Home » Artikel » Artikel Umum » Ramadhan » 9 Keistimewaan Bulan Ramadhan Yang Harus Anda Tahu

9 Keistimewaan Bulan Ramadhan Yang Harus Anda Tahu

Keistimewaan Bulan Ramadhan

BAGIKAN :

Keistimewaan bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang ditunggu-tunggu kedatangannya bagi umat Islam. Di bulan inilah umat muslim berlomba-lomba mencari pahala yang berlipatganda dari Allah dengan melakukan ibadah puasa dan menahan hawa nafsunya. Berbagai keistimewaan Bulan Ramadhan memberikan arti tersendiri bagi umat muslim untuk memanfaatkannya sebagai ajang meningkatkan kualitas diri,  ladang amal dan ibadah serta mendulang pahala. Sehingga kedatangan Bulan Suci ramadhan ini senantiasa disambut dengan suka cita dan sangat dirindukan kedatangannya.

Sebagai umat beriman hendaknya mengisi bulan Ramadhan dengan aski puasa seperti yang telah diperintahkan oleh Allah dalam firman-Nya, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa”. (QS. Al Baqarah 183). Dan, selain menjalankan ibadah puasa, hendaknya Anda juga memahami apa saja keistimewaan bulan Ramadhan agar Anda tidak menyia-nyaikan bulan ini tetapi mengisi bulan suci ini dengan penuh iman dan taqwa kepada Allah.

Marilah sama-sama kita memahami keistimewaan bulan ramadhan dan bagi yang sudah tahu Anda bisa mengingatnya kembali. Sehingga semakin memacu kualitas diri dalam meningkatkan ibadah di bulan suci ramadhan.

Baca Juga: 7 Persiapan dalam menyambut bulan suci Ramadhan

Berikut 9 Keistimewaan Bulan Ramadhan Yang Selalu Kita Rindukan

Keistimewaan Bulan Ramadhan

 

  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Ditutupnya pintu neraka

  • “Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.“ (HR. Bukhari dan Muslim)
  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Diampuninya dosa-dosa manusia oleh Allah

  • “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.“ (HR. Bukhari dan Muslim)
  • “Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni.“ (HR. Tirmidzi dan Ahmad).
  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Dilipatgandakannya pahala oleh Allah

  • “Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji.“ (HR. Bukhari dan Muslim)
  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Terdapat Malam Lailatul Qadr.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.“ ( Al Qadr : 1-5)

  • “Sesungguhnya bulan (Ramadhan) telah dating kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan“ (HR. Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry).
  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Bulan diturunkannya Alquran

Keistimawaan Bulan Ramadhan

  • “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).“ (Al Baqarah : 185)
  1. Keistimewaan bulan Ramadhan: Disunahkannya Sholat Tarawih

Pada bulan ini disunatkan shalat tarawih, yakni shalat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi, para sahabat dan Khulafaur Rasyidin. Sabda Nabi

“Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Menjadi bulan penuh ibadah dan amal kebaikan

  • “Barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.“ (HR. Bukhari dan Muslim).
  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Menjadi bulan penuh berkat, rahmat, dan terkabulnya doa-doa

  • “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah.“ (HR. An Nasai dan dishahihkan oleh Albani)
  • “Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab.“ (HR. Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani).
  1. Keistimewaan bulan Ramadhan : Dibelenggunya setan dan terbukanya pintu surga

  • “Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu – pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu.“ (HR. oleh Bukhari dan Muslim)
  1. Pada bulan ini disunatkan shalat tarawih, yakni shalat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi, para sahabat dan Khulafaur Rasyidin. Sabda Nabi

“Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

*******

Demikian beberapa keistimewaan bulan Ramadhan yang wajib Anda ketahui. Jika Anda ingin menjalankan ibadah puasa dengan lancar maka sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga hati dan pikiran  dengan baik. Anda bisa menerapkan pola hidup sehat berupa rutin mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, cukup istirahat, dan menjauhi stres. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi asupan suplemen kesehatan yang sudah terbukti membantu Anda dalam menjaga tubuh Anda agar tetap sehat, bugar, dan berstamina, yaitu salah satunya dengan mengonsumi Kapsul Bioenergi.

Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center mengandung energi bioelektromagnetik yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan stamina, kebugaran dan juga kesehatan. Kualitas energi tinggi yang ada dalam Kapsul Bioenergi juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan meningkatkan kerja sel otak yang bermanfaat juga dalam meningkatkan kreatifitas dan daya pikir. Juga membuat hati dan pikiran tenang sehingga membuat seseorang bisa lebih khusuk dalam ibadah, meningkatkan kualitas spiritual dan akan memberikan berbagai kebaikan dalam kehidupan lahir dan batinnya.

Baca juga: Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan bagi Kesehatan

 

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *