Home » Artikel » Artikel Umum » Cermati Hal Ini Agar Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Lebih Efektif!

Cermati Hal Ini Agar Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Lebih Efektif!

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

BAGIKAN :

Ingin Tahu Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Efektif? Cermati Hal-Hal berikut ini!

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja menjadi selogan umum dan kampenye utama banyak perusahaan. Bahkan banyak lembaga dan perusahaan besar yang menjadikannnya sasaran Utama. Banyak pula perusahaan yang secara kusus mengadakan pelatihan kerja bagi karyawannya dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja. Atau yang kemudian mengirim karyawannya mengikuti seminar atau workshop dan pelatihan peningkatan kualitas SDM agar produktivitas kerja Meningkat.

Tak ayal hal ini menjadi perhatian publik dan sekaligus mengundang tanda tanya besar dari kalangan pengusaha dan top manajement perusahaan serta kalangan penyedia tenaga kerja termasuk lembaga pelatihan dan pengembangan SDM.

Mencuatnya berbagai kasus berkaitan dengan ketenagakerjaan, termasuk kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) siap kerja di era milenial ini menjadi topik hangat yang menarik di simak. Penggunaan teknologi dalam dunia kerja yang kemudian secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada SDM ikut mewarnai kasus ini. Belum lagi perkembangan dunia industri kreatif, maraknya penggunaan sarana dan aplikasi digital dalam dunia kerja.

Kualitas lulusan sekolah dan perguruan tinggi sebagai SDM siap kerja yang ternyata kurang pas dengan kebutuhan lapangan kerja yang ada. Semua menjadi isu penting yang bermuara pada satu pertanyaan bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja agar SDM yang ada efektif dan penambahan SDM juga selaras dengan tujuan dunia usaha.

Berbagai latar belakang yang ada seperti hal-hal penuh warna yang berkaitan dengan isu tenaga kerja dan produktivitas kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah perubahan kemajuan jaman yang semakin maju. Termasuk apa yang dinamakan digitalisasi, globalisasi dan aplikasi online dalam dunia usaha dan dunia kerja memberi pengaruh luar biasa.

Namun apapun faktor yang berpengaruh, cara meningkatkan produktivitas kerja yang efektif sangat ditentukan kualitas SDM itu sendiri. Hal-hal berikut berkaitan dengan produktivitas kerja ini sangat perlu Anda cermati agar tujuan perusahaan ataupun sasaran usaha Anda dapat tercapai.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja ternyata Terpengaruh Hal-Hal Berikut !

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

1. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Produktivitas kerja dari SDM perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan (skill) dan kemauan kerja serta tanggung jawab SDM itu sendiri. Kesadaran untuk selalu Up date kemampuan diri agar bisa mengikuti arus jaman sangat penting. Apalagi di era globalisasi ini dimana peralatan kerja sudah beralih ke digitalisasi menuntut siapapun yang ingin eksis dalam pekerjanya tidak boleh buta teknologi .

Karena itu kualitas sumberdaya manusia dalam dunia kerja harus terus diperbaiki. Salah satu caranya adalah dengan kemauan belajar yang kuat agar bisa senantiasa bisa menyerap ilmu baru, skill baru dan bisa bersaing dengan perubahan.

2. Penggunaan Teknologi dan Digitalisasi dalam dunia Kerja

Digitalisasi yang saat ini marak digunakan di dunia kerja secara otomatids mengefektifkan waktu dan juga mempersingkan jalur proses dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun hal ini biasanya memerlukan penyesuaian pada tahap awal. Artinya setiap perubahan yang terjadi dalam sebagai proses peningkatan produktifitas perlu memperhatihan aspek yang menyertainya.

Penyesuaian atau adaptasi terhadp metode baru sepertiu digitalisasi secara efektif mampu meningkatkan efisiensi biaya dan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun antisipasi menghadapi perubahan dan pergeseran metode ini juga harus dicermati. Hal ini secara otomatis memunculkan sensitifitas bagi SDM yang perannya tergantikan oleh program tersebut. Oleh karena itu perubahan kecil yang tercadi yang memang dilakukan sebagai cara meningkatkan produktifitas kerja harus disertai strategi yang tepat.

Untuk mengantisipasi berbagai masalah akibat pergeseran metode pengelola bisnis harus mempersiapkan diri dengan hal lain yang menyertai perubahan itu. Ibarat ketika orang melakukan hal untuk mencapai harapan besar, harus mempersiapkan wadah besar. Sehingga hasil yang besar bida diterima dengan baik, terkelola dan terkontol dengan rapi.  Dengan demikian perubahan yang terjadi akan memberikan kenyamanan dan justru bisa memacu kreatifitas untuk meningkatkan produktivitas.

3. Budaya Kerja yang Produktif

Budaya kerja produktif sangat erat kaitannya dengan sikap disiplin, kehadiran, dan penggunaan waktu yang efektif dalam melakukan pekerjaan. Orang yang produktif mampu memanfaatkan waktu yang ada untuk menghasilkan karya dan hasil kerja yang baik. Sebaliknya mereka yang tidak bisa efektif dalam menggunakan waktu termasuk yang banyak bicara sedikit kerja telah menciptakanbudaya kerja negatif.

Perlu motivasi dan pembinaan bagi orang-orang yang tidak produktif. Salah satu caranya dengan memberikan pelatihan manajement waktu dan kemampuan bekerja sama dalam team. Hal ini penting karena apa yang dilakukan pekerja satu sama lain meski bidang pekerjaannya berbeda saling mempengaruhi. Sementara hal yang negatif akan lebih mudah di contoh dan dilakukan, karena lebih menyenangkan. Untuk mengantisipasi menurunnya produktivitas kerja akibat budaya kerja negatif terkait waktu,maka menyamakan misi demi tujuan bersama sangatlah penting.

Budaya kerja produktif juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan kebugaran SDM di dalamnya. Baik langsung atau tidak langsung kesehatan berpengaruh pada produktifitas kerja. Sehingga olahraga rutin dan rekreasi yang tejadwal perlu dilakukan sehingga pikiran fres dan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Baca juga: 13 Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

4. Keberadaan Sosial Media

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Maraknya penggunaan sosial media dalam meningkatkan kinerja marketing dalam perusahaan menuntut penggunaan media sosial di kenal oleh karyawan. Namun penggunaan media sosial dalam pekerjaan sebaiknya bisa di kontrol dengan baik agar tetap terkendali dan berimplikasi positif.

Kesalahan dalam penggunaan media sosial yang tidak sesuai dengan bidang kerja hanya akan membuang waktu dan menyita jam kerja produktif bagi karyawan. Dan ada kalanya bisa mengganggu konsentrasi dan fokus dalam melakukan pekerjaan. Apalagi bagi mereka yang bekerja dengan target, gangguan kecil akibat penggunaan sosial media secara tidak langsung mempengaruhi hasil kerja. Konsentrasi terbagi, waktu kerja jadi tidak efektif, dan bukannya meningkatkan produktivitas justru bisa mengurangi produktifitas kerja.

5. Suasana di tempat Kerja

Anda yang inngin tahu Cara meningkatkan produktifitas Kerja yang efektif harus mampu menyelami suasana di tempat kerja. Kondisinyaman bagi Anda belum tentu dirasa nyaman bagi orang lain. Hal ini terkait erat dengan tugas dan tanggung jawabmasing-masing serta cara setiap orang dalam menyelesaiakan apa yang menjadi tugasnya.

Dalam hal ini peran seorang pimpinan perusahaan atau lembaga/organisasi sangat penting. Suasanan di tempat kerja adalah sesuatu yang bisa dirasakandalam hati yang menyangkut beban, tanggungjawab, rasa puas dan kepercayaan. Dimana dalam setiap lingkungan kerja akanselalu ada persaingan dibalik kerjasama, ada yang mencari kesalahan dibalik prestasi yang dicapai, dan sejenisnya. Oleh karena itu setiap pemimpin harus mampu menerapkan manajement konflik yang bagus. Yang membuat kompetisi menjadi sarana untuk lomba berprestasi  penuh sportifitas yang harmoni.

6. Hubungan Kerja Berpengaruh pada Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Dalam sebuah lingkup pekerjaan akan selalu ada atasan dan bawahan yang menjalin hubungan kerja sebagai sebuah ikatan kerjasama. Kebersamaan itu tetap harus terjaga dalam kapasitas masing-masing namun harus ada hubungan yang erat. Hubungan erat itu tidak berarti atasan dan bawahan harus menjadi teman atau saudara dalam “tanda kutip”. Yaitu hubungan kedekatan secara khusus, namun hubungan itu yang terpenting atas dasar saling membutuhkan, saling menghargai, dan saling mensuport satu sama lain dengan batasan kepentingan pekerjaan.

7. Pendapatan, Kompensasi, insentif dan Bonus

Motivasi kerja pada setiap orang berbeda-beda secara tersirat dan tersurat. Namunpada kenyataannya setiap orang yang bekerja ingin mendapatkan penghasilan. Dan itu menjadi motivasi utama dan hal yang sangat mempengaruhi produktivitas kerja. Mengapa? Karena pendapatan (gaji) dari sebuah aktivitas kerja yang dilakukan, termasuk kompensasi, insentif dan bonus adalah daya tarik tersendiri.

Meski dalam sebuahpekerjaan terbalut niat ibadah, mengembangkan kemampuan, menerapkan ilmu, memberi manfaat, tetap terselip harapan akan penghasilan. Apapun bentuk dan bahasa yang dipakai untuk mengistilahkan itu, pendapatan dari pekerjaan sanagt berpengaruh pada cara meningkatkan produktivitas kerja seseorang. Pendapatan adalah pengungkit, pecut dan pemicu yang menentukan setiap orang mennjalankan caranya.

Meski kadang uang atau pendapatan atau gaji bukan segalanya namun ada nilai penting disematkan dalam hasil yang didapat dari pekerjaan. Masalah pendapatan dari pekerjaan adalah sesuatu yang sensitif dan besar pengaruhnya terhadap produktivitas kerja seseorang, olehkarena itu setiap orang yang bekerja dan terlibat dalam pekerjaan harus cerdasmensikapi hal ini.

Ketujuh hal diatas merupakan hal-hal yang sangat penting Anda perhatikan agar cara meningkatkan produktivitas kerja yang Anda terapkan menjadi lebih efektif. Karena walau bagaimanapun, disadari atau tidak, dalam sebuah lembaga atau perusahaan produktivitas kerja karyawan akan sangat menentukan kelangsungan usaha.

Untuk itu manajemen Sumberdaya Manusia yang diterapkan juga harus lebih enfektif. Mampu merangkul semua komponen dan memberi win-win solustion pada hubungan kemitraan yang ada dalam dunia kerja. Baik bagi karyawan, pengusaha ataui pemilik bisnis, atasan dan bawahan , sehingga tercipta iklim kerja yang kondusif yang memicu daya kreativitas, inovasi baru dan pengembangan dari waktu kewaktu.

*******

Sebagai cara meningkatkan produktivitas kerja yang efektif selain mengelola SDM dalam lingkup kerja itu juga perlu peningkatan potensi dan kualitas energi dari tenaga kerja yang ada. Peningkatan kualitas energi selain memacu produktivitas kerja juga memberikan kesadaran diri bagi setiap orang untukmelakukan yang terbaik dalam kehidupannya. Untuk mendapatkan cara peningkatan kualitas diri sekaligus kualitas energi baik bagi karyawan, atasan, pebisnis, pengusaha dan top menejement perusahaan bisa dengan mengikuti pelatihan di Bioenergi Center.

Perusahaan yang ingin mendapatkan cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan secara efektif bisa mengikutkan karyawan dalam pelatihan Corporate. Yaitu bisa mendatangkan Mentor dari Bioenergi Training & Consulting Center. Namun apabila hanya ingin mengikutkan perwakitan seperti top manajement, atau manager SDM-nya atau karyawan yang ditunjuk agar kelak bisa menularkan ilmu dan semangatnya untuk peningkatan produktivitas kerja bisa mengikuti program pelatihan secara langsung di Bioenergi Center Yogyakarta. Baik melalui program pelatihan Reguler seperti Pelatihan Zona Kaya, atau melalui  GIM-Bioenergi maupun melalui program privat seperti Program Quantum Bioenergi.

Untuk mendapatkan penjelasan, termasuk untuk konsultasi dan informasi serta pendaftaran bisa menghubungi Customer Service Bioenergi Center. Atau Anda yang ingin informasi secara lebih mendalam tentang cara meningkatkan produktivitas kerja kepada mentor dan konsultan solusi Bp. Syaiful Maghsri bisa konsultasi langsung dengan beliau.

*******

Agar Anda tidak perlu menunggu dan mengantri sebaiknya Anda menentukan waktunya dan minta dijadwalkan secara khusus dengan menghubungi HP/WA : 0853 2727 1999 (Ibu Enni),0878 3903 8000 (Ibu Evi) , 0274 – 412446 (Office).


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :