Home » Artikel » Artikel Umum » Mengatasi masalah » 9 Tips Menghilangkan Stres Untuk Gaya Hidup Sibuk

9 Tips Menghilangkan Stres Untuk Gaya Hidup Sibuk

Tips Menghilangkan Stres Bagi Orang Sibuk

BAGIKAN :

Menjalankan usaha/bisnis atau bekerja dan menjalankan rutinitas harian dengan ritme cepat dan mobilitas tinggi yang sibuk sangat rentan dengan kondisi stres. Alih-alih mencari tips menghilangkan stres, Anda justru akan semakin sibuk dan banyak hal yang harus diselesaikan.

Tidak jarang suasana seperti itu membuat Anda kelelahan atau tidak berdaya, mudah tersinggung, emosional dan tidak bahagia.

Berikut adalah 9 tips menghilangkan stres terbaik saat Anda merasa sangat sibuk.

1. Makan Sehat dan Olahraga

Anda mungkin terbiasa dengan hal ini seperti melompat dari tempat tidur, mandi kilat dan langsung bekerja, melewatkan makan, mengambil makanan cepat saji, dan mengabaikan olahraga ketika Anda menjalani gaya hidup yang sibuk. Tetapi memulai setiap hari dengan makanan sehat, air dan olahraga penting untuk sukses.

Jika Anda melakukan perjalanan jauh dengan mobil performa tinggi, apakah Anda akan mengisinya dengan jenis bahan bakar yang salah?

Tentu tidak, ini akan menyulitkan mesin – ingat tubuh Anda adalah mesin Anda, dan harus didahulukan.

Pertimbangkan ini…

Perhatikan saat-saat ketika Anda merasa stres atau depresi, Apakah Anda makan makanan olahan yang tidak sehat, makan terlalu banyak gula, minum terlalu banyak alkohol, tidak minum cukup air, dan menghindari olahraga setiap hari?

Perhatikan tubuh Anda, dan hindari tidak menghargai diri sendiri karena bekerja keras dengan makan yang buruk.

Saya memahami godaan yang ada, tetapi penting untuk tidak menyerah. Anda akan mengalami perasaan senang dan senang, belum lagi kejernihan mental yang lebih besar lebih sering jika Anda mematuhi aturan ini.

2. Melakukan Meditasi/Zikir

Dengan melakukan meditasi atau melakukan zikir, akan membuat hati lebih tenang.  Ini merupakan faktor kunci untuk menurunkan tingkat stres dan akan membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih. sehingga sangat efektif dijadikan cara menghilangkan stres melalui cara yang berbeda.

Idealnya, Anda bisa meluangkan waktu untuk zikir atau meditasi selama 30 menit hingga satu jam sehari diluar aktivitas ibadah rutin Anda. Dengan melakukan cara ini secara rutin akan berdampak besar di semua bidang kehidupan Anda, tetapi kebanyakan dari kita tidak punya banyak waktu untuk melakukannya.

Jadi mulailah dengan hanya meluangkan beberapa menit beberapa kali sehari untuk menjernihkan pikiran, bila perlu tambahkan dengan aktifitas yang menyenangkan, serta jangan lupa memperhatikan pernapasan Anda – menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan keluar melalui mulut, lepaskan semua pikiran atau perasaan negatif – cukup perhatikan dan lepaskan.

Hanya dengan tindakan sederhana ini, Anda akan melihat tubuh Anda tidak tertekan pada saat itu.

Anda juga dapat berjalan-jalan di luar dan bernapas di sekitar Anda, mendengarkan musik yang menenangkan atau visualisasi terpadu. Hal-hal kecil inilah yang menciptakan perbedaan besar dalam menikmati kesuksesan Anda.

3. Berlatih Perawatan Diri 

Ini adalah hal lain yang cenderung diabaikan oleh orang yang sibuk. Yaitu menyediakan waktu untuk diri sendiri dan tidur cukup sesuai yang Anda butuhkan untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda dalam kondisi terbaik.

Anda bekerja keras. Ingatlah untuk menghargai diri sendiri sesekali dan rayakan seberapa jauh Anda telah berhasil.

Lakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan mental, pergi jalan-jalan di akhir pekan, menonton pertunjukan, melakukan spa, atau apa pun yang perlu Anda lakukan untuk menikmati waktu sendiri, lakukanlah.

Melakukan perubahan ini dalam rutinitas Anda akan menghasilkan keajaiban bagi kesejahteraan batin Anda, tetapi itu perlu dijadwalkan seperti Anda menjadwalkan pertemuan atau perjalanan bisnis.

4. Bersihkan Kekacauan dan Kekurangan Anda

Tips Menghilangkan Stres Bagi Orang Sibuk

Luangkan waktu untuk membuat daftar semua hal yang belum selesai dalam hidup Anda. Hal-hal yang membangunkan Anda di malam hari atau Anda memikirkan diri sendiri di tengah hari, mengganggu Anda.

Mungkin itu percakapan yang perlu Anda lakukan, bahkan hal yang penting untuk dilakukan dan itu terus menggantung di kepala Anda, pintu kantor Anda yang berderit, pencahayaan di kantor Anda yang perlu diganti, laporan yang Anda janjikan untuk dikirim, apa pun itu – tuliskan.

Saya benar-benar memeriksa seluruh rumah dan kantor saya setiap tiga bulan dan membuat daftar kamar demi kamar dari barang-barang yang belum selesai di tata, tempat yang belum di rapikan, desain atau tata letak barang yang belum sesuai keinginan, seiring waktu menciptakan tingkat stres yang secara tidak sadar mulai kita toleransi.

Kemudian anda bisa melanjutkan membuat daftar yang sama dengan orang-orang dan hubungan yang tidak lengkap atau membutuhkan perhatian dalam hidup Anda.

Setelah Anda menuliskan semuanya di atas kertas dan keluar dari kepala Anda, maka Anda dapat memprioritaskan daftar Anda dan dalam urutan bagaimana Anda akan menangani penyebab stres itu.

Tujuannya agar Anda memiliki lingkungan fisik dan mental yang bersih, tenang, dan memiliki ruang untuk mendukung Anda.

Ini adalah sesuatu yang mudah ditunda tetapi sangat penting untuk ditangani, Anda akan segera merasakan manfaatnya, saya berjanji.

5. Bersyukurlah

Carilah sesuatu yang baik dalam setiap situasi, bahkan yang biasanya Anda anggap negatif.

Sangat mudah untuk kecewa dan marah pada orang lain ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda. Tetapi dengan menyadari bahwa kita semua dalam perjalanan ini bersama dan bahwa tidak ada di antara kita yang sempurna, memungkinkan Anda untuk menghargai perbedaan yang ada.

Terimalah apa adanya setiap kondisi dan syukuri setiap umpan balik, setiap upaya yang dilakukan, setiap kesempatan yang diberikan, dan bahkan setiap peluang yang terlewatkan.

Memiliki pandangan yang lebih positif tentang peristiwa besar dan kecil dalam hidup akan sangat mengurangi stres Anda.

6. Memiliki Tujuan Yang Ditetapkan Dengan Jelas

Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas, Anda memiliki arah yang jelas ke mana Anda akan menuju dalam hidup. Dan bagi profesional yang sibuk, memiliki tujuan hidup yang jelas berarti menjadi produktif dengan waktu Anda yang berharga.

Salah satu metode terbaik untuk menetapkan tujuan adalah menetapkan tujuan yang SMART.

Pastikan bahwa tujuan Anda Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Berbatas Waktu.

Semakin spesifik, semakin besar kemungkinan Anda untuk mencapainya, dan semakin mudah untuk membagi mereka.

Dengan tingkat kejelasan tersebut, mudah untuk memecah tujuan dan bertanya, “Apa yang sebenarnya dibutuhkan bagi saya untuk mencapai tujuan ini? Berapa jam yang dibutuhkan? ”

Setelah Anda mengidentifikasi hal-hal yang paling penting untuk dicapai terlebih dahulu, jadwalkan aktivitas tersebut, dan sisihkan sisanya untuk nanti.

Tujuan yang Jelas Memudahkan Mengatakan Tidak untuk sesuatu yang membuat Anda stres

Ketika Anda ambisius, sulit untuk mengatakan tidak pada peluang, tetapi untuk menjaga agar tidak merasa kewalahan dan agar berhasil mencapai tujuan Anda, Anda harus pandai mengatakan tidak pada aktivitas, permintaan, dan waktu lain tercuri yang tidak mendapat bayaran tinggi, ingat aturan 80/20.

Dikatakan bahwa 80% produktivitas berasal dari 20% upaya. Kunci untuk menjadi lebih efisien adalah dengan fokus pada 20% yang membuat kita semakin dekat dengan tujuan kita. Sehingga membuat pikiran lebih tertata dan mengurangi tingkat stres.

7. Gunakan Afirmasi Sebagai Tips Menghilangkan Stres dari Dalam

Afirmasi adalah pernyataan positif yang sederhana yang menjelaskan tujuan spesifik dalam keadaan sadar dan mudah terselesaikannya.

Contohnya adalah:

“Saya sangat senang dan bersyukur karena sekarang saya berhasil menyelesaikan acara pelatihan.”

Meskipun terdengar agak mendasar, mantra yang memberdayakan ini memiliki efek yang sangat besar pada pikiran sadar dan tidak sadar.

Beberapa stres Anda mungkin berasal dari keyakinan dan energi yang membatasi. Afirmasi positif akan membantu Anda mengganti,  “Saya tidak bisa” dengan “Saya bisa”,  dan ketakutan serta keraguan Anda dengan keyakinan dan kepastian. Ketika tidak ada dalam pikiran Anda untuk menghentikan apa yang Anda lakukan atau pikirkan, tidak ada yang perlu ditekankan.

8 . Fokus Pada yang Positif dalam Setiap Situasi

Ini tidak mudah pada awalnya, tetapi bisa menjadi kebiasaan yang mengalirkan energi positif begitu dilakukan seiring waktu. Belajar untuk melihat “kerugian atau apa yang biasa di sebut sebagai pelajaran” sebagai peluang untuk tumbuh serta memungkinkan Anda untuk menjaga getaran energi Anda tetap tinggi.

Ketika Anda memiliki pola pikir pertumbuhan dan pembelajaran, stres Anda akan berkurang, dan hal ini memungkinkan lebih banyak energi untuk fokus pada apa yang Anda pelajari dan apa yang dapat Anda lakukan dengan informasi baru ini, yang mengarah pada lebih banyak peluang.

9. Ingatlah untuk Mendelegasikan

Ingatlah selalu Anda tidak sendirian dalam hal ini.

Banyak orang sukses tumbuh menjadi besar dan semakin berkembang karena ada tim yang mendukungnya.

Orang yang berprestasi tinggi memiliki tim yang kuat yang terdiri dari anggota staf utama, konsultan, vendor, dan pembantu yang membantu mengelola proyek dan menangani tugas sehari-hari.

Tidak ada salahnya mencari bantuan atau membiarkan orang lain yang ahli dalam suatu hal untuk mengurus pekerjaan.

Ini akan menjadi penggunaan terbaik waktu Anda dan memungkinkan Anda melakukan lebih banyak pekerjaan yang Anda sukai dan menjadi lebih produktif. Dan tidak hanya melegakan karena memiliki tugas yang diambil dari Anda, tetapi juga bermanfaat melihat tim yang peduli tentang Anda dan tujuan Anda.

Dari 9 tips menghilangkan stres sebagaimana diatas, manakan yang sudah Anda praktekkan? Dan bagaimana hasilnya, perubahan apa yang Anda rasakan?

Jika Anda sudah mempraktekkan beberapa/ bahkan semua tips menghilangkan stres diatas, namun Anda masih saja tertekan dengan kesibukan Anda dan tetap mudah stres karena hati dan pikiran tidak bisa tenang dan sering dipenuhi berbagai kekacauan, masalah dan hal-hal yang negatif, maka sebaiknya lakukan cara yang berbeda dengan pendekatan energi dan metode spiritual.

Langkah Anda Selanjutnya…

Untuk mendapatkan cara berbeda dengan pendekatan energi dan metode spiritual dalam menghilangkan stres, Anda bisa menggunakan sarana Kapsul Bioenergi.

Dengan Kapsul Bioenergi Anda tidak hanya akan mendapatkan tips menghilangkan stres, namun juga bagaimana membersihkan berbagai energi negatif penyebab kekacauan energi dalam diri Anda yang dapat mengganggu pikiran dan menjadi pemicu stres. Sehingga energi menjadi bersih dan seimbang, hati dan pikiran lebih tenang, bahkan dapat meningkatkan level energi Anda.

Dengan peningkatan level energi Anda akan lebih mampu mengendalikan hati dan pikiran, lebih sehat, potensi diri lebih berkembang, masalah cepat teratasi, lebih bahagia dan mudah terhubung dengan berbagai aspek hidup yang menjadi harapan Anda.

Berbagai manfaat Kapsul Bioenergi untuk Anda, silahkan klik>>Kapsul Bioenergi Solusiku

Tips Menghilangkan Stres

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :