Home » Artikel » Artikel Solusi » 9 Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan  & Sumber Masalah  untuk Menemukan Solusi

9 Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan  & Sumber Masalah  untuk Menemukan Solusi

  • by
Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan

BAGIKAN :

Masalah dan tantangan keuangan bisa terjadi pada semua orang di berbagai aspek. Dalam kondisi tersebut, seringkali stres serta kekhawatiran menghampiri Anda. Namun, memiliki kesadaran bahwa selalu ada jalan keluar, dapat membantu Anda agar tidak terlalu tertekan. Anda juga bisa lebih mudah menemukan cara mengatasi kesulitan keuangan dan sumber masalahnya, sehingga mudah menemukan solusi.

Anda mungkin bisa menemukan jalan keluarnya sendiri, atau Anda mungkin juga membutuhkan perspektif orang lain untuk membantu Anda menemukan solusi.

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa membantu Anda  bagaimana mengatasi kesulitan keuangan dan menemukan sumber masalah keuangan yang terjadi  serta meredakan stres Anda.

Tapi, mungkin tidak semua cara cocok untuk semua permasalahan keuangan Anda. Jika situasi Anda di luar cara yang disediakan di sini, Anda bisa tahu kepada siapa Anda dapat pergi untuk meminta bantuan yang lebih mendalam.

1. Identifikasi Masalah yang Mendasari & Menyebabkan Kesulitan Keuangan

Langkah pertama, untuk mengatasi masalah keuangan adalah dengan mengidentifikasi masalah mendasar yang menyebabkan kesulitan keuangan. Masalah keuangan biasanya merupakan gejala dari masalah yang lebih besar.

Untuk mendapatkan solusi yang berhasil dalam jangka panjang, luangkan waktu untuk mengidentifikasi sumber sebenarnya dari masalah keuangan Anda. Berikut beberapa hal umum untuk dipikirkan:

Sumber Masalah Keuangan

Alasan Mengapa Kesulitan Sering Terjadi Solusi
Pengangguran atau pendapatan lebih rendah dari biasanya Menggunakan kredit untuk biaya hidup pada ketika pendapatan berkurang Evaluasi ulang gaya hidup Anda, buat anggaran, dan ikuti. Jika bekerja, lihat apakah Anda bisa mendapatkan pekerjaan kedua atau lebih lembur
Penyakit atau kecelakaan yang tidak terduga Meningkatnya biaya pengobatan dan pendapatan rendah atau

berkurang bahkan tidak ada

Sederhanakan gaya hidup Anda. Dapatkan semua bantuan yang Anda bisa. Pastikan Anda mendapatkan semua yang Anda berhak: periksa provinsi Anda & hubungi lembaga yang dapat membantu
Pindah sendiri Terbiasa dengan standar hidup tinggi yang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk dicapai oleh orang tua Anda Sesuaikan ekspektasi dan belajar untuk hidup dengan apa yang Anda peroleh daripada yang biasa Anda lakukan; gunakan uang tunai, bukan kredit
Bayi pertama lahir Orang tua tidak menganggarkan biaya untuk peningkatan biaya dan penurunan pendapatan selama cuti melahirkan Sesuaikan anggaran dan gaya hidup Anda agar sesuai dengan pendapatan yang berkurang dan biaya yang meningkat.
Perceraian Punya rumah tetapi tidak mampu membayar biaya berkelanjutan hanya dengan satu pendapatan untuk melunasi sisa tagihan Jual rumah dan berhemat untuk sesuatu yang Anda mampu atau hasilkan pendapatan dengan rumah yang ada
Pensiun Anda sekarang kaya aset namun kekurangan uang.  Anda tidak lagi mampu untuk menjalani hidup plus membayar pemeliharaan rumah atas penghasilan Anda yang berkurang Jual rumah, pindah ke sesuatu yang Anda mampu, investasikan hasil ekstra dari penjualan, dan nikmati hidup lebih banyak
Keterikatan emosional pada sesuatu Anda tidak ingin berpisah dengan sesuatu yang tidak lagi mampu Anda beli: bisa berupa rumah, bisnis, kendaraan, atau mainan Singkirkan emosi dan lihat situasinya dari perspektif keuangan; bayangkan hidup 5 tahun dari sekarang & tagihan apa yang akan datang
Kecanduan Menghabiskan lebih dari yang Anda peroleh untuk mencoba memuaskan kecanduan Dapatkan bantuan dan konseling profesional untuk mengatasi kecanduan. Jika tidak, Anda tidak akan pernah bisa mengatasi masalah keuangan Anda

Masalah Anda mungkin tidak tercantum di atas atau mungkin lebih kompleks. Namun, konsep mengidentifikasi masalah tertentu penting karena lebih mungkin menghasilkan solusi yang tahan lama.

Seperti halnya dengan keran yang bocor; menempatkan ember di bawah ini bersifat sementara. Perbaiki keran dan kebocoran akan berhenti. Berfokuslah untuk memecahkan masalah yang menyebabkan masalah uang Anda, daripada terus memikirkan stres Anda karena belum menemukan cara mengatasi kesulitan keuangan Anda.

2. Buat Anggaran – Belanjakan Uang dengan Cara yang Membantu Memecahkan Masalah 

Salah satu senjata terbaik sebagai cara mengatasi kesulitan keuangan yang tak kalah penting adalah anggaran. Anggaran adalah rencana pengeluaran bulanan untuk uang Anda. Membuat anggaran seperti menyalakan lampu untuk menemukan jalan di sekitar ruangan gelap.

Anda tidak perlu lagi berkeliaran dalam kegelapan; membenturkan tulang kering Anda, tersandung furnitur, dan menginjak kucing. Sebaliknya, dengan lampu menyala, Anda dapat melihat apa yang sedang terjadi dan mencegah masalah sebelum terjadi.

Anggaran bekerja dengan cara yang hampir sama; itu memandu keputusan pengeluaran Anda sehingga Anda membelanjakan uang untuk hal-hal yang benar-benar penting bagi Anda. Dalam hal ini, Anda akan  membelanjakan uang Anda dengan cara yang membantu menyelesaikan masalah keuangan Anda.

3. Lacak Pengeluaran Anda untuk Membangun Anggaran yang Berhasil

Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan

Saat Anda membuat anggaran, penting bahwa pengeluaran Anda bukan hanya perkiraan tetapi juga harus mencerminkan kenyataan. Anda mungkin ingin melacak pengeluaran Anda.  Untuk setidaknya beberapa minggu (satu bulan yang terbaik) untuk obyektif melihat di mana Anda menghabiskan uang Anda dan berapa banyak Anda belanja.

Meskipun Anda mungkin berpikir Anda tahu ke mana perginya uang Anda, ketika kebanyakan orang menghitung semua pembelian mereka selama sebulan, mereka biasanya cukup terkejut melihat bahwa pengeluaran mereka tidak selalu sesuai dengan apa yang mereka pikirkan tentang prioritas mereka.

Setelah Anda yakin angka-angka dalam anggaran Anda realistis, Anda dapat melihat anggaran Anda secara kritis dan mencari area di mana Anda dapat menghemat uang. Anda pasti ingin bertanya pada diri sendiri hal-hal seperti: Apakah saya perlu makan sebanyak ini? Apakah saya perlu menghabiskan waktu untuk hiburan atau hobi bulan ini? Bisakah saya mengemas makan siang untuk bekerja daripada membelinya?

”Menanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini tidak berarti Anda pelit atau dibatasi oleh anggaran Anda. Artinya, Anda memiliki hal-hal yang lebih besar untuk diselesaikan atau dikhawatirkan, hal-hal yang dapat diselesaikan dengan membuat beberapa perubahan kecil.

4. Tentukan Prioritas Keuangan untuk Memandu Pilihan Pengeluaran Anda

Sebagai cara mengatasi kesulitan keuangan dan menyelesaikan kesulitan Anda untuk selamanya, Anda perlu menentukan apa prioritas Anda. Beberapa mungkin menjadi prioritas keuangan yang jelas, misalnya untuk melunasi kartu kredit Anda. Yang lain mungkin tujuan gaya hidup, berdasarkan nilai-nilai Anda, misalnya menabung untuk perbaikan rumah sehingga keluarga Anda memiliki tempat yang bagus untuk disebut rumah.

Menetapkan prioritas yang jelas untuk diri Anda sendiri membuatnya lebih mudah untuk membuat keputusan keuangan yang sulit. Mengubah prioritas (= apa yang penting bagi Anda) menjadi tujuan yang dapat ditindaklanjuti dan dapat dicapai (= apa yang Anda lakukan dengan uang Anda, alias pilihan pengeluaran) akan membantu Anda menyelesaikan masalah uang dan kembali ke jalur yang benar.

Sasaran pertama Anda mungkin adalah membuat anggaran untuk mengendalikan masalah tertentu. Misalnya, salah satu tujuan jangka pendek Anda mungkin untuk mengurangi pengeluaran Anda dan melunasi saldo kartu kredit terkecil Anda. Tujuan jangka menengah bisa jadi untuk melunasi hutang kartu kredit Anda.

5. Identifikasi Langkah-Langkah Kecil yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengatasi Masalah & Menemukan Solusi

Solusi dari masalah keuangan seringkali dengan mengurangi pengeluaran, menambah pendapatan, atau melakukan kombinasi keduanya. Ini mungkin bukan sesuatu yang ingin Anda lakukan, dan Anda tidak sendiri.

Kebanyakan orang tidak ingin mengubah gaya hidup mereka, tetapi dihadapkan pada pilihan masalah uang yang sedang berlangsung, atau membuat beberapa perubahan kecil untuk meredakan tekanan finansial – kebanyakan orang bermain untuk dicoba.

Perubahan besar selalu jauh lebih sulit daripada perubahan kecil, jadi untuk mencapai tujuan Anda, kenali langkah-langkah kecil yang dapat Anda ambil untuk mencapainya. Jika Anda terus mengalami masalah uang karena kekurangan Rp.750.000,- setiap bulan, mungkin salah satu tujuan jangka pendek pertama Anda adalah melunasi saldo kartu kredit kecil yang memerlukan pembayaran minimum Rp. 750.000,- setiap bulan.

Lihat disini untuk mendapatkan ide tentang dimana mendapatkan uang tambahan setiap bulan mendapatkan kartu lunas, dan kemudian secara permanen memiliki Rp. 750.000,- ekstra untuk digunakan dalam anggaran Anda setiap bulan.

Namun, jika pada saat Anda mencapai tujuan ini Anda telah belajar untuk bertahan tanpa  Rp. 750.000,-  ini, kemudian gunakan itu untuk mempercepat pembayaran hutang lain setiap bulan, dan mendapatkan semua hutang Anda lunas lebih cepat.

Sebenarnya ada nama untuk ini, yang disebut “efek bola salju” – mempertahankan pembayaran minimum untuk semua hutang tetapi menempatkan semua uang ekstra untuk satu hutang agar lunas lebih cepat.

Setelah satu utang itu lunas, Anda menaruh semua dana ekstra untuk menghilangkan utang berikutnya. Itu salah satu metode ampuh untuk melunasi hutang lebih cepat.

6. Carilah Hal-Hal yang Dapat Anda Lakukan, Meski Sifatnya Sementara, untuk Memperbaiki Situasi Anda

Berikut adalah beberapa ide atau langkah yang dapat Anda pertimbangkan untuk meningkatkan situasi keuangan Anda dan mengurangi kesulitan:

  • Saat Anda memeriksa anggaran Anda, tanyakan pada diri Anda: Apakah saya menginginkan ini atau saya membutuhkannya?
  • Apakah Anda menggunakan kartu kredit untuk pembelian impulsif? Ini dapat berkontribusi pada siklus kesulitan keuangan yang sedang berlangsung dan menambah sebanyak 50% untuk semua yang Anda beli.
  • Tanyakan pada diri Anda apakah Anda dapat mengurangi anggaran Anda atau beralih ke opsi yang lebih murah. Jika biaya kendaraan membebani anggaran Anda, dapatkah Anda mengurangi kendaraan Anda, singkirkan satu kendaraan (rata-rata orang menghabiskan lebih dari Rp. 135.000.000,- per tahun untuk memiliki dan mengoperasikan kendaraan), naik angkutan (80% lebih murah daripada memiliki kendaraan), atau mobil? Jika sewa, hipotek, atau pemeliharaan rumah Anda membuat Anda kering, dapatkah Anda berhemat ke sesuatu yang lebih terjangkau, menyewakan ruang bawah tanah Anda, menyewakan kamar di rumah Anda, menyewakan ruang penyimpanan di garasi Anda?
  • Jika hutang menyebabkan Anda mengalami masalah keuangan, berikut cara untuk mengurangi hutang Anda atau keluar dari hutang.
  1. Jual aset atau sesuatu untuk melunasi hutang
  2. Mengambil pekerjaan sampingan atau menciptakan sumber penghasilan lain dengan sesuatu yang Anda tahu cara melakukannya dengan baik?
  • Lihat di luar diri Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan sulit, undang teman tepercaya untuk melihat anggaran Anda dan membuat saran, atau konsultasikan pada konsultan keuangan untuk mendapat nasehat mereka.
  • Teliti opsi yang memungkinkan yang akan menggerakkan Anda menuju tujuan Anda. Mungkin memanfaatkan sebuah pinjaman konsolidasi, berbicara dengan penasehat kredit, programer pengelolaan utang,   atau beberapa pilihan lain yang mungkinkan.

Meskipun melakukan salah satu dari ini bisa menjadi pemikiran yang tidak menarik, jangan hanya mengabaikannya karena itu akan membuat Anda keluar dari zona nyaman Anda. Terus pikirkan mereka dan beri mereka pertimbangan.

Kembalilah ke ide-ide ini dari waktu ke waktu untuk melihat apakah Anda dapat menemukan sudut pandang baru untuk mengurangi pengeluaran atau meningkatkan penghasilan yang mungkin berhasil untuk Anda. Ingat, Anda mencoba untuk melewati masa-masa sulit; Anda tidak perlu melakukan ini selamanya, hanya untuk kembali ke jalur yang benar. Jika Anda benar-benar kesulitan, Penasehat Kredit yang berpengalaman bisa menjadi sumber saran gratis yang hebat.

7. Kembangkan Rencana Anda untuk Mengatasi Masalah Keuangan untuk Kebaikan

Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan

Setelah Anda mendapatkan beberapa ide untuk mulai menangani masalah dan kesulitan keuangan Anda, Anda dapat  menyusun rencana yang realistis untuk mencapai tujuan Anda. Beberapa tujuan akan memiliki jangka waktu beberapa bulan; yang lain membutuhkan waktu yang lebih lama, seperti 24 – 36 bulan.

Tuliskan tujuan Anda, tetapi juga tuliskan posisi Anda saat ini terkait dengan setiap tujuan. Misalnya, jika salah satu tujuan Anda adalah untuk melunasi hutang Rp 40.000.000,- pastikan untuk menuliskan saldo hutang saat ini dan tujuan masa depan Anda untuk membayarnya menjadi Rp.0,-.

Anda ingin memasukkan dalam rencana Anda jumlah uang yang akan Anda bayarkan untuk hutang ini setiap bulan, sehingga Anda dapat melunasinya dalam jangka waktu yang Anda inginkan.

Jika Anda benar-benar merasa kewalahan dan stres dengan situasi Anda, Anda juga dapat menghubungi   agen konseling kredit nirlaba untuk mendapatkan bantuan. Mereka memiliki Konselor Kredit & Utang yang terlatih secara profesional.

Yang dapat meninjau situasi Anda bersama Anda, membantu Anda menyusun anggaran yang realistis, dan membantu Anda membuat rencana untuk memecahkan tantangan Anda saat ini dan mengembalikan keuangan Anda ke jalur yang benar. Bantuan mereka biasanya gratis dan selalu dirahasiakan.

8. Tinjau Bagaimana Hal Ini Terjadi

Langkah terakhir terjadi setelah Anda beberapa bulan mengerjakan rencana Anda. Sekali-sekali, luangkan beberapa menit untuk meninjau bagaimana keadaannya. Apakah rencana Anda berhasil? Apakah Anda membuat kemajuan menuju tujuan Anda?

Jika tidak, Anda perlu melihat lebih dekat untuk mencari tahu mengapa tidak dan menyesuaikan rencana Anda. Rencana Anda harus realistis, atau tidak akan berhasil. Ini juga harus berisi beberapa hal yang tidak Anda lakukan sebelum Anda membuat rencana.

Jika Anda terus melakukan apa yang Anda lakukan sebelumnya, maka Anda akan terus mendapatkan hasil yang sama  seperti sebelumnya – masalah. Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

Saat Anda mengikuti rencana Anda dan melihat peningkatan dalam situasi Anda, terbukalah untuk kemungkinan menyempurnakan rencana tersebut. Begitu Anda mulai membuat beberapa kemajuan, Anda mungkin menemukan bahwa Anda melakukannya lebih baik dari yang Anda kira, atau Anda mungkin mendapatkan beberapa wawasan baru.

Memperbaiki rencana Anda sehingga Anda mencapai tujuan Anda lebih cepat adalah bagus selama anggaran Anda mampu untuk melakukan perubahan dan semua orang yang bergantung pada anggaran Anda setuju dengan pendekatan yang lebih agresif.

9. Mencegah Tantangan Keuangan Masa Depan

Tantangan keuangan yang tidak terduga pasti akan muncul di masa depan – pada kenyataannya, penelitian menunjukkan bahwa 6 dari 10 orang akan mengalami peristiwa besar dalam hidupnya yang akan menantang, rencana keuangan mereka sebelumnya.

Kunci untuk mengatasi tantangan ini adalah bersikap fleksibel. Tinjau anggaran Anda sesekali dan buat perubahan yang diperlukan.  Kumpulkan tabungan sehingga Anda dapat menangani pengeluaran yang tidak terduga tanpa harus berhutang dan menempatkan diri Anda dalam situasi yang sulit.

Mendapatkan cara mengatasi kesulitan keuangan tidaklah mudah, tetapi dengan menetapkan beberapa prioritas yang jelas untuk diri Anda sendiri, mengidentifikasi cara untuk mencapai tujuan ini, dan bertahan dengan rencana Anda, Anda dapat mengatasi tantangan dan pada saat yang sama, mengakhiri tekanan keuangan.

Langkah Anda Selanjutnya…

Dengan berbagai cara mengatasi kesulitan keuangan, seperti diatas, Anda bisa mengaplikasikan mana yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Secara logika untuk mengatasi masalah keuangan adalah menambah jumlah uang yang Anda miliki serta memperkecil uang yang keluar. dalam hal ini ketrampilan dalam pengelolaan keuangan akan sangat dibutuhkan.

Namun lebih dari itu adalah bagaimana Anda meningkatkan level energi Anda agar Anda bisa dengan mudah dan cepat menemukan ide untuk menambah uang Anda dan mengatur uang dengan efektif. Level energi Anda sangat berpengaruh pada kondisi keuangan Anda, karena melalui level energi yang tinggi Anda akan mudah terhubung dengan berbagai sumber rezeki dan keuangan, serta berbagai aspek hidup yang menjadi harapan Anda. Sebagai cara praktis dan efektif untuk meningkatkan level energi, bisa melalui sarana Kapsul Bioenergi.

Berbagai manfaat Kapsul Bioenergi untuk Anda silahkan klik>> Kapsul Bioenergi Solusiku

Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *