Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Karir & Bisnis » 9 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

9 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Meningkatkan Produktivitas Kerja - Bioenergi Center

Cara meningkatkan produktivitas kerja – Apakah Anda seorang pengusaha, pebisnis, atau pun top leader di sebuah departemen/perusahaan yang memimpin banyak karyawan? Dan, akhir – akhir ini Anda merasa produktivitas kerja karyawan Anda menurun? Tentu hal ini menjadi masalah tersendiri bagi Anda karena produktivitas kerja karyawan sangat berpengaruh pada kenaikan profit atau pun kemajuan dan perkembangan departemen atau perusahaan yang Anda pimpin.

Untuk itu, Anda perlu meningkatkan produktivitas kerja karyawan agar tujuan dan target departemen atau perusahaan dapat dicapai secara optimal. Berikut ini beberapa cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang perlu Anda lakukan untuk memacu prestasi dan kinerja karyawan dalam mencapai hasil kerja yang memuaskan.

9 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan :

1. Memberikan lingkungan kerja yang baik dan kondusif

Cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan dapat dilakukan dengan memberikan lingkungan kerja yang baik dan kondusif. Lingkungan kerja yang dimaksud adalah dengan memberikan fasilitas kerja yang memadai, menjaga suasana kerja yang nyaman, suhu ruangan yang sejuk, sirkulasi udara dalam ruangan yang sehat, memberikan keamanan dan keselamatan kerja.meningkatkan produktivitas kerja, memberikan-lingkungan-kerja-yang-baik-dan-kondusif

2. Memberikan pelatihan kerja yang cukup

Memberikan pelatihan atau training pada karyawan juga termasuk salah satu cara agar produktivitas kerja karyawan meningkat. Dengan pelatihan yang karyawan ikuti maka mereka akan mendapatkan tambahan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang dapat mendukung pekerjaan mereka. Dengan begitu, mereka akan bekerja menjadi lebih semangat, profesional, dan produktif.

Baca juga: 13 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

3. Memberikan peralatan dan perlengkapan kerja yang tepat dan lengkap

Janganlah bersikap pelit atau terlalu hemat dalam memberikan peralatan dan perlengkapan kerja pada karyawan. Hal ini juga menjadi cara meningkatkan produktivitas kerja. Berikan alat atau mesin yang dapat membantu pekerjaan karyawan sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih baik.

4. Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Memotivasi karyawan

meningkatkan produktivitas kerjaJika karyawan Anda merasa lesu atau pun kurang semangat dalam bekerja, tugas Anda sebagai pemimpin adalah memberikan motivasi kepada mereka dan berikan keyakinan bahwa mereka bisa mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi. Berikan kepercayaan pada diri karyawan dengan memberikan ruang gerak dan tantangan yang lebih besar dalam bekerja. Hal ini juga termasuk sebagai cara meningkatkan produktivitas kerja yang sangat efektif.

5. Tentukan target dan tujuan kerja mereka

Menentukan terget dan tujuan kerja juga menjadi salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja. Karyawan membutuhkan penjelasan mengenai target dan tujuan kerja agar mereka bekerja lebih fokus dalam menembus target. Anda sebagai pimpinan diharapkan tetap memberikan target dan tujuan yang realistis kepada karyawan.

6. Menjadi teman sekaligus sahabat bagi karyawan

Meski posisi Anda sebagai pimpinan, namun Anda perlu menjalin hubungan yang akrab dengan para karyawan. Anda bisa melakukan pertemuan singkat formal atau pun non-formal setiap minggu sekali untuk saling sharing. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui ide, rencana, hambatan, dan harapan kerja mereka. Dengan memposisikan diri sebagai teman sharing karyawan, maka karyawan akan memiliki pikiran lebih terbuka dan sehat.

Menjadi teman atau sahabat akan membuka kedekatan hubungan saling mengerti dan memahami atau empati. Dan perasaan empati yang positif akan melahirkan ketulusan dan kesungguhan dalam melakukan sesuatu. Apabila ini berlaku pada seorang karyawan kepada atasannya akan memudahkan menyampaikan ide, meningkatkan loyalitas dan produktivitas kerja.

7. Tidak sungkan untuk memberikan pujian

Memberikan pujian juga merupakan salah satu cara agar produktivitas kerja karyawan meningkat. Tak perlu muluk-muluk dan berlebihan, kalimat pujian sederhana pun mampu menjadikan karyawan lebih semangat dalam bekerja. Misal, “Terima kasih, Anda sudah melakukan pekerjaan yang sangat baik bagi perusahaan”.

8. Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Merayakan keberhasilan

Jika karyawan terlihat sukses dalam bekerja sehingga tembus target maka Anda bisa merayakan keberhasilan mereka dengan mengadakan acara rekreasi ataupun outbond dengan para karyawan. Selain menjalin keakraban antara Anda dengan karyawan, hal ini diyakini juga sebagai salah satu cara agar produktivitas kerja karyawan Anda meningkat.

Baca juga: Cara Memotivasi Karyawan Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja

9. Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan dengan Memberikan bonus penghasilan

Cara selanjutnya dapat dilakukan dengan memberikan bonus penghasilan sebagai hadiah atau reword atas keberhasilan karyawan Anda. Bonus ini perlu ditekankan sebagai bentuk apresiasi Anda dan perusahaan terhadap kinerja dan produktivitas karyawan dalam bekerja.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar produktivitas karyawan meningkat, perusahaan menjadi lebih baik dan terus berkembang.

Adakah cara berbeda untuk meningkatkan produktivitas karyawan?

Ada. Yaitu cara yang lebih efektif dan semua orang baik Anda pengusaha atau karyawan bisa merasakan langsung manfaatnya.

Sebagai tahap awal untuk meningkatkan produktivitas kerja, Anda bisa memberdayakan karyawan sesuai dengan keahliannya, mengembangkan skillnya tanpa mengurangi kenyamanan dalam melakukan pekerjaan. Produktivitas kerja karyawan juga bisa meningkat ketika mendapatkan apresiasi yang baik dari atasan, mendapatkan penghasilan yang baik dan merasa bahagia dengan pekerjaannya.

Kunci peningkatan produktivitas sesungguhnya ada dalam diri masing-masing, namun perlu penyadaran agar ia bisa mengembangkan potensi dirinya untuk lebih berkontribusi bagi perusahaan tempat ia bekerja. Selain itu setiap karyawan harus bisa melewati tantangan dan mampu menghadapi setiap masalah yang muncul. Jika masalah yang muncul itu bersumber dari dalam dirinya, artinya hambatan produktivitas ada dalam dirinya. Itu yang dinamakan energi negatif yang apabila dibiarkan begitu saja dan tidak dibersihkan akan terus menghalangi siapa pun dalam mewujudkan harapan keinginannya dalam hidup.

Proses pembersihan energi negatif ini sangat penting bagi semua orang baik pengusaha atau pun karyawan. Karena setelah proses pembersihan, energi akan mengalir lancar dan Anda akan mudah terhubung dengan kebaikan-kebaikan hidup. Berbagai ide kreatif mudah muncul, badan lebih sehat dan bugar, hati dan pikiran tenang, percaya diri meningkat, lebih fokus dan produktivitas kerja meningkat.

Jika Anda ingin melakukan pembersihan energi negatif dengan cara yang mudah, efektif dan memberikan hasil nyata untuk meningkatkan produktivitas kerja Segera ikuti pelatihan Bioenergi Cleansing. 

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja - Bioenergi Center

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang