Home » Artikel » Artikel Umum » Mengatasi masalah » Apa Penyebab Utama Depresi? dan Bagaimana Cara Mengatasi Depresi?

Apa Penyebab Utama Depresi? dan Bagaimana Cara Mengatasi Depresi?

Cara Menghilangkan Depresi

BAGIKAN :

Bagaimana Cara Mengatasi Depresi?

Cara Menghilangkan DepresiDerpresi seringkali menjadi masalah berat bagi sebagaian  orang. Ketika Kecenderungan Depresi terjadi akibat kegagalan, rasa kecewa, sakit hati atau kesedihan yang mendalam. Bisa juga dialami mereka yang dihadapkan pada berbagai masalah hidup yang berat dan menyita pemikiran serta mengakibatkan tekanan.

Banyak sebab yang bisa memicu dpresi pada seseorang. Namun kebanyakan depresi akibat ketidak mampuan mengelola diri sehingga pemikiran menjadi sempit, tertekan dan frustasi. Bahkan pada orang -orang dengan gejala depresi akut pesimisme hidup sangat mempengaruhi terjadinya depresi. Sehingga mengakibatkan hilangnya harapan dan kesulitan menemukan cara bangkit dari depresi tersebut.

Dalam hal ini orang-orang yang ada disekitarnya harus menunjukkan kepedulian dan membantu menemukan cara mengatasi depresi yang dialami anggota keluarga atau orang yang dicintainya. Tanpa kepedulian orang terdekat apalagi depresinya telah berlangsung lama maka akan menyulitkan dalam menemukan solusi. Begitupun juga orang yang telah mengalami penyakit depresi akan kesulitan mengatasi depresi berkepanjangan yang dialaminya.

Adapun diantara penyebab utama utama depresi adalah sebagai berikut:

  • Kurang Berpikir Positif

Cara Mengatasi Depresi

Ketika seseorang mengalami depresi, mereka merasa bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Hal ini akan terjadi berulang kali dan akan semakin memperburuk keadaan. Dalam kondisi semacam ini, orang tersebut melihat lebih banyak hal buruk terhadap sesuatu secara sadar maupun tidak sadar. labih parahnya lagi mereka selalu memfokuskan perhatian mereka pada masalah dan mengabaikan keberhasilan serta kesuksesan yang mereka raih.

Bagi seseorang yang berpikiran negatif dan memiliki kecenderungan depresi, segala hal yang terjadi merupakan cermin dari permasalahan dan kemunduran. Perubahan dalam diri seseorang atau perubahan lingkungan, yang merupakan perubahan wajar, dalam pikiran seseorang yang depresi merupakan bukti bahwa sesuatu yang buruk terjadi karena mereka.

Tak heran jika pikiran negatif mereka justru bisa mengakibatkan mereka selalu menyalahkan diri sendiri dan cenderung pesimis dalam hidup. Sebagai solusinya Anda harus bisa mengupah pola pikir negatif menjadi positif. Dan selanjutnya pupuklah pikiran positif itu agar mampu menumbuhkan rasa sukur dan meningkatkan motivasi hidup.

Kurangnya Rasa Percaya Diri

Orang-orang yang depresi tidak memiliki rasa percaya diri dan mereka selalu menganggap semua yang terjadi sebagai kegagalan mereka. Bahkan kesalahan sekecil apapun mereka anggap sebagai masalah besar. Dan mereka membuat hal-hal tersebut menguras perhatian mereka jauh lebih besar dari orang pada umumnya.

Sebagai solusinya alihkan perhatian dan gerakkan pikiran untuk mengubah pandangan. Ambil hikmah dari peristiwa hidup yang Anda alami, meski itu sesuatu yang menyakitkan atau mengecewakan. Melalui hikmah itu Anda bisa melihat kejadian dalam kehidupan termasuk masalah hidup dari sisi yang berbeda. Sehingga Anda bisa menemukan kebaikan – kebaikan didalamnya. Dengan hikmah yang Anda dapatkan akan meningkatkan rasa syukur dan menambah kebercayaan diri bahwa Anda tidak sendiri, Anda sang maha penolong yang akan memberikan jalan keluar dari masalah hidup yang Anda alami.

Lebih Memperhatikan Kesalahan

Dalam kehidupan, kita pasti sering melakukan kesalahan. Beberapa orang bahkan cenderung membuat lebih banyak kesalahan yang kemudian menimbulkan masalah. termasuk menimbulkan kegagalan, kerugian dan kehilangan. Orang yang menderita depresi lebih memfokuskan diri pada jumlah kesalahan yang mereka buat. Sebagai hasilnya, mereka menciptakan kesan negatif mengenai kesalahan.

Solusinya jadikanlah kesalahan itu sebagai ajang mawas diri, ajang bertafakur sehingga Anda bisa menemukan hikmah. Dengan mengalihkan pikiran akan kesalahan yang Anda buat ke tujuan yang sesungguhnya maka akan meningkatkan produktivitas Anda. Anda juga bisa melihat banyak hal yang sesungguhnya bisa ANda syukuru dan menjadikan Anda bisa lebih kuat dalam menjalani hidup dan mampu menemukan cara mengatasi depresi dengan cepat.

Merasa Tertekan karena Berbagai Kewajiban Dalam Hidup

Cara Mengatasi Depresi

Dalam situasi ini, orang-orang selalu berpikir apa yang seharusnya mereka lakukan dan tidak seharusnya mereka lakukan. Hasilnya, di penghujung hari mereka terbebani oleh sejumlah komitmen. Orang-orang dengan pola pikir semacam ini mengkonsentrasikan pikiran mereka pada kepahitan dan frustrasi. Dan bahanya mereka cenderung mempengaruhi perilaku orang-orang di sekitar mereka.

Sebagai solusinya agar terlepas dari tekanan hidup dan beban kewajiban, jalani segala sesuatu dengan keiklasan. Dasari juga segala aktivitas yang Anda lakukan dengan niat ibadah. Maka dengan cara seperti itu Anda akan lebih ringan dalam menjalankan kewajiban dan tidak menjadi depresi. Suatu yang dilakukan dengan niat ibadah kalaupun hasilnya tidak sesuai target minimal dengan melakukan segala sesuatu dengan baik ada pahala yang diperoleh.

Cara Mengatasi Depresi dengan menghilangkan perasaan Lemah

Permasalahan bagi orang yang mengalami depresi adalah mereka merasa tidak ada satu hal pun yang bisa memuaskan mereka. Bahkan ketika mereka menyadari mereka bisa memperbaiki mood mereka, mereka tidak melakukannya. mereka cenderung melabelinya dirinya negatif, kalah, pesimis dan susah. Nasihat yang mereka peroleh dari teman-teman dan keluarga dianggap tidak perlu dan tak berguna. Satu hal yang paling mereka rasakan adalah ketidakmampuan mereka untuk berharap, atau terinspirasi oleh sesuatu dan memperhatikannya.

Mereka menyadari seperti apa diri mereka dalam keadaan normal namun mereka tidak menyukainya. Selain itu mereka menyadari apa yang seharusnya mereka lakukan namun mereka tidak mampu melakukannya. Menyadari apa yang orang lain inginkan dari mereka, namun mereka tak mampu memberikannya. Lebih buruk lagi mereka tidak berharap pada suatu waktu keadaan akan membaik.

Merasa kehilangan harapan dan harapan perlahan hilang dari diri mereka. Pada titik ini, depresi tidak membiarkan mereka merasakan kebahagiaan dan optimisme. Solusinya adalah melakukan konsultasi kepada konsultan yang tepat. Dalam hal ini Anda bisa melakukan konsultasi dengan konsultan solusi seperti bapak Syaiful M. Maghsri.

*******

Bagi Anda yang ingin konsultasi secara langsung dengan Bapak Syaiful Maghsri sebagai Konsultan Solusi Masalah, anda bisa datang langsung ke Bioenergi Center Jl. Veteran No. 153 Yogyakarta.

Agar Anda tidak perlu menunggu dan mengantri sebaiknya Anda menentukan waktunya dan minta dijadwalkan secara khusus dengan menghubungi HP/WA : 0853 2727 1999 (Ibu Enni),0878 3903 8000 (Ibu Evi) , 0274 – 412446 (Office)

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :