Home » Artikel » Artikel Solusi » Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keuangan dan Mengelola Finansial Anda?

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keuangan dan Mengelola Finansial Anda?

Mengatasi Masalah Keuangan

BAGIKAN :

Masalah keuangan pasti akan selalu ada, terutama ketika dalam kondisi ketidakpastian ekonomi seperti saat ini. Masalah keuangan yang terjadi tidak jauh dari urusan keuangan umum, seperti biaya kebutuhan sehari-hari, biaya kuliah anak, bayar cicilan bank, dan berbagai masalah keuangan lainnya yang dapat membuat stres, tertekan, hati tidak tenang dan bahkan sulit tidur. Dalam hal ini, membuat rencana untuk mencoba mengelola kebutuhan dan mengatasi masalah keuangan tersebut dapat membantu meringankan sebagian stres yang Anda rasakan.

Berikut adalah beberapa saran yang dapat mengubah pandangan Anda sehingga mengurangi tekanan Anda dalam persoalan keuangan:

 

  • Identifikasi prioritas utama

Tuliskan tiga masalah keuangan yang paling Anda rasakan sehingga Anda tahu apa yang Anda hadapi. Baik itu melakukan pembayaran tagihan bulanan Anda, mengurangi hutang kartu kredit, atau menabung untuk masa pensiun.

Hal ini penting Anda ketahui, agar Anda sadar dan fokus pada sumber utama kecemasan finansial. Dengan membuat daftar singkat dapat membantu Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan terkait urusan finansial Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Keuangan Paling Umum yang Dihadapi Setiap Keluarga

 

  • Cobalah untuk tetap positif

Mengatasi Masalah Keuangan

Pola pikir Anda dapat membantu Anda tetap termotivasi untuk memperbaiki masalah keuangan Anda. Dari pada terjebak oleh pikiran tidak mampu membayar hutang, lebih baik mulai berpikir bahwa Anda mampu membayar beban hutang Anda sehingga dapat menekan stress yang Anda rasakan.

 

  • Jadilah Realistis

Tentukanlah tujuan anda secara visioner dan mulai menerapkannya secara konsisten. Buatlah diri Anda sebuah perjanjian:

Setiap bulan saya akan menghabiskan lebih sedikit dan menempatkan prioritas pada mencicil bayar hutang saya sehingga saldo saya menurun.”

Sama halnya seperti diet ketat atau rutinitas olah raga baru yang inten yang menyebabkan kelelahan, Anda pastinya tidak ingin menetapkan tujuan keuangan yang terlalu ambisius yang akan berumur jangka pendek.

Jadi lebih baik mulai membayar hutang Anda, walupun sedikit demi sedikit yang nantinya akan semakin berkurang hutang yang ada. Hal yang terpenting adalah jangan mengajukan hutang lagi untuk hal hal yang tidak mendesak.

Baca juga: Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Bebas Hutang & Lebih Bahagia

 

  • Manfaatkan sepenuhnya penghasilan Anda

Kesadaran bahwa Anda tidak punya cukup uang untuk membiayai tujuan Anda yang tidak mendesak, dapat membuat menyesatkan Anda dari masalah tersebut. Cobalah untuk fokus dalam menggunakan pendapatan yang Anda miliki dengan bijak.

 

  • Langkah kecil adalah kuncinya

Mengatasi Masalah Keuangan

Anda mungkin tidak dapat memotong satu pengeluaran sebesar sepuluh ribu rupiah. Tetapi mungkin Anda dapat mengidentifikasi lima pengeluaran bulanan yang bisa Anda kurangi sebesar seratus ribu rupiah.

Mengelola anggaran memang tidak selalu mudah, dan mungkin ada hari-hari ketika tekad Anda terputus-putus. Jika itu terjadi, maka ingatkan diri Anda sendiri berapa banyak yang harus Anda dapatkan untuk mencapai tujuan Anda.

Kemudian, periksa pola pengeluaran Anda untuk melihat anggaran yang melebihi dari apa yang telah ditentukan. Anda mungkin perlu memodifikasi anggaran atau perilaku Anda; jika Anda tidak bisa pergi ke mall atau mengunjungi toko online tanpa membeli sesuatu, berhentilah mengunjungi mall atau toko online tersebut

.

  • Jaga diri Anda tetap jujur

Setiap tugas berat menjadi lebih mudah dengan dukungan teman dan keluarga. Jadi ceritakan dan bagikan tujuan Anda dalam mengelola uang agar terbebas dari masalah keuangan yang ada. Tidak ada yang lebih baik dari meminta dukungan dan pertanggungjawaban Anda dan mengingatkan Anda apa yang Anda korbankan selain orang yang Anda cintai, percayai, dan hormati.

 


 

Mengatasi masalah keuangan tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Semua membutuhkan cara, pemikiran, ide, kreatifitas, tindakan nyata dan juga doa. Lebih dari itu, kualitas energi Anda akan sangat berpengaruh dalam mengelola keuangan. Dalam hal ini, kualitas energi Anda memegang peran yang sangat penting dalam mengatasi masalah keuangan yang Anda alami. Kualitas energi yang tinggi akan memudahkan dalam mengatasi masalah keuangan Anda dan keluarga Anda serta meningkatkan kualtas hidup Anda.

Hanya saja untuk memiliki energi yang tinggi harus ada hal yang dilakukan. Diantara cara yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas energi adalah dengan mengikuti pelatihan seperti pelatihan Zona Kaya yang diselenggarakan oleh Bioenergi Center. Karena dalam program pelatihan Bioenergi, Anda akan mendapatkan Bioenergi Brain Adjustment yang sangat bermanfaat sebagai proses spiritual untuk membersihkan diri dari energi negatif penghambat aspek kehidupan sekaligus peningkatan kualitas energi.

Lebih lengkapnya tentang berbagai manfaat Pelatihan Zona Kaya silakan klik: ⇓ ⇓ ⇓

Mengatasi Masalah Keuangan

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *