Home » Artikel » Artikel Umum » Kesuksesan » Bagaimana Cara Memotivasi Diri Anda Untuk Sukses dalam Hidup?

Bagaimana Cara Memotivasi Diri Anda Untuk Sukses dalam Hidup?

  • by
Cara Memotivasi Diri

BAGIKAN :

Segala sesuatu yang kita lakukan dalam hidup ini membutuhkan motivasi. Tanpanya, kita tidak akan bisa mencapai apapun. Lantas bagaimana cara memotivasi diri agar bisa meraih kesuksesan dalam apapun yang kita jalankan? Sementara itu kondisi mood setiap orang dan semangat setiap orang selalu ada pasang surutnya.

Menurut penelitian Dr. Anders Ericsson, motivasi adalah prediktor kesuksesan yang paling signifikan. Karena begitu berpengaruhnya motivasi bagi kesuksesan hidup seseorang, orang yang termotivasi akan bertekad untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka.

Mereka yang sudah paham cara memotivasi diri memiliki mindset yang terus berkembang, dan keinginan mereka untuk sukses mengalahkan setiap tantangan yang menghalangi mereka.

Keputusan kecil yang Anda buat setiap hari itulah yang paling penting dalam hidup. Sejak Anda bangun, pastikan Anda melakukan tindakan yang selaras dengan diri Anda yang lebih tinggi. Dalam kata-kata Jim Rohn, “Sukses tidak lebih dari beberapa disiplin sederhana, yang dipraktikkan setiap hari.”

Apakah Anda siap untuk membawa motivasi Anda ke tingkat berikutnya dan menjadi semua yang Anda cita-citakan?

Cara Memotivasi Diri

Orang-orang yang termotivasi secara internal (yaitu memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri) ditarik, bukannya didorong ke arah pengalaman baru yang menantang mereka untuk belajar dan tumbuh. Mereka didorong oleh apa yang membuat mereka merasa hidup di dalamnya, terlepas dari apakah ada imbalan untuk melakukannya atau tidak.

Sebaliknya, orang yang termotivasi secara eksternal didorong oleh penghargaan eksternal, seperti uang atau pujian. Nilai minus dari motivasi ekstrinsik adalah menghilangkan semua motivasi diri dan kreativitas, terlepas dari tugas atau usia.

Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, motivasi internal adalah strategi yang lebih berkelanjutan untuk kesuksesan jangka panjang dalam hidup.

Motivasi adalah ‘mengapa’ Anda; dan itu merupakan kekuatan pendorong yang menentukan arah yang akan diambil dalam hidup Anda. Setiap orang perlu memiliki tujuan di balik apa yang mereka lakukan.

Jika Anda memiliki ‘mengapa’ yang cukup kuat, bagaimana akan mengurus dirinya sendiri, dan kesuksesan akan menjadi milik Anda untuk diambil. Intinya, motivasi ditemukan ketika tujuan hidup memanifestasikan dirinya.

Ambil langkah-langkah kecil setiap hari menuju kemajuan dan pencapaian tujuan Anda, dan jangan lupa untuk percaya pada diri sendiri. Apakah Anda siap untuk menemukan cara memotivasi diri Anda sendiri agar sukses dalam hidup? Yakinlah dunia sedang menunggu Anda…

Berikut adalah cara memotivasi diri yang bisa Anda praktekkan untuk sukses dalam hidup.

1. Baca Buku Motivasi.

Ambil sebuah buku dan baca; terutama buku inspirasi atau buku kisah sukses. Dengan membaca buku-buku ini, Anda tidak hanya belajar dari orang lain tetapi ceritanya akan memotivasi Anda untuk melanjutkan rencana Anda. Itu juga membuat Anda memfokuskan kembali energi Anda pada tujuan Anda daripada memfokuskan energi Anda pada masalah yang ada.

2. Pikirkan Tujuan Apa Yang Anda Lakukan.

Jika Anda tidak merasa termotivasi, pikirkan mengapa Anda ingin mencapai apa yang Anda inginkan. Itulah tujuan melakukan apa yang Anda lakukan. Tujuan Anda bisa jadi untuk meningkatkan kehidupan orang lain, atau membantu orang melakukan sesuatu dengan lebih efisien, atau membantu orang menghasilkan lebih banyak uang. Memikirkan tujuan Anda adalah cara penting untuk memotivasi diri sendiri.

3. Bicara Dengan Teman Yang Mendukung.

Berbicara dengan teman yang suportif akan dapat mengatasi masalah kurangnya motivasi. Anda juga dapat berbicara dengan mitra bisnis Anda mengenai hal ini. Sebisa mungkin temukan seseorang yang membuat Anda nyaman dan bagikan masalah Anda dengannya.

Setelah berbagi masalah Anda, Anda akan merasa ulang dan mendapat tambahan energi kembali.

4. Dengarkan Audio/Lihat Vidio Motivasi.

Jika Anda tidak suka membaca, dapatkan cd Audio atau vidio motivasi dan dengarkan serta lihatlah. Isi vidio atau audio itu dapat memotivasi Anda dan membantu Anda melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda dan dari sudut pandang yang positif.

Selain itu, Anda juga dapat membuka dan menelusuri daftar kutipan motivasi dari orang-orang terkenal.

5. Melalui Tujuan Anda Setiap Hari.

Siapkan daftar tujuan yang ingin Anda capai. Tuliskan di selembar kertas. Anda harus mencapai tujuan Anda setidaknya sekali setiap hari. Anda perlu melakukan ini lebih banyak lagi jika Anda merasa sedih dan kehilangan motivasi.

Dengan melakukan ini, Anda menyegarkan pikiran dengan tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri dan menghindari gangguan lain.

6. Melakukan Sesuatu

Cara Memotivasi Diri

Cara lain untuk mencegah masalah motivasi adalah mengotori tangan Anda dan memulai dengan apa yang perlu Anda lakukan. Terkadang Anda merasa tidak ingin melakukan apa yang ingin Anda lakukan.

Tetapi dengan ‘memaksa’ diri sendiri untuk melakukannya, Anda mungkin akan mendapatkan momentum sedikit demi sedikit dan tanpa Anda sadari, Anda sebenarnya telah menyelesaikan tugas yang ada.

Apa pun yang terjadi, mulailah dengan apa yang perlu Anda lakukan, suka atau tidak.

7. Mengikuti Seminar Atau Pelatihan

Cara memotivasi diri yang ke -7 ini sangat efektif bagi Anda yang mungkin kurang telaten dalam membaca buku, mendengarkan audio atau vidiomotivasi, meski Anda sebenarnya sudah memiliki tujuan yang ingin di capai.

Bagi kebanyakan orang alasan mengapa Anda harus melakukan ini dan itu untuk sebuah kesuksesan, sangat mudah lebur oleh pengaruh negatif dari lingkungan.

Apalagi Apabila Anda tidak mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda, maka cara memotivasi diri dengan mengikuti seminar atau pelatihan akan sangat berguna.

Anda juga bisa memiliki kerangka berpikir komperhensif mengenai tujuan hidup Anda dan bisa terbantu oleh komunitas positif yang Anda dapatkandari pelatihan/seminar yang Anda ikuti.

Kita semua berusaha untuk mendapatkan lebih banyak motivasi, tetapi sayangnya banyak orang gagal karena ketidak konsistenan mereka. Mereka terjebak dalam perangkap untuk berfokus pada keterbatasan, ketakutan, dan alasan mengapa mereka tidak dapat melakukan sesuatu. Akibatnya, mereka hanya membuat sedikit kemajuan menuju tujuan mereka.

Dalam hal ini keyakinan Anda dapat memperkuat atau melemahkan motivasi Anda. Itu semua tergantung pada pola pikir Anda. Mereka yang memiliki mindset tetap percaya bahwa jika mereka gagal mencapai tujuan mereka, itu berarti mereka tidak cukup baik dan mau memperbaikinya, akan memiliki peluang sukses meski terlambat.

Di sisi lain, mereka yang memiliki mindset berkembang memandang kegagalan sebagai komponen pertumbuhan dan perkembangan pribadi yang alami dan sehat. Ketika Anda berfokus pada apa yang baik, Anda akan menarik hal-hal baik ke dalam hidup Anda. Ketika Anda menguasai pikiran Anda banyak hal yang bisa Anda dapatkan. Begitulah cara memotivasi diri sendiri untuk sukses dalam hidup.

_______________________

Langkah Anda selanjutnya…

Jika Anda ingin mendapatkan cara memotivasi diri yang lebih efektif, memilikiki kehidupan yang berkualitas, lebih sehat, sukses, berkelimpahan,… sekaligus mampu mengatasi berbagai masalah hidup dan mewujudkan harapan dengan mudah dan cepat ikuti Program Pelatihan Bioenergi Abundance dari Bioenergi Center.

Berbagai manfaat Pelatihan Bioenergi Abundance, silahkan klik>> Cara Agar Uang, Kebahagiaan, dan Kelimpahan Mengalir dalam Hidup Anda.

Cara Memotivasi Diri

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :