Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Masalah Hutang » Cara Melunasi Hutang Anda Dalam 7 Langkah

Cara Melunasi Hutang Anda Dalam 7 Langkah

Cara Melunasi Hutang - Bioenergi Center

Jika saat ini Anda memiliki hutang, Anda tidak sendirian. Otak kita tampaknya hampir dirancang untuk membuat kita berutang. Sekitar 50% orang dengan kartu kredit tidak melunasinya setiap bulan, yang berarti jutaan orang membayar suku bunga tinggi atas utang mereka. Dan jika Anda telah mengambil pinjaman untuk melewati COVID-19, Anda bukan satu-satunya yang memiliki hutang. Yang terpenting Anda tahu cara melunasi hutang Anda dengan langkah yang tepat.

Di sisi lain, jika lebih banyak uang dari biasanya telah menumpuk di rekening tabungan/ giro Anda karena Anda belum melakukan aktivitas di tengah pandemi, maka ini mungkin waktu yang tepat untuk mulai menangani masalah hutang Anda tersebut. Anda bisa mengelola saldo Anda atau mengelola hutang lainnya yang produktif di tahun ini.

“Hal terpenting yang perlu Anda lakukan ketika Anda memiliki banyak utang adalah memaafkan diri sendiri,” kata kolumnis dan penulis Washington Post Michelle Singletary, “karena Anda harus mengambil langkah itu terlebih dahulu sehingga Anda meletakkan dasar untuk sukses.”

7 Cara Melunasi Hutang dengan Langkah Yang Tepat

Berikut adalah tujuh langkah yang bisa Anda praktekkan untuk keluar dari hutang.

1. Berhentilah membelanjakan uang secara sembarangan dan buatlah rencana.

Terlalu menggoda untuk menghabiskan uang saat ini jika Anda tidak memiliki rencana sebelumnya. Menetapkan tujuan keuangan — apakah Anda ingin menabung untuk pembelian, atau hanya mendapatkan dari minggu ke minggu — dapat membantu Anda merasa memiliki sesuatu untuk dikerjakan.

Anda benar-benar membutuhkan rencana keuangan dan pengaturan keuangan yang baik. Lebih dari itu Anda harus punya sumber aliran uang atau aktivitas yang bisa mendatangkan uang untuk Anda Kelola. Jika Anda tidak memiliki rencana, Anda juga tidak pasti dengan sumber keuangan Anda, sangat memungkinkan Anda menemui kegagalan dalam keuangan.

Alih-alih menemukan cara melunasi hutang Anda dengan tepat, Anda malah bisa terjerumus dalam lingkaran hutang yang apabila tidak memiliki rencana dan pengelolaan keuangan yang baik.

2. Pilih rencana dengan jeli dan bijak

Dengan metode sederhana, buatlah daftar hutang Anda mulai dari yang memiliki tingkat bunga tertinggi dari atas kebawah dan bayar yang pertama, sesuai dengan pembayaran bulanan minimum sementara yang lain pada waktu yang sama.

Anda akan jauh lebih baik jika mau menggunakan perspektif ekonomi dengan membayar utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Karena pada dasarnya Anda akan memiliki lebih sedikit total utang yang harus dilunasi dari waktu ke waktu.

Anda juga bisa memilih rencana yang berbeda dalam melunasi hutang. Bisa dengan membuat daftar hutang terlebih dahulu dan kebalikan dengan cara melunasi hutang sebelumnya, urutkan dari yang nominalnya kecil.

Tidak bisa dipungkiri, dengan membuat daftar hutang apalagi yang banyak pos hutangnya akan menambah beban pikiran. Dengan membuat prioritas melunasi hutang yang kecil terlebih dahulu, dan mengangsur hutang lainnya dengan jumlah yang biasa, akan mengurangi jumlah pos hutang Anda. Ini akan membuat pikiran Anda lebih mengerucut pada jumlah pos yang lebih sedikit dan lebih bisa mengurangi beban pikiran.

Ketika Anda memiliki kemajuan dalam penghasilan, jangan berpikir tentang kesenangan fisik dahulu, namun segera, alokasikan kemajuan Anda untuk mengurangi hutang. Dengan menyingkirkan beberapa hutang, itu memberi Anda energi untuk mewujudkan harapan Anda yang tertunda karena hutang yang banyak. Kemenangan kecil itu membantu Anda membangun momentum, seperti bola salju yang menggelinding menuruni lereng gunung.

3. Buat anggaran dan potong pengeluaran.

Anda bisa menghabiskan lebih sedikit, atau Anda bisa mendapatkan lebih banyak tergantung pada apa yang Anda usahakan.

Selama pandemi COVID-19, menghasilkan lebih banyak bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang, jadi menghabiskan lebih sedikit mungkin adalah cara yang tepat. Sebagai tindak lanjutnya Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Tinggalkan kartu kredit di rumah — penelitian mendukung gagasan bahwa orang akan menghabiskan lebih sedikit ketika mereka menggunakan uang tunai.
  • Gunakan metode amplop — masukkan jumlah uang tunai yang dianggarkan ke dalam amplop yang ditentukan untuk membatasi pembelian yang bisa di tunda atau di substitusi.
  • Jangan hanya fokus untuk menyelesaikan hutang pada hal-hal kecil — kejarlah barang-barang berbiaya besar, seperti sewa atau hipotek Anda. Periksa kembali situasi hidup Anda — dapatkah Anda tinggal bersama orang tua atau teman sekamar?

4. Cobalah “berbelanja dengan cepat” — Anda akan mulai melunasi hutang Anda dan juga belajar banyak.

Cara melunasi hutang dalam langkah ini adalah dengan menggunakan cara pengurangan drastis dalam pengeluaran. Mungkin ini bisa melelahkan tetapi efektif, dan itu membawa manfaat tambahan. Pada saat puasa berakhir dan Anda telah melunasi hutang yang besar, Anda akan tahu apa yang benar-benar dapat Anda jalani tanpanya.

Jadi, Anda mulai hanya menambahkan kembali hal-hal yang penting bagi Anda saja.

5. Jangan ganggu pengembalian pajak Anda — gunakan untuk membayar hutang.

Tahan keinginan untuk menghabiskan rejeki tak terduga, tidak peduli seberapa kecil. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang cenderung lebih suka mengambil pinjaman untuk membeli mobil tepat setelah mereka menerima bonus – dan orang-orang itu lebih cenderung gagal bayar dalam kondisi biasa.

Mengalokasikan penghasilan tak terduga yang tidak tepat justru hanya akan menambah hutang dan menambah kesulitan Anda dalam menemukan cara melunasi hutang yang efektif.

6. Berhati-hatilah terhadap konsolidasi utang.

Jika Anda menghapus kartu kredit Anda dengan mengkonsolidasikan utang Anda, kecenderungan manusia adalah melihat kartu kredit menunggu untuk diisi kembali.

Selain itu, sementara konsolidasi dapat menurunkan minat Anda secara keseluruhan, percaya bahwa suku bunga kartu kredit yang sangat tinggi memberikan motivasi untuk melunasi hutang secepat mungkin.

7. Dapatkan bantuan pribadi dari seseorang yang dapat Anda percayai.

Sebagai langkah cerdas dalam menemukan cara melunasi hutang, segera konsultasikan masalah hutang Anda kepada konsultan finansial yang tepat. Jika hutang Anda adalah untuk bisnis, atau hutang untuk usaha, maka Anda juga bisa berkonsultasi dengan mentor bisnis yang terpercaya.

Dengan berkonsultasi pada seorang mentor bisnis, maka Anda tidak hanya mendapatkan cara melunasi hutang yang efektif, namun juga mendapatkan solusi bisnis serta bagaimana mengelola keuangan Anda dengan lebih tertata.

Segera dapatkan cara melunasi hutang dengan langkah yang tepat, yang membuat Anda bebas hutang, bisa menata kehidupan dengan lebih baik, mampu membuat perubahan dan bertindak cerdas dalam mewujudkan harapan dalam hidup Anda.

Langkah Anda selanjutnya konsultasikan masalah hutang, bisnis, atau masalah kehidupan Anda kepada konsultan solusi Bapak Syaiful M. Maghsri dan dapatkan solusi agar uang, kelimpahan, Kesehatan, cinta dan kebahagiaan mengalir dalam hidup Anda dengan mengikuti pelatihan Bioenergi Abundance.

Cara Mengatasi Masalah Hutang- Bioenergi Center

Artikel menarik lainnya:


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.