Home » Artikel » Artikel Umum » Mengatasi masalah » Cara Mengatasi Kemalasan Dalam Hidup Dan Menjadi Lebih Termotivasi

Cara Mengatasi Kemalasan Dalam Hidup Dan Menjadi Lebih Termotivasi

Cara Mengatasi Kemalasan Dalam Hidup - Bioenergi Center

Malas adalah salah satu bentuk energi negatif yang menghalangi berbagai potensi dan menjadi blocking bagi terwujudnya harapan dalam hidup Anda. Karena itu mengetahui bagaimana cara mengatasi kemalasan dalam hidup menjadi penting. Setiap manusia memiliki keinginan: ingin menjadi orang sukses, ingin kaya, ingin banyak uang, ingin bisnisnya menguntungkan, ingin punya penghasilan besar, ingin pasangan hidup terbaik, ingin memiliki rumah tangga bahagia, dan sebagainya.

Faktanya ketika Anda sudah merasa enjoy dengan sesuatu, maka kemalasan menguasai Anda. Bahkan Anda tidak tahu alasannya mengapa begitu mudah Anda terjangkiti rasa malas.

Lantas kenapa Anda tidak bisa keluar dari rasa malas Anda dan memotivasi diri Anda sendiri untuk mewujudkan keinginan dan harapan Anda itu?

Apa yang kita anggap sebagai “kemalasan” hanyalah keengganan untuk berusaha. Disisi lain ada menunda-nunda yang hampir diasosiasikan sebagai malas juga. Sekilas kemalasan dan menunda mirip namun secara spesifik memiliki makna yang berbeda berdasarkan alasannya.

Apa Perbedaan Kemalasan dan Menunda?

Malas tentang sesuatu dan menunda-nunda sama-sama mengakibatkan kita menghindari melakukan sesuatu, tetapi dengan kemalasan, itu karena sesuatu itu tampak terlalu sulit. sedangkan penundaan, itu karena satu hal itu adalah sesuatu yang tidak kita sukai.

Dengan penundaan, ada alasan negatif Anda tidak melakukan sesuatu. Tetapi dengan kemalasan, ada banyak alasan mengapa sesuatu tampak terlalu sulit untuk diatasi pada saat tertentu.

Sementara Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara berhenti menjadi malas?  Penting untuk menunjukkan bahwa Anda tidak selalu malas hanya karena Anda tidak melakukan sesuatu.

Sebagai contoh: Anda mungkin, “malas” tidak menata ulang garasi Anda karena jadwal Anda sudah padat dengan pekerjaan, menyiapkan makanan di akhir pekan, mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan tugas lainnyaTapi itu belum bisa menjadi alasan untuk menyebut diri Anda malas, Anda hanya bekerja dalam batas Anda.

Motivasi — yang pada dasarnya adalah penangkal kemalasan — sangat bergantung pada tugas lain yang Anda miliki. Tidak ada yang bisa termotivasi untuk melakukan semuanya jika Anda merasa malas.

Dengan kata lain, Anda mungkin tidak malas tetapi hanya perlu bersantai. Jika kita memasukkan lebih banyak energi daripada yang dapat dipertahankan tubuh kita pada beberapa hari, kita akan membayar harganya nanti dalam hal energi dan motivasi. 

Tubuh membutuhkan istirahat dan waktu istirahat karena tubuh dan pikiran kita tidak dibangun untuk fokus pada tugas yang intens dan melelahkan sepanjang hari, setiap hari. Membuang-buang waktu’ adalah kebutuhan dasar manusia namun malas adalah rasa yang tercipta karena suatu alasan dan Anda bisa merubahnya dengan cara yang tepat.

Apa penyebab utama kemalasan?

kenyataan yang berkembang saat ini menunjukkan bahwa sebagian orang mungkin lebih cenderung malas daripada yang lain. Kemalasan sebagian ditentukan oleh kepribadian.  Ini terkait dengan kesadaran (dengan kata lain, seberapa patuh dan terorganisirnya Anda).

Setiap orang jatuh di suatu tempat di sepanjang perjalanan dari sangat berhati- hati hingga tidak terlalu berhati-hati sama sekali. Dan karena orang yang memiliki kesadaran tinggi cenderung lebih berorientasi pada tujuan dan disiplin diri, mereka biasanya tidak malas; sedangkan orang yang kesadarannya rendah cenderung malas.

Kesalahpahaman besar adalah bahwa kemalasan adalah perasaan. Ini semua tentang niat dan komitmen Anda. Maka mengapa bagi sebagian orang yang “berorientasi pada tujuan” dan memiliki “disiplin diri”, kesadaran berkontribusi menjadikannya malas atau tidak malas.

Tetapi seberapa teliti Anda, serta berapa banyak ciri-ciri kepribadian lainnya yang bagus, faktor genetik juga mempengaruhi kemalasan juga  lingkungan dan keadaan di mana Anda berada.

Hal-hal seperti keterampilan manajemen waktu, tidak tahu bagaimana atau tidak memiliki keterampilan untuk melakukan tugas tertentu atau bekas luka emosional dari masa lalu semuanya dapat berperan dalam seberapa “malas” atau bagaimana hal itu memotivasi Anda untuk melakukan tugas karena alasan non-genetik. Jadi, hanya karena Anda terlahir dengan kecenderungan malas, bukan berarti Anda ditakdirkan untuk malas dalam segala situasi.

Jadi, sementara beberapa orang lebih cenderung menjadi malas daripada yang lain mengingat ciri-ciri kepribadian mereka sejak lahir, tidak ada yang dihukum untuk menjadi malas selamanya jika mereka tidak mau. Kepribadian bukanlah takdir; Anda dapat mengubah kecenderungan itu dengan baik.

Apa yang menyebabkan kurangnya motivasi?

Pemahaman mudah tentang motivasi adalah alasan yang membuat upaya melakukan sesuatu terasa berharga (berpikir, penawar kemalasan). Motivasi dapat datang dari banyak tempat, termasuk dari kebutuhan fisik seperti lapar, haus dan kebutuhan tidur, atau dari kebutuhan sekunder untuk afiliasi, persaingan dan kepentingan serta tujuan hidup yang besar.

Ada juga motif internal dan eksternal untuk melakukan sesuatu. Motivasi eksternal biasanya dikaitkan dengan hal-hal seperti uang, gaji atau imbalan lain yang datang dari luar diri Anda untuk melakukan suatu tugas. Menjadi termotivasi secara internal untuk melakukan sesuatu, sebaliknya, berarti itu secara pribadi bermanfaat bagi Anda; setelah Anda mulai melakukannya, Anda merasa baik, Anda lupa waktu, dan itu sepenuhnya pilihan Anda untuk terus melakukan hal itu.

Sejauh kita terlibat dalam tindakan yang telah kita pilih, kita akan merasa lebih termotivasi.

Dengan kata lain, jika Anda tidak termotivasi untuk mengikuti atau melakukan sesuatu mungkin Anda tidak malas. Mungkin tugas atau tujuan tersebut tidak sejalan dengan pilihan internal yang benar-benar Anda hargai, atau Anda harapkan.

Bagaimana cara mengatasi kemalasan dalam hidup

Mereka sibuk dan mereka tetap sibuk karena itu salah satu cara untuk menghindari sesuatu yang tidak ingin mereka hadapi. Ada orang sibuk nonton TV, sibuk memancing, bermain golf, sibuk belanja ke Mall, namun dalam hati mereka ingin menghindari sesuatu hal yang tidak ingin mereka hadapi. Ini adalah bentuk kemalasan yang paling umum.

Malas dengan jalan tetap sibuk. Ada juga orang yang sibuk bekerja keras sehingga tidak perduli dengan istri dan anaknya. Dan ada juga orang yang terlalu sibuk mengurusi kekayaan mereka dan tidak perduli dengan kesehatan mereka. Dan ada orang yang terlalu sibuk mengurusi kesehatan dan tidak perduli lagi terhadap pekerjaan.

Yang menjadi ukuran malas adalah apa yang dianggap penting jauh di dalam lubuk hati mereka, tetapi mereka hindari.

Menurut Robert T. Kiyosaki, “Obat untuk kemalasan adalah sedikit ketamakan”. Seringkali kita mendengar dikatakan bahwa “orang tamak adalah orang yang jahat”. Namun dalam diri kita semua adalah nafsu/hasrat untuk memiliki barang-barang baru atau bagus atau hal-hal yang menyenangkan. Adakalanya agar hasrat itu tetap terkendali, orang tua kita kerap kali menemukan cara-cara untuk menekan hasrat itu dengan cara menciptakan rasa bersalah.

Jadi, setiap kali anda mendapati diri anda menghindari sesuatu yang anda tahu seharusnya anda lakukan, maka satu-satunya hal yang anda tanyakan pada diri anda sendiri adalah “apa untungnya untuk saya?” Bersikaplah sedikit tamak. Itulah obat yang terbaik untuk kemalasan. Akan tetapi, terlalu tamak, seperti apapun lainnya yang berlebihan, tidaklah baik.

Alasan adalah penghilang rasa malas dan meningkatkan motivasi

Bagaimana menghilangkan rasa malas kita? jawabannya adalah kita harus mempunyai alasan yang sangat kuat. Dan alasan yang sangat kuat adalah menghindari sengsara dan mencari nikmat untuk memotivasi diri dalam meraih tujuan hidup yang besar.

Bila Anda sedang malas, bayangkan, dengarkan dan rasakan penderitaan yang amat sangat dengan detail dan emosional (tulis minimal 10 kerugian) bila kita masih bermalas-malasan atau tidak melakukan hal-hal yang penting. kemudian bayangkan, dengarkan dan rasakan kenikmatan yang amat sangat secara detail dan emosional (tulis minimal 10 kenikmatan) bila kita sudah mulai rajin dan melakukan hal-hal yang penting maka kita akan lebih termotivasi dan menyingkirkan kemalasan dengan sendirinya.

Jika Anda merasa rasa malas yang Anda miliki benar-benar menjadi penghalang Anda dalam mewujudkan harapan dalam hidup Anda, dan Anda ingin mengubahnya menjadi motivasi yang kuat agar hidup Anda semakin bertumbuh, tercipta perubahan-perubahan besar dan terhubung dengan berbagai kebaikan hidup, tingkatkan kualitas hidup Anda dengan memberdayakan energi kelimpahan melalui pelatihan Bioenergi Abundance.

Cara Menghilangkan Kemalasan dalam Hidup - Bioenergi Center

Artikel menarik lainnya:

Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi bagi banyak orang