Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Masalah Hutang » Ingin Lepas dari lilitan Hutang? Praktrekkan Cara Melunasi Hutang Ini!

Ingin Lepas dari lilitan Hutang? Praktrekkan Cara Melunasi Hutang Ini!

Cara Melunasi Hutang

BAGIKAN :

Hutang menjadi masalah sebagaian besar manusia jaman now. Hampir setiap orang punya hutang dan bahkan tidak sedikit mereka yang hidupnya selalu terlilit hutang. Banyak hal yang menyebabkan orang kemudian dengan entengnya berhutang. Ada yang karena untuk mengikuti gaya hidup yang ternyata tidak sesuai kondisi keuangannya, ada yang untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti untuk biaya pendidikan anak, untuk pengobatan, modal usaha dan sejenisnya. Namun ada juga yang berhutang untuk mengatasi masalah usahanya karena. gagal dalam usaha atau bisnis. Apapun hal yang melatarbelakangi hutang Anda, Hutang harus segera dilunasi. Untuk itu Anda harus mendapatkan cara melunasi hutang yang mudah dipraktekkan dan benar-benar mengatasi masalah hutang Anda.

Dalam banyak kasus orang yang memiliki hutang dan kesulitan dalam mengatasi masalah hutang, akan cenderung punya banyak masalah. Entah itu yang aktivitas bisnis atau pekerjaannya terganggu, rumah tangga jadi tidak harmonis, mengalami gangguan kesehatan bahkan stres.

Masalah yang paling cenderung mudah terjadi dan dialami orang banyak hutang adalah gangguan psikologis dan mental, karena tekanan hutang tersebut. Hal ini juga bisa mengakibatkan hidup jadi tidak tenang, selalu resah dan gelisah, cemas, selalu kawatir, ketakutan dan sejenisnya. Berbagai bentuk kecemasannya itu karena takut tidak bisa membayar angsuran tepat waktu, takut pendapatannya tidak cukup, takut ditagih debt colektor, takut malu, dan berbagai ketakutan lainnya. Semua perasaan negatif itu akan selalu menghatui apabila Anda tidak segera menemukan cara melunasi hutang dengan tepat.

Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Melunasi Hutang Agar Efektif?

Cara Melunasi Hutang

Apa bila hutang Sudah menumpuk dalam jumlah yang banyak dan juga ada dalam beberapa pos hutang, maka Anda harus cerdas dalam memprioritaskan pembayaran. Yang terpenting ketika Anda memiliki hutang, maka Anda harus memiliki penghasilan untuk jalan melunasi hutang itu. Apalagi jika hutang Anda itu banyak jumlahnya, menumpuk dimana mana. Misalnya selain hutang bank, Anda juga punya hutang kepada saudara atau teman atau keluarga, ada hutang kartu kredit, pinjaman online, hutang dealer, KPR dan sejenisnya. Mau tidak mau Anda harus piunya penghasilan besar yang mampu mengcover hutang Anda itu.

Atau minimal seandainya Anda punya hutang yang nilainya lebih besar dari rata-rata penghasilan Anda setahun, Anda harus punya aset yang bernilai setara dengan hutang. Sehingga kondisi sulit yang Anda alami akibat hutang akan sedikit mengurangi stres atau tekanan batin yang Anda alami.

Diakui atau tidak siapapun yang memiliki hutang besar atau banyak jumlahnya akan berdampak pada kebahagiaan hidupnya. Selain harus bekerja lebih keras untuk mendapat penghasilan lebih dari biasanya, juga harus bisa menahan keinginannya untuk membeli atau berbelanja sesuatu. Itulah konsekuensinya. Yang terpenting, agar Anda terlepas dari lilitan hutang segera cari cara melunasi hutang yang paling efektif. Tetaplah semangat dan mampu menjaga hati dan pikiran agar tidak semakin stres karena hutang. Berikut ini beberapa cara melunasi hutang yang bisa Anda praktekkan untuk berbagai jenis hutang yang banyak dimiki orang-orang jaman now.

  • Cara Mengatasi Masalah Hutang Yang Menumpuk dan Besar Jumlahnya

Bagaimana jika hutang yang Anda miliki Besar jumlahnya dan Anda benar-benar kesulitan melunasinya?Jika hutang yang Anda miliki banyak dan sudah menumpuk hingga Anda benar-benar kesulitan maka Anda harus cerdas menemukan cara melunasi hutang menumpuk tersebut.

Sedikit telah disinggung diatas bahwa untuk mengatasi hutang yang menumpuk apalagi besar jumlahnya Anda harus cerdas dalam menemukan cara melunasi Hutang itu. Memiliki hutang yang besar berarti ada kewajiban Anda untuk memiliki penghasilan yang besar. Konsekuensi itu yang harus Anda perhatikan dan Anda ingat agar menjadi motivasi untuk segera bebas hutang.

Adapun cara yang bisa Anda praktekkan diantaranya:

  1. Membuat skala prioritas.

Bagaimana caranya? Tidak sulit kok….. Anda hanya perlu membuat catatan hutang Anda dan mengurutkan hutang Anda. Bisa dari hutang yang paling besar dulu atau yang paling kecil terlebih dahulu.

Pengurutan hutang dari yang terbesar terlebih dahulu adalah pertimbangan untuk menghindari denda yang besar apabila ada keterlambatan dalam angsurannya. Karena kalau hutang yang kecil pasti kalau ada keterlambatan bayar atau keterlambatan dalam angsuran dendanya juga lebih kecil.

Sementara itu kalau Anda membuat scala prioritas dengan mengurutkan pelunasan hutang dari yang nilainya kecil atau dari hutang yang paling sedikit terlebih dahulu akan meringkas catatan hutang Anda. Secara psikologis menyelesaikan hutang-hutang yang kecil juga menambah kepercayaan diri Anda dalam mengatasi masalah hutang. Hutang Anda tidak terlalu banyak pos dan mengurangi beban pikiran. Sehingga Anda akan lebih fokus mengumpulkan energi untuk memikirkan hutang yang besar.

  1. Melakukan Konsolidasi Hutang

Langkah untuk melakukan konsolidasi hutang bisa Anda lakukan apabila Anda secara finansial tidak memiliki kemampuan untuk melunasi hutang dalam jumlah besar sesuai kesepakatan awal. Atau dengan kata lain, konsolidasi hutang bisa Anda tempuh saat Anda benar-benar dalam keadaan keuangan terpuruk. Sehingga Anda tidak mampu membayar angsuran hutang sejumlah seperti yang tertera dalam kontrak awal akad hutang Anda.

Dengan melakukan konsolidasi hutang Anda bisa membuat kesepakatan baru untuk mengurangi jumlah nominal angsuran hutang Anda dengan memperpanjang jangka waktu pelunasan. Cara ini ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya meringankan Anda dalam memenuhi kewajiban membayar angsuran menjadi lebih ringan. Namun sisi negatifnya jangka waktu hutang Anda menjadi lebih lama, dan tentu saja diikuti besarnya bunga pinjaman juga semakin bertambah.

Cara kedua ini harus benar-benar Anda pikirkan agar tidak semakin menimbulkan masalah dalam hidup Anda.

  1. Konsultasikan Hutang Anda Kepada Konsultan Yang Tepat

Siapapun tahu bahwa cara bebas dari lilitan hutang itu ya melunasinya. Namun keadaan dalam kehidupan ini tidak bisa diprediksi. Terkadang apa yang kita rencanakan dan targetkan, hasilnya tidak sesuai. Hal ini tentu menimbulkan masalah. Apalagi ketika Anda harus dihadapkan pada kondisi finasial yang terganggu akibat usaha yang selama ini berjalan mendapat masalah, sehingga hasilnya menurun atau bahkan merugi. Atau Anda yang semula memiliki pekerjaan dan jabatan bagus dengan penghasilan tinggi tiba-tiba harus kehilangan pekerjaan karena masalah tertentu. Atau Anda mendapat musibah atau mengalami penyakit yang mengakibatkan aktivitas kerja Anda terganggu. Maka dampaknya adalah menurunnya penghasilan atau bahkan bisa jadi Anda kehilangan pendapatan.

Jika ini yang terjadi dalam hidup Anda, dimana Anda memiliki tanggungan hutang dalam jumlah banyak atau bahkan memiliki hutang yang menumpuk, maka akan sangat mengganggu kehidupan Anda. Dalam hal ini Anda tidak bisa tinggal diam atau tidak mempedulikankeadaan ini. Dalam kondisi apapun kewajiban Anda berkaitan dengan hutang harus tetap diselesaiakan agar tidak menimbulkan masalah baru lainnya yang lebih sulkit.

Jika sudah banyak cara yang Anda lakukan dalam mengatasi masalah hutang ini namun kondisi Anda tidak berubah menjadi lebih baik. Atau malah Anda semakin terpuruk sehingga mengacaukan kehidupan Anda dan keluarga Anda, maka carik cara melunasi hutang yang tepat dengan berkonsultasi kepada konsultan yang tepat. Melalui konsultan yang tepat Anda akan mendapatkan cara-cara penyelesaian masalah sesuai kondisi dan situasi yang yang ada. Sehingga Anda dapat menemukansolusi yang tepat dan mampu menemukan cara melunasai hutang sesuai yang Anda inginkan.

  • Cara Mengatasi Hutang Rentenir

Hutang rentener ini adalah hutang riba yang sangat mengerikan dalam cara penyelesaiaannya. Selain bunganya yang besar danmencekik, dengan berhutang kepada rentenir Anda telah bersanding dengan kekerasan hidup. Banyak kasus hutang rentenir yang berujung maut karena perlakuaan rentenir dan anak buah rentenir itu saat menagih hutang. Selain resiko nyawa, berhutang kepada rentenir juga bisa membuat aset lenyap karena ditarik paksa. Lantas bagaimana cara melunasi hutang rentenir yang mengerikan itu?

Salah satu cara melunasi hutang rentenir yang aman adalah segera melunasi tepat waktu. Namun kebanyakan kasus mereka yang berhutang kepada rentenir adalah mereka yang dalam kondisi kepepet atau darurat. Jika itu yang melatar belakangi sehingga terpaksa Anda berhutang kepada rentenir yang bunganya mencekik bahkan bisa lebih besar dari pokok hutang cara melunasinya dengan pinjaman lain yang aman.

Anda bisa meminjam pinjaman tanpa bunga kepada orang baik yang Anda temui baik kepada saudara, sahabat atau tetangga yang kaya dan baik. Namun itu sulit, karena berkaitan dengan kepercayaan tinggi kepada Anda. Cara itulah yang paling aman, meski sulit, namun jika itu tidak memungkinkan jualah aset Anda, atau gadai aset Anda senilai hutang Anda kepada rentenir. Dengan cara ini Anda bisa cepat melunasi hutang rentenir, meski Anda harus menghadapi masalah hutang baru. Namun resikonya lebih ringan daripada hutang rentenir.

  • Cara Melunasi Hutang Bank

Cara Melunasi Hutang

Berkaitan dengan cara melunasi hutang bank, dari www.bioenergicenter.com  disebutkan bahwa kunci sukses melunasi hutang yang menumpuk dan banyak jumlahnya bisa dilakukan dengan cara:

  1. Ingat Lagi Alokasi Utang

Kunci sukses melunasi hutang bank yang pertama adalah dengan melihat lagi untuk apa saja uang tersebut dialokasikan. Kemudian lihat kembali mana hutang untuk alokasi yang bersifat produktif dan mana yang untuk hal-hal konsumtif. Selanjutnya hitunglah total hutang yang Anda miliki beserta bunga yang yang harus dibayarkan. Sehingga Anda dapat memperkirakan berapa banyak nominal yang harus Anda kumpulkan dan dipersiapkan untuk melunasi hutang Anda itu.

2. Manfaatkan Dana Darurat

Pada saat pengajuan pinjaman ke bank dalam jumlah besar akan dimintai fotokopi rekening koran. Hal itu biasanya untuk menilai kelayakan pinjaman berdasarkan perputaran uang yang kita miliki. Namun sebaiknya kita senantiasa menyisihkan 10 % dari pendapatan kita untuk dana darurat yang kita pakai untuk berjaga saat mengalami masalah keuangan. Dan dana darurat bisa kita pisahkan dari rekening yang biasa untuk lalu lintas pembayaran. Sehingga dana tersebut bisa terkumpul karena tidak untuk hal yang sifatnya konsumtif.

Nah, dana darurat inilah yang bisa menjadi jalan keluar saat kita memiliki kesulitan membayar hutang bank agar terhindar dari resiko yang berat. Namun, jika Anda tidak pernah memiliki dana darurat dan tidak memiliki sistem menabung untuk dana darurat, Anda masih bisa menggunakan cara lain.

Mungkin Anda punya piutang yang bisa Anda tagih, sehingga bisa membantu Anda mendapatkan dana untuk membayar hutang bank. Cara lainnya untuk mendapatkan dana darurat guna membayar hutang bank, bisa dengan menjual barang bekas yang tidak produktif lagi. Anda juga bisa menjual barang koleksi yang Anda miliki

3. Manfaatkan Aset yang Anda Miliki

Salah satu cara melunasi utang bank yang baik Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan aset yang Anda miliki. Jika saat ini Anda sudah memiliki aset properti seperti rumah/apartemen, cobalah untuk atau Anda bisa membuka bisnis kecil-kecilan di rumah yang untungnya bisa dimanfaatkan untuk menutupi sisa utang. Jika Anda memiliki aset lain berupa kendaraan bermotor, manfaatkan juga dengan cara-cara yang kreatif. Anda bisa menjadi mitra pengemudi UBER driver GOJEK / GRAB, Maxim dan sejenisnya.

Cara cerdas lainnya, Anda bisa memanfaatkan mobil sebagai media iklan berjalan. Nantinya mobil yang Anda miliki akan ditempelkan sticker iklan produk komersil yang telah bekerja sama dengan perusahaan iklan, seperti Ubiklan dan Sticar. Anda hanya harus mengendarai mobil tersebut di area-area macet saat jam sibuk. Pendapatan yang bisa Anda dapatkan akan dihitung per Kilo Meter.

4. Konsultasikan pada Ahlinya

Sesungguhnya hanya ada satu cara melunasi utang bank, yaitu dengan membayar seluruh tunggakan. Namun jika Anda merasa tidak mampu melunasi seluruh tunggakan, karena sedang memiliki masalah keuangan, atau gagal dalam bisnis, kena musibah, tidak bisa beraktivitas karena sakit sehingga produktivitas menurun, cobalah untuk berkonsultasi dengan pihak yang lebih berpengalaman. Misalnya perusahaan/lembaga yang menyediakan program manajemen utang. Konsultan seperti ini mampu memberikan jalan keluar terbaik dengan memahami kondisi finansial yang Anda miliki.

Selain itu, jika Anda memiliki beberapa utang bank sekaligus, konsultan bisa membantu Anda menyusun strategi dan membuat prioritas utang mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jika konsultan Anda memang profesional dan berpengalaman, mereka tahu persis jenis utang dan suku bunga seperti apa yang harus diselesaikan lebih dulu. Sehingga Anda tetap bisa menyiapkan uang untuk membayar sisa utang lainnya sambil terus beraktivitas baik bekerja atau berbisnis.

Sekali lagi, meskipun terjerat utang bank bisa menjadi hal yang traumatis, Anda tetap bisa mengambil hikmah. Jangan jadikan hal ini membuat Anda menyerah dan serba ketakutan dengan pihak bank. Apalagi Anda sampai lari dari tanggungjawab hutang sehingga anggota keluarga bahkan kerabat dekat dan orang tua harus kena imbasnya.
Dari hutang bank ini Anda bisa belajar banyak dari situasi yang pernah Anda alami. Hal ini bisa mengajarkan Anda untuk lebih bijak lagi menggunakan pinjaman dari bank.

  • Cara Melunasi Hutang Milyaran

Cara Melunasi Hutang

Melunasi hutang yang milyaran jumlahnya pasti tidak mudah. Namun jika melihat jumplah hutang yang harus dilunasi dimana jumlahnya milyaran artinya peruntukannya juga pasti untuk hal-hal yang besar. Atau manfaat dari hutang itu juga besar. Bahkan bisa jadi Anda yang punya hutang milyaran itu juga punya aset bernilai milyaran atau setidaknya aset yang diagunkan juga nilainya sebanding.

Namun ada juga mereka yang punya hutang milyaran tapi tidak punya aset sebanyak itu? Apakah itu bisa? Jawabannya bisa saja. Bisa jadi orang itu menjalankan bisnis yang berhubungan dengan investasi, reksa dana, saham, forex atau bisnis lainnya. Yang memang mengandalkan kepercayaan dan kecerdikan dalam memberdayakan uang. Hanya saja karena yang namanya bisnis itu pasang surut, keadaan atau situasi bisa berubah sewaktu waktu. Dimana saat ia mendapat kepercayaan untuk mengelola uang nasabah, atau mitra bisnisnya, ternyata transaksinya merugi dan merugi yang kemudian berujung pada hutang dengan jumlah yang fantastis.

Dalam kasus hutang dengan nilai milyaran ini juga seringkali yang punya hutang adalah korban penipuan. Misalnya tertipu rekan bisnis, investasi bodong, atau karena kelalaian yang berakibat merugikan diri sendiri. Apapun alasan yang membuat Anda memiliki banyak hutang dengan nilai milyaran, konsekuensinya hutang tetap harus dilunasi.

Bagaimana cara mengatasi masalah hutang Milyaran tersebut ?

  1. Tetapkan keyakinan dengan berpikir positif

Memiliki hutang dengan jumlah fantastis mencapai milyaran pasti akan berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis Anda. Namun Anda harus menjadi orang yang lebih kuat dan memiliki keyakinan penuh bahwa Anda akan mempu melewati kondisi sulit dan menemukan solusi yang tepat. Keyakinan disertai pikiran positif sangat penting untuk menjaga diri Anda tetap sehat secara lahir dan batin.

Tanpa kesehatan yang prima Anda akan kesulitan dalam beraktifitas untuk memenuhi kewajiban membayar hutang Anda. Anda juga harus berada dalam kondisi yang tenang dan penuh percaya diri agar siap melakukan hal besar guna melunasi hutang besar Anda. Keyakinan dan pikiran positif akan mengalirkan energi positif yang mampu menarik kebaikan-kebaikan dalam hidup Anda. Dengan keyakinan yang terjaga setidaknya tidak menjadikan hutang milyaran yang Anda alami menjadi beban berat, namun sebagai jalan untuk meraih kebesaran ilahi dalam hidup Anda.

  1. Lakukan hal-hal yang lebih berkualitas.

Hutang milayaran mungkin bagi banyak orang adalah musibah dan masalah yang sangat besar. Apalagi banyak orang yang terjerat hutang milyaran itu kemudian sampai sudah tidak memiliki apa-apa. Semua aset sudah di tarik, usaha mandeg, sehingga kehilangan banyak hal dalam hidupnya. Bahkan sampai aktifitas untuk mendapatkan penghasilan buat makan saja kesulitan. Ditambah lagi terkadang orang yang diharapkan mau memberi pertolongan pergi meninggalkan. Termasuk keluarga, teman, kerabat, bahkan orang yang dulunya pernah ia tolong pun terkadang menjauh.

Akibatnya hutang yang besar ini berimbas pada besarnya penderitaan hidup dan apabila orang yang mengalaminya tidak kuat bisa memicu keputusasaan. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Tetaplah optimis dengan melakukan hal-hal baik dengan kualitas tinggi. Dan senantiasa memupuk kekuatan dengan memotivasi diri sendiri. Dengan melakukan hal-hal terbaik yang bisa Anda lakukan dengan sepenuh hati bisa membuka keajaiban-keajaiban dan keberuntungan hidup.

Ilustrasi:

Seseorang yang memiliki hutang milyaran tetap mampu menjaga hati dan pikirannya untuk memiliki keyakinan bahwa ia bisa menemukan solusi. Disertai pikiran positif bahwa sema kejadian pasti ada hikmahnya sehingga ia mampu menjalani keadaan berhutang dengan penuh kesadaran. Saat ia benar-benar dalam kondisi nol, bahkan samapai untuk makan saja susah, karena usaha tutup, pekerjaan tidak punya dan asat telah ludes terjual.

Ia berusaha mencari pekerjaan kemana mana dan sulit menemukan pekerjaan yang mendatangkan penghasilan besar. Namun ia menerima apapun pekerjaan itu yang terpenting baginya dengan pekerjaan barunya itu ada jalan yang bisa menjadi pipa untuk mengalir rejeki dari Allah. Meski gajinya itu tidak pasti bahkan kadang untuk biaya hidup saja tidak cukup. Namun hal itu tidak mempengaruhinya untuk sesalu melakukan apa yang diperintahkan oleh atasannya dengan sepenuh hati dan tulus iklas. Sehingga apa yang dilakukan selalu menghasilan sesuatu yang terbaik.

Hal ini yang kemudian dengan kuasa dan kehendak Alalh mampu mendatangkan keajaiban. Ketulusan dan keiklasannya mampu membuka sumbatan –sumbatan rezekinya hingga ahirnya ia mampu membalikkan keadaan. Ia mendapat kepercayaan besar dari atasan karena kejujuran, ketulusan dan kesungguhannya dalam melakukan sesuatu. Ia pun mendapat kepercayaan mengelola cabang baru dan menjadi direktur di tempat yang baru itu dengan penghasilan yang besar pula.

Artinya dengan melakukan sesuatu yang berkualitas baik secara fisik maupun psikis atau secara spiritual mampu membuka pintu keajaiban yang bisa mengubah hidup Anda.

  1. Miliki nilai tambah

Memiliki nilai tambah sama arinya menggandakan nila yang Anda miliki. Bisa dengan menggandakan ilmu, pengetahuan dan wawasan yang Anda punyai atau dengan menambah kualitas dan quantitas apa yang Anda usahakan. Melalui nilai tambah itu Anda bisa mengambil manfaat yang lebih besar dari sebelumnya. Jika itu berkaitan dengan cara melunasi hutang, maka meningkatkan nilai tambah adalah dengan meningkatkan penghasilan Anda. Sehingga Anda bisa melunasi hutang yang nilainya milyaran tersebut.

  1. Bersyukur dan berdoa

Yang tidak kalah penting dan hal yang wajib Anda lakukan selain dengan melakukan berbagai hal positif yang berkualitas dan bernilai. Juga senantiasa memotivasi diri dan menjaga keyakinan serta pikiran positif, Anda harus memenuhi kehidupan Anda dengan bersyukur dan berdoa.

Dengan bersyukur, selain akan menumbuhkan ketenangan hati juga akan membuat nikmat yang Anda terima akan ditambah oleh Allah. Anda juga wajib untuk senantiasa berdoa dan memohon pertolongan dari Allah agar hutang milyaran yang Anda miliki bisa terlunasi.

  1. Tingkatkan frekuensi energi Anda

Cara yang satu ini banyak orang yang tidak mengetahuinya. Padahal justru merupakan salah satu cara yang paling penting untuk dilakukan. Yaitu meningkatkan kualitas energi Anda. Tanpa peningkatan kualitas energi maka kekuatan atau power yang Anda miliki akan mudah terganggu kestabilannya. Akibatnya Anda bisa mudah mengalami demotivasi atau pesimis dalam hidup.

Bagi Anda yang memiliki hutang dalam jumlah besar bahkan milyaran kondisi ini akan membahayakan kehidupan Anda. Karena itu Anda harus melakukan upgrade diri dengan meningkatkan kualitas energi personal Anda. Cara yang bisa Anda lakukan agar bisa meningkatkan kualitas energi dengan cepat adalah dengan mengikuti program pelatihan Bioenergi. Pelatihan yang didalamnya ada proses Bioenergi Brain Adjustment yang bermanfaat untuk pembersihan energi negatif penyesuaian dan penyembangan energi serta peningkatan level energi dengan cepat. Atau Anda juga bisa memanfaatkan produk solusi seperti Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center.

  • cara mengatasi masalah hutang online

Sebagaimana kita tahu saat ini kemajuan dalam bisnis online memberi akses kemudahan juga untuk melakukan hutang online. Hal ini juga didukung oleh maraknya aplikasi pinjaman online. Penyedia pinjaman online juga banyak memberi kemudahan serta kecepatan untuk mendapatkan pinjaman. Dengan daya tarik tersebut membuat banyak orang yang kemudian terlilit hutang online yang kemudian menimbulkan masalah hutang yang merepotkan.

Kenyataannya dalam transaksinya, sistem pinjaman online membebani nasabahnya dengan bunga yang tidak kecil dan jangka waktu yang cepat. Memang pencairan juga cepat, namun keterlambatan sedikit saja sudah mendatangkan denda yang lumayan memberatkan. Bahkan apabila melewati beberapa hari saja dari tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran, selain resiko denda juga mengusik ketenangan.

Peminjam akan ditelpon tanpa henti samapai bisa melakukan pembayaran, dan bila nomor yang dihubungi tidak aktif, akan ada kontak lain baik keluarga, teman atau saudara bisa mendapat teror yang sama. Sehingga selain mengusik ketenangan hidup Anda juga bisa berakibat fatal merusak hubungan persaudaraan ataupertemanan yang Anda miliku. Untuk itu agar Anda bisa hidup lebih baik, segera temukan cara melunasi hutang online secepat mungkin.

Seperti dilansir dari personalfonance.co.id, Anda bisa mengatasi masalah hutang online dengan cara sebagai berikut:

  1. Manfaatkan pinjaman berbunga lunak

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah melunasi utang online dengan pinjaman berbunga lunak. Anda dapat pergi ke bank atau ke koperasi untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Sebelumnya, Anda wajib membandingkan besaran bunga beberapa bank atau koperasi untuk mendapatkan bunga terendah. Kemudian, pilih tenor pembayaran lebih dari satu tahun.

“Cara ini untuk menjaga cash flow Anda tetap baik” .

  1. Manfaatkan pinjaman tanpa bunga

Cara kedua, Anda dapat memanfaatkan pinjaman tanpa bunga untuk melunasi hutang online.

Di mana Anda bisa mendapatkannya? Jawabannya, di tempat Anda bekerja. Umumnya, manajemen kantor memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga untuk setiap karyawan.

Selain itu, Anda dapat meminta pihak manajemen untuk memberikan tenor lebih dari setahun. Dengan begitu, keuangan Anda tetap terjaga.

Bila merasa tidak nyaman, Anda dapat meminjam dana ke orang tua atau saudara dekat. Namun, Anda wajib mengembalikan seluruh dana pinjaman tepat waktu. Bila Anda ingkar janji, konsekuensinya hubungan persaudaraan menjadi rusak.

  1. Jual barang berharga

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjual aset berharga yang dimiliki.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengaku cara ini jadi langkah terbaik untuk Anda dilakukan. Karena, Anda tidak perlu membayar cicilan di kemudian hari.

Perlu diingat, setelah pinjaman online terlunasi Anda wajib menutup semua akun aplikasi pinjaman online. Anda dapat menghapus aplikasi pinjaman online di ponsel, agar tidak ingin lagi menggunakannya.

________

Semoga cara melunasi hutang sebagainama dijabarkan diatas bisa dengan mudah Anda praktekkan dan memberi manfaat bagi Anda. Jika Anda sudah mempraktekkan cara-cara diatas namun belum mendapatkan manfaat maksimal, dan Anda ingin mempercepat jalur yang Anda tempuh untuk melunasi hutang. Apalagi jika hutang yang Anda miliki besar jumlahnya atau bernilai fantastis segera lakukan konsultasi untuk mendapatkan solusinya.

Anda bisa berkonsultasi langsung dengan konsultan solusi yang tepat seperti Bp. Syaiful M. Maghsri yang merupakan mentor bisnis dan konsultan solusi masalah hidup yang kompeten dibidangnya. Dengan berkonsultasi dengan beliau Anda akan mendapatkan cara melunasi hutang dengan mudah bahkan strategi dan solusi untuk mengatasi berbagai masalah hidup Anda.

Bagi Anda yang ingin konsultasi secara langsung dengan Bapak Syaiful Maghsri bisa datang langsung ke Bioenergi Center Jl. Veteran No. 153 Yogyakarta.

Untuk memastikan Anda akan bisa langsung konsultasi dengan Bapak Syaiful Maghsri, kami akan jadwalkan dan atur waktunya, silahkan hubungi kami melalui HP/WA: 0853 2727 1999 (Ibu Eny)  0878 390 387 (ibu Efi) 0818 278 880 (Bp. Agus) atau (0274) 412446 (Office).


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :