitas itu sendiri.

Bagaimana kebanyakan perusahaan mengukur produktivitas pekerja mereka? Dengan mengevaluasi apakah mereka mencapai tujuan mereka atau tidak.

Memberi tahu karyawan Anda tentang tujuan mereka adalah cara yang bagus bagi mereka untuk memiliki maksud dalam pikiran. Ini adalah cara sempurna untuk menyalurkan dan mengarahkan energi mereka hanya untuk tugas-tugas produktif.

Penetapan tujuan juga membantu mengurangi keraguan karyawan. Karena mereka memiliki strategi tujuan khusus untuk dikerjakan, mereka tidak akan mengajukan pertanyaan seperti: Siapa yang harus melakukan ini? Apakah ini yang diharapkan? Apa hasil yang tepat? Kapan tanggal jatuh temponya?

Cara terbaik untuk menetapkan tujuan yang jelas adalah dengan memetakannya dalam alat manajemen proyek yang upto date dan dapat diakses mereka yang memiliki kepentingan. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk menetapkan tugas, menambahkan tanggal jatuh tempo dan perkiraan waktu, menentukan deskripsi tugas dan subtugas, prioritas trik, dan bahkan bertukar komentar terkait tugas.

Karena semuanya telah digariskan dengan jelas dalam tujuan mereka – mereka tidak akan membuang waktu untuk mengajukan pertanyaan dan dapat langsung memecahkannya.

4. Kesehatan Karyawan

Kesehatan karyawan adalah istilah luas yang mencakup batin dan kesehatan fisik karyawan Anda. Karyawan yang sehat dan bahagia akan memiliki lebih banyak sumber daya fisik dan mental serta spiritual untuk mereka berinvestasi dalam pekerjaan mereka. Ini membantu mereka menjadi sangat fokus dan terhindar dari kebiasaan menunda-nunda.

Sementara karyawan yang sakit atau stres baik karena masalah pekerjaan atau masalah pibadi mereka mungkin kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sesuai date line. Mereka harus bekerja jauh lebih keras dan lebih lama dari biasanya. Ini akan menunda tenggat waktu Anda dan nisa membuat karyawan berisiko mengalami kelelahan.

Jika Anda menunda tujuan penting, penundaan akan sangat memengaruhi kesuksesan profesional Anda, pendapatan masa depan, dan bahkan kesehatan dan kebahagiaan Anda

Kelelahan karyawan adalah penipisan total sumber daya fisik karyawan saat menghadapi pekerjaan. Begitu karyawan mengalami kehabisan energi. Mereka tidak akan pernah mampu seperti dulu lagi – yang menyebabkan penurunan produktivitas yang tidak dapat diubah.

Selalu dorong karyawan Anda untuk menjaga diri mereka sendiri. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memberi contoh sendiri. Misalnya, Anda dapat mulai menyajikan pilihan makanan sehat di kafetaria kantor Anda untuk mendorong karyawan Anda menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Bila perlu Anda bisa mulai mengeluarkan FitBits (pita pelacak olahraga) kepada karyawan untuk mendorong mereka agar tetap fit dan lebih aktif secara fisik.

Dengan memprioritaskan kesehatan karyawan daripada hasil, Anda memperlakukan mereka sebagai manusia – bukan roda penggerak dalam mesin. Ini akan mengarah pada peningkatan kepuasan dan motivasi kerja yang, pada gilirannya, akan meningkatkan tingkat produktivitas mereka.

5. Pelatihan Untuk Karyawan

Pembinaan karyawan Anda memainkan peran besar dalam kesiapan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka secara lebih efektif. Semakin siap mereka – semakin produktif mereka.

Seorang karyawan yang tidak terlatih tidak akan tahu apa yang harus mereka lakukan atau bagaimana melakukannya. Mereka dapat mengerahkan semua upaya yang mereka inginkan, tetapi jika mereka tidak tahu ke mana harus mengarahkan upaya itu, itu akan menjadi pekerjaan yang tidak produktif.

Kebanyakan orang melihat pelatihan sebagai instruksi yang sederhana dan spesifik untuk peran -peran tertentu dalam pekerjaan. Namun kenyataannya tidak demikian. Karyawan Anda juga membutuhkan pelatihan dan pembinaan tingkat lanjut. Mereka harus benar-benar memahami bidang yang mereka kerjakan sebelum memahami apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan mereka.

Karena pelatihan lanjutan membantu mereka memahami gambaran yang lebih besar atas apa yang menjadi tanggung jawab mereka, berbagai peluang yang bisa mereka dapatkan, potensi penghasilan mereka dan berbagai hal yang bisa mereka dapatkan.

Misalnya, seorang tenaga penjualan di bidang Kesehatan harus mengubah pendekatan dan proses mereka begitu mereka mengirim produk kefasilitas kesehatan yang besar. Mengetahui tentang psikologi konsumen alat atau produk kesehatan yang di jual secara lebih mendalam serta memahami keungulannya akan menjadi keuntungan besar dalam pekerjaan mereka.

_____________________

Pastikan Anda menerapkan prosedur pembinaan menyeluruh selama orientasi untuk mendidik karyawan tentang: Pengetahuan produk, ruang limgkup usaha Anda, instrument penting perusahaan yang berkaitan dengan pekerjaan karyawan, Informasi terperinci tentang bidang yang akan mereka kerjakan dalam proses kerja Anda, serta tugas yang diharapkan untuk mereka lakukan.

Selain itu, semakin banyak informasi yang mereka dapatkan – semakin mereka merasa mampu, yang pada gilirannya akan meningkatkan tingkat produktivitas kerja mereka.

Anda ingin mengetahui pelatihan apa yang paling cocok untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda? Agar karyawan Anda lebih produktif, mencintai pekerjaannya, memiliki kesadaran untuk selalu melakukan hal-hal terbaik terkait pekerjaan dan profesinya sehingga memberi dampak nyata bagi peningkatan kinerja mereka dalam usaha Anda?

Atau Anda sedang mencari rekomendasi pelatihan yang tepat untuk Anda dan karyawan Anda, pelatihan yang mengajarkan bagaimana membuat karyawan terhubung secara spiritual dengan usaha Anda, sehingga Anda bisa menarik kebaikan-kebaikan dan kelimpahan dalam hidup Anda, karyawan mampu meningkatkan produktivitas kerja mereka dengan cara yang berbeda?

Yang tidak sekedar pelatihan teknis namun juga mengajarkan pengelolaan potensi diri, mental dan spirual yang benar-benar mampu mengubah hidup mereka? Rekomendasi terbaik untuk Anda dan karyawan Anda adalah dengan mengikuti Pelatihan Bioenergi Abundance.

Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan - Bioenergi Center

_______________________

Faktor kritis yang mempengaruhi produktivitas karyawan adalah penentu utama kesuksesan usaha Anda. Tidak ada perusahaan yang akan berkembang jauh tanpa tenaga kerja yang solid dan produktif di belakangnya. Itulah mengapa masuk akal untuk menghabiskan waktu dan uang untuk berinvestasi dalam produktivitas karyawan Anda.

Pastikan Anda membangun lingkungan kerja yang mendukung, menikmati dan menghargai proses, dan prinsip yang tepat dalam usaha Anda untuk memfasilitasi kepuasan kerja karyawan dan meningkatkan nilai perusahaan. Jika hal Ini Anda lakukan, pada gilirannya, akan berdampak positif pada seberapa berkomitmen dan produktif karyawan Anda. Dan begitu Anda memiliki tenaga kerja yang produktif, langit adalah batasnya.

Jika Anda ingin mengetahui cara agar karyawan lebih produktif, memiliki loyalitas tinggi, bisa berkontribusi secara nyata bagi usaha atau bisnis Anda, mampu mencapai target pekerjaan mereka, bisa menghadapi hambatan-hamabatan dalam pekerjaannya sehingga usaha Anda terus berkembang dan menguntungkan. Segera wujudkan harapan Anda dengan berkonsultasi pada konsultan bisnis dan Mentor Profesional Bapak Syaiful Maghsri di Bioenergi Center.

Agar Anda tidak perlu menunggu untuk berkonsultasi secara khusus, Anda bisa menghubungi Ibu Enny untuk mendapatkan jadwal khusus melalui Nomor WhatsApp berikut:

Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja - Bioenergi Center


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang