Home » Artikel » Artikel Umum » 7 Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Agar Semakin Besar

7 Cara Mengembangkan Usaha Dagang Kecil Agar Semakin Besar

  • by

Mungkin sebagian dari Anda sudah memiliki usaha bisnis atau sedang merintis usaha bisnis Anda sendiri. Ketika Anda sudah memiliki bisnis sendiri mungkin juga Anda berkeinginan agar usaha Anda semakin besar, tumbuh dan berkembang. Agar keuntungan dan penjualan Anda meningkat. Tetapi untuk mencapai hal ini, Anda harus kerja keras, memiliki semangat yang nyaris tidak pernah padam, komitmen yang tinggi dan harus merasakan kegagalan berkali-kali. Anda tidak boleh menyerah sampai Anda benar-benar menemukan caranya.

Bagaimana cara mengembangkan usaha dagang kecil menjadi besar?

Berikut adalah 7 cara mengembangkan usaha dagang yang bisa Anda terapkan:

cara-mengembangkan-usaha-dagang-kecil-menjadi-besar

1. Investasikan keuntungan Anda kembali ke dalam bisnis

Banyak pemilik bisnis menarik uang dari bisnis mereka untuk membayar diri mereka sendiri. Ketika bisnis mengalami kesuksesan, pemilik mungkin tergoda untuk mengambil jumlah yang signifikan sebagai hadiah atas kerja kerasnya. Dalam kebanyakan kasus, uang ini akan lebih baik jika digunakan untuk bisnis: merekrut atau mempertahankan karyawan terbaik Anda, memberikan mereka pelatihan, atau berinvestasi secara khusus untuk bisnis Anda. Dengan menyimpan uang dalam bisnis, imbalan bagi pemilik bisnis bisa lebih besar secara eksponensial di kemudian hari.

2. Prioritaskan tim Anda

Banyak pengusaha sering menangani pekerjaan inti bisnis mereka sendiri, serta tugas-tugas lain seperti pemasaran, akuntansi, dan sumber daya manusia. Meskipun mungkin sulit bagi wirausahawan untuk menyerahkan kendali atas beberapa aspek bisnis mereka, hal itu diperlukan ketika pertumbuhan bisnis mereka sendiri menjadi tujuannya.

Mengakui bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya sendirian merupakan langkah penting dalam membuka bisnis Anda untuk meningkatkan peluang pertumbuhan dan memperluas bisnis Anda. Selain itu, mendatangkan orang-orang baik yang ahli di bidangnya dapat membantu menginspirasi pekerjaan Anda dan membuat bisnis Anda lebih maju dan berkembang.

3. Jaga agar uang tetap mengalir

Pertumbuhan dapat membebani arus kas, dan itulah sebabnya banyak bisnis gagal saat mencoba untuk tumbuh. Penting untuk memastikan Anda memiliki arus kas yang kuat sebelum mencoba segala jenis ekspansi. Selama fase pertumbuhan Anda, pastikan untuk memperkirakan dan memantau arus kas dengan rajin. Melakukan pinjaman usaha kecil dapat membantu memastikan arus kas lancar ketika tantangan yang tak terhindarkan muncul dengan sendirinya.

Membuat penghasilan untuk bisnis Anda tetap mengalir dan menjadikan Anda memiliki penghasilan pasif dapat ditingkatkan mulai dari dalam diri Anda. Misalnya dengan mengikuti pelatihan bisnis secara spritual yang memanfaatkan energi keberlimpahan. Supaya nantinya bisnis Anda berkembang dan memiliki arus kas yang stabil serta terus meningkat.

4. Bergabunglah dengan mitra yang lebih besar

Bisnis kecil sering kali dapat memanfaatkan kemitraan dengan perusahaan yang lebih besar dan lebih mapan saat mereka siap untuk berkembang. Perusahaan besar memiliki jejak dan sumber daya untuk melakukan pertumbuhan dan pengembangan bisnis. Termasuk fasilitas manufaktur, saluran distribusi, dan rantai pasokan yang luar biasa hebat. Meskipun mungkin sulit untuk bernegosiasi dengan mitra yang lebih besar, banyak yang dapat terpikat oleh kesepakatan yang membayar biaya per penjualan.

5. Lakukan Diversifikasi

Jika Anda hanya fokus pada satu produk, pertumbuhan bisnis Anda sudah pasti sangat terbatas. Dengan mendiversifikasi lini produk Anda, Anda membuka aliran pendapatan baru yang dapat meningkatkan keuntungan untuk perusahaan Anda. Pastikan produk utama Anda berhasil dan terjual dengan baik sebelum Anda berkonsentrasi pada sesuatu yang baru, karena Anda tidak ingin menyebarkan sumber daya Anda terlalu kecil.

6. Mengatur merger atau akuisisi

Ketika bisnis Anda mulai melampaui pesaing, merger atau akuisisi bisa menjadi cara yang relatif cepat untuk mengembangkan perusahaan Anda. Saat bergabung dengan atau mengakuisisi pesaing atau bisnis pelengkap, Anda mendapatkan lokasi, produk, dan stafnya. Pinjaman bisnis atau jenis pembiayaan lain mungkin diperlukan untuk membayar jenis pertumbuhan ini, tetapi manfaat dari mengambil jenis cara ini dapat secara signifikan lebih besar daripada biayanya.

7. Bangun Jaringan Bisnis

Buat rantai jaringan bisnis Anda dan jangan pernah membatasi ruang lingkup Anda. Perkenalkan mitra Anda dengan kontak bisnis lain dan perluas jaringan Anda. Anda dapat memimpin jaringan bisnis Anda bahkan jika Anda adalah bisnis kecil. Jadi, jika Anda membangun jaringan bisnis, Anda akan menjadi orang yang memiliki lebih banyak koneksi dan relasi di tangan Anda.

Selain itu jaringan bisnis membantu bisnis kecil tumbuh dengan memperluas jangkauan bisnisnya sendiri. Manfaat potensial dari jaringan bisnis sangat besar. Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda harus gigih membuat kontak bisnis baru.

Selalu dibutuhkan proses untuk mengembangkan usaha kecil menjadi besar. Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas. Meskipun Anda tidak dapat merasakan pertumbuhannya dengan segera, Anda harus konsisten melakukannya selama beberapa waktu. Perlu upaya secara terus menerus. Begitu Anda berhasil membangun jaringan bisnis, Anda akan langsung melihat bisnis Anda berkembang. Di sisi lain, Anda perlu mengikuti perubahan yang sedang berlangsung sehingga Anda tidak kehilangan apa yang sudah Anda miliki.

 

Berbagai hambatan memang akan selalu ada dalam proses pengembangan usaha Anda. Akan tetapi Anda tidak boleh menyerah begitu saja. Jika cara mengembangkan usaha dagang di atas tidak cukup membantu bagi Anda. Maka Anda perlu melakukan loncatan energi dalam semua aspek hidup Anda. Sehingga level energi Anda meningkat, usaha Anda menjadi lancar, omset Anda juga meningkat seperti yang Anda harapkan. Saatnya Anda meningkatkan level energi Anda hanya dengan mengikuti pelatihan Quantum Bioenergi.


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang