Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Masalah Keluarga / Rumah Tangga » Bagaimana Hubungan Yang Harmonis Penting Untuk Perkembangan Anak

Bagaimana Hubungan Yang Harmonis Penting Untuk Perkembangan Anak

Hubungan orang tua dengan anak-anak membentuk cara mereka melihat dunia dan mempengaruhi semua bidang  perkembangan mereka . Melalui hubungan dengan orang tua, anggota keluarga dan pengasuh lainnya, anak-anak belajar tentang dunia mereka.

Itu karena sebuah hubungan harmonis membiarkan anak-anak mengekspresikan diri mereka – tangisan, tawa, pertanyaan – dan mendapatkan sesuatu kembali – pelukan, senyuman, jawaban.

Apa yang anak-anak ‘dapatkan kembali’ memberi mereka informasi yang sangat penting tentang seperti apa dunia itu dan bagaimana bertindak di dunia – bagaimana berpikir, memahami, berkomunikasi, berperilaku, menunjukkan emosi, dan mengembangkan keterampilan sosial.

Misalnya, ketika bayi Anda mengoceh dan Anda merespons dengan cara yang hangat, penuh kasih, dan lembut, Anda membantu bayi Anda belajar tentang komunikasi, perilaku, dan emosi.

Saat Anda merespons, Anda juga membuat anak Anda merasa aman dan terlindungi, dan membangun hubungan yang kuat di antara Anda berdua. Dan ketika anak Anda merasa aman dan terikat dengan Anda, anak Anda cenderung memiliki kepercayaan diri untuk menjelajahi dunia mereka.

Menjelajahi dunia memberi anak Anda pengalaman baru. Anak Anda membutuhkan stimulasi dari pengalaman ini untuk belajar bagaimana berpikir, berkomunikasi, bereaksi dan bersosialisasi. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki anak Anda dengan Anda di sana untuk mendukung mereka, semakin banyak anak Anda tumbuh dan berkembang.

Pengaruh Hubungan Dan Perkembangan Anak

Bukan hanya hubungan antara Anda dan anak Anda yang membentuk perkembangan. Ini juga hubungan Anda dengan orang lain.

Cara Anda berperilaku dan berkomunikasi dengan orang lain – misalnya, pasangan, anggota keluarga, teman, dan wali Anda – menunjukkan kepada anak Anda bagaimana bersikap dan berperilaku dengan orang lain.

Ini juga menunjukkan kepada anak Anda bagaimana orang lain akan berperilaku sebagai balasannya. Jika anak Anda melihat hubungan yang baik dan saling menghormati di sekitar mereka, anak Anda belajar untuk bersikap baik dan menghormati orang lain.

Mengapa bermain itu penting untuk perkembangan dan hubungan

Pada tahun-tahun awal, cara utama anak Anda untuk belajar dan berkembang adalah melalui bermain.

Bermain adalah hal yang menyenangkan bagi anak Anda. Ini juga memberi anak Anda kesempatan untuk mengeksplorasi, mengamati, bereksperimen, memecahkan masalah, dan terkadang membuat kesalahan.

Hubungan Anda membantu anak Anda mendapatkan hasil maksimal dari permainan. Itu karena dorongan Anda memberi anak Anda kepercayaan diri untuk mengeksplorasi, bereksperimen, dan membuat kesalahan. Banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain, berbicara, mendengarkan, dan berinteraksi dengan Anda juga membantu anak Anda mempelajari keterampilan hidup utama, seperti berkomunikasi, berpikir, memecahkan masalah, bergerak, dan bergaul dengan anak-anak lain dan orang dewasa.

Dan ketika Anda bermain dengan anak Anda, itu membangun hubungan Anda. Menghabiskan waktu bermain bersama mengirimkan pesan sederhana kepada anak Anda – Anda penting bagi saya. Pesan ini membantu anak Anda belajar tentang siapa mereka dan di mana mereka cocok di dunia.

Bermain dan hubungan dalam aksi

Permainan ciluk ba sederhana adalah contoh yang bagus tentang bagaimana hubungan, bermain, dan waktu bersama membantu semua bidang perkembangan anak.

Saat Anda bermain ciluk ba dengan bayi Anda, Anda menyembunyikan wajah Anda di balik tangan dan keluar lagi. Bayi Anda mungkin menjangkau Anda, cekikikan dan tersenyum. Bayi Anda berkata, ‘Teruslah bermain – ini menyenangkan!’ Anda terus berjalan, dan bayi Anda bahagia. Tapi setelah beberapa saat, bayi Anda mungkin akan berpaling. Itulah cara bayi Anda mengatakan, ‘Cukup bermain untuk saat ini’. Anda tahu sudah waktunya untuk istirahat.

Contoh ciluk ba ini menunjukkan bahwa bayi Anda ingin bermain dengan Anda, yang berarti bayi Anda lekat dengan Anda. Dan keterikatan adalah tanda perkembangan sosial dan emosional yang sehat.

Juga, ketika bayi Anda menjerit dan menjangkau Anda untuk mengatakan, ‘Ayo bermain!’, ini menunjukkan bayi Anda mengembangkan bahasa dan ketrampilan motorik kasar. Dan ketika Anda merespons, itu mendorong bayi Anda untuk terus berkomunikasi dengan Anda.

Cilukba membantu pemikiran bayi Anda juga. Bayi Anda belajar tentang apa yang terjadi selanjutnya ketika Anda menghilang dan kemudian muncul kembali.

Dan ketika Anda menanggapi isyarat bayi Anda untuk lebih banyak bermain atau istirahat, bayi Anda mengerti bahwa mereka dapat mempercayai Anda. Ini membantu bayi Anda merasa aman, dicintai, dan aman.

Hubungan harmonis bermanfaat bagi kehidupan

Interaksi yang hangat dan penuh kasih antara Anda dan anak Anda mengembangkan kepercayaan diri, ketahanan, dan komunikasi anak Anda. Anak Anda membutuhkan keterampilan ini di kemudian hari untuk mengatasi masalah, mengatasi stres dan membentuk hubungan yang sehat dengan orang lain di masa remaja dan dewasa.

Keterikatan dan hubungan yang kuat di awal kehidupan juga berarti anak Anda lebih mungkin memiliki kesehatan mental yang lebih baik dan lebih sedikit masalah perilaku di kemudian hari.

Dengan membangun hubungan yang hangat, positif, dan responsif dengan anak Anda sekarang, Anda membantu membentuk anak Anda menjadi dewasa dan memberi anak Anda landasan yang kuat untuk masadepannya.

Jika Anda ingin mengetahui secara lebih mendalam bagaimana sebuah hubungan yang harmonis dalam keluarga atau rumah tangga memberikan pengaruh bagi perkembangan anak, dan bagaimana agar energi Anda dan pasangan selaras sehingga rumah tangga lebih bahagia, dapatkan caranya dalam pelatihan Bioenergi Parenting Power.

Hubungan Yang Harmonis - Bioenergi Center

Artikel menarik lainnya:

 

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang