Home » Artikel » Artikel Solusi » Cara Mengatasi Masalah Keuangan Paling Umum yang Dihadapi Setiap Keluarga

Cara Mengatasi Masalah Keuangan Paling Umum yang Dihadapi Setiap Keluarga

Cara Mengatasi Masalah Keuangan

BAGIKAN :

Cara Mengatasi Masalah Keuangan – Keuangan sudah menjadi masalah yang umum dan bisa menimpa semua orang, termasuk dalam ranah keluarga. Terlepas dari ukuran penghasilan Anda dan besarnya utang yang ditanggung keluarga Anda, keuangan merupakan masalah umum yang biasa terjadi dan sering muncul di sebagian besar rumah tangga.

Dalam kasus masalah keuangan banyak hal yang dapat terjadi, seperti kehabisan uang, kehilangan pekerjaan, keinginan anggota keluarga yang ingin membeli sesuatu sementara menurut anggota keluarga yang lain itu tidak perlu atau mungkin tidak mampu dilakukan.

Yang perlu Anda ingat apapun jenis masalah keluarga yang sangat umum dan sering muncul sekalipun, selalu ada solusi yang tersedia. Tidak ada masalah yang lahir tanpa solusi karena setiap masalah selalu dapat Anda tangani dengan cara yang memuaskan.

Dalam artikel ini ada beberapa cara mengatasi masalah keuangan praktis yang dapat Anda terapkan untuk membantu menyelesaikan masalah keuangan dalam keluarga Anda, antara lain:

Penghasilan Terlalu Sedikit

Dari hasil survey yang sudah banyak dilakukan, ditemukan bahwa masalah keuangan keluarga yang juga sering muncul dan dialami oleh rata-rata setiap keluarga adalah kurangnya pendapatan yang tersedia untuk mencukupi kebutuhan mereka. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat menantang yang dialami oleh sebuah keluarga. Bahkan yang sering kita temukan dalam sebuah keluarga yang masih mengandalkan penghasilan tunggal untuk kekayaan dan kebutuhan mereka justru dapat menghancurkan pencari nafkah ketika kehilangan pekerjaannya suatu saat.

Ada dua solusi yang kemungkinan bisa diambil:

Anda dapat mengedukasi anggota keluarga Anda untuk hidup sesuai dengan kemampuan keuangan mereka. Maksudnya di sini adalah memangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, seperti makan di luar, jalan-jalan dan yang lainnya. Jika Anda mulai kehabisan uang di saat belum sampai diwaktu yang ditentukan, misalnya dalam waktu satu bulan, maka ada baiknya jika Anda mulai mengecek untuk mengetahui kemana dan sudah Anda gunakan untuk apa saja uang tersebut.

Solusi lain yang mungkin Anda lakukan adalah anjurkan anggota keluarga Anda untuk mendapatkan pekerjaan,  supaya dapat meningkatkan penghasilan rumah tangga Anda bahkan tak apa jika itu adalah pekerjaan paruh waktu. Sekarang bisa Anda bayangkan jika dua orang dewasa dalam keluarga Anda bekerja dengan penuh waktu maka penghasilan dalam keluarga Anda akan meningkat berkali-kali lipat. Anda bahkan bisa melunasi semua tagihan dan menyisihkan uang lebih untuk tabungan, investasi atau membeli barang-barang mewah yang Anda idam-idamkan..

Utang Terlalu Banyak

Cara Mengatasi Masalah Keuangan

Ini adalah salah satu alasan paling umum dalam perselisihan keuangan keluarga yaitu persoalan hutang yang semakin menumpuk. Dan hutang ini menjadi penyebab utama stres dan ketegangan dalam hubungan keluarga. Hutang adalah salah satu alasan yang paling banyak untuk perceraian setiap pasangan.

Banyak yang keluar dari masalah hanya dengan memfokuskan energi finansial mereka pada pengurangan hutang. Berhentilah menggunakan kartu kredit dan jika Anda dapat menghasilkan uang tambahan, peruntukkan semuanya untuk melunasi hutang. Ini akan memakan waktu, tetapi hasilnya akan bagus untuk keluarga Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kemungkinan Solusi untuk Pengurangan Utang

Pertama, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Ada banyak keluarga lain yang memiliki utang pinjaman yang melebihi jumlah penghasilan mereka tiap bulannya. Bahkan utang mereka ada di mana-mana. Untuk mengurangi utang sekaligus sebagai cara mengatasi masalah keuangan, ada banyak cara yang terbukti dapat menangani sejumlah besar hutang dengan cara dan melindungi keuangan keluarga. Inilah beberapa di antaranya:

  • Hubungi kreditor Anda untuk menegosiasikan persyaratan dan/ atau mencoba untuk melunasi hutang Anda.
  • Pinjam dari dana pensiun Anda untuk melunasi hutang Anda. Suku bunga biasanya jauh lebih rendah, dan semua uang itu jatuh ke tangan Anda.
  • Tingkatkan penghasilan Anda dengan mengambil pekerjaan sampingan.
  • Belajar hidup dengan lebih hemat dan meminimalisirkan pengeluaran Anda.
  • Gunakan pembelanjaan Anda dengan uang tunai daripada kartu kredit.
  • Uang tunai dalam beberapa saham dan obligasi untuk melunasi pinjaman berbunga tinggi.
  • Gunakan hipotek kedua atau pinjaman pribadi untuk mengkonsolidasikan semua hutang tanpa jaminan ke dalam satu hutang pada tingkat yang lebih rendah.
  • Nyatakan kebangkrutan – hanya sebagai upaya terakhir, ketika tidak ada yang lain yang berhasil.

Tagihan Kesehatan Tinggi

Banyak penelitian menunjukkan alasan utama perceraian, selain utang adalah tagihan perawatan kesehatan yang tinggi. Biaya perawatan kesehatan juga merupakan utang yang paling banyak dan yang mengarahkan Anda pada kebangkrutan. Bahkan mereka yang memiliki asuransi kesehatan sering melihat sebanyak sepertiga dari gaji mereka untuk membayar asuransi.

Sebenarnya masalah kesehatan telah mendapat subsidi dari pemerintah untuk kategori beberapa keluarga, bahkan ada juga yang mendapatkan asuransi untuk kesehatan mereka dengan syarat-syarat tertentu.

Sebuah solusi yang mungkin dilakukan di sini adalah dengan memberlakukan asuransi kesehatan seperti setiap kebutuhan hipotek dan utilitas. Ini bukan “biaya tambahan,” tetapi suatu keharusan untuk menjaga keamanan finansial Anda. Jika Anda menjadikan asuransi kesehatan sebagai biaya yang diperlukan, biayanya akan lebih kecil. Tetapi itu bisa berarti Anda mungkin harus mengurangi hal-hal lain.

Sesuaikan Biaya Asuransi Kesehatan

Anda juga dapat menyesuaikan biaya asuransi kesehatan Anda hingga tingkat tertentu. Jika tidak ada seorang pun di keluarga Anda yang jatuh sakit atau terluka, atau Anda memiliki banyak tabungan untuk menutupi keadaan darurat, mungkin rencana dengan batas tahunan yang dapat dikurangkan. Kerjakan pekerjaan rumah Anda, riset semua aspek pilihan asuransi kesehatan Anda. Pilih paket yang menawarkan keseimbangan yang tepat antara layanan kesehatan yang dibutuhkan keluarga Anda dan dampaknya terhadap anggaran pribadi.

Singkirkan Pengeluaran yang Tidak Tepat

Bijaklah dalam mengelola dan membelanjakan uang Anda. Karena terkadang secara tidak sadar Anda menggunakan uang Anda untuk sesuatu yang tidak penting dan barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Misalnya untuk mendapatkan mobil Anda tidak perlu membelinya sebagai mobil baru jika Anda bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah meskipun itu adalah mobil bekas. Ini adalah bentuk atau cara menyingkirikan pengeluaran yang tidak tepat, karena seperti yang kita tahu bahwa harga mobilpun akan terus menurun tiap tahunnya. Jika Anda memiliki garasi yang penuh dengan ratusan barang yang tidak lagi Anda gunakan, alasan inilah yang menyebabkan tingkat utang Anda yang tinggi menjadi lebih jelas. Pilihan pengeluaran keluarga Anda saat ini dan kedepannya mungkin tidak memerlukan pengeluaran yang besar, melainkan pengeluaran yang cukup.

Solusi: untuk mengurangi tingkat hutang Anda dan meningkatkan anggaran keluarga Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan prioritas yang jelas untuk seluruh rumah tangga. Itu berarti membuat keputusan keuangan yang sulit dan menghabiskannya dengan sesedikit mungkin. Kemudian, menjadikan pembayaran utang tanpa bunga dan bunga tinggi sebagai prioritas. Tetapkan dan terapkan tujuan yang dapat dicapai ke dalam anggaran yang mengurangi pengeluaran dan juga mulai pensiunkan satu per satu utang Anda.

Kehilangan Pekerjaan

Setiap saat, satu dari tiga orang memiliki rasa takut untuk kehilangan pekerjaan mereka. Tidak mengherankan, mengingat bahwa mereka yang memiliki pekerjaan yang tampaknya aman di industri yang sedang tumbuh ternyata diberhentikan pada waktu yang tidak tepat. Dengan begitu banyak pekerja melakukan pekerjaan mereka sebagai bagian dari perjanjian atas kehendak Atasan. Yang berarti mereka dapat dilepaskan kapan saja tanpa alasan, ketakutan ini tampaknya ditempatkan dengan baik. Ketika orang kehilangan pekerjaan tanpa peringatan, keluarga mereka sering mendapati diri mereka tanpa pencari nafkah.

Solusi utama di sini adalah merencanakan ke depan.

Kepala rumah tangga harus secara bebas mendiskusikan semua opsi yang mungkin jika terjadi kehilangan pekerjaan jauh sebelum itu terjadi. Pinjaman 1 jam untuk kredit macet akan melayani keluarga Anda sebagai upaya terakhir jika membutuhkan uang. Jadi itu harus ditemukan dalam rencana tindakan jika kehilangan pekerjaan. Pasangan lain dapat mengambil kelonggaran jika yang lain menjadi pengangguran. Sementara itu, fokuskan penghasilan sebanyak mungkin untuk mengurangi utang Anda dan menyisihkan uang untuk pepatah “hari hujan”.

Jika Anda ingin mendapatkan cara mengatasi masalah keuangan dengan cara yang praktis dan mudah, baik berkaitan dengan masalah penghasilan, hutang piutang, penjualan, omset usaha, pengelolaan bisnis dan sebagainya. yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi keuangan keluarga atau rumah tangga Anda, bisa dengan mengikuti pelatihan Zona Kaya di Bioenergi Center.

Adapun berbagai mengenai berbagai manfaat Zona Kaya secara detail Anda silahkan klik di sini ⇓⇓⇓

Cara Mengatasi masalah keuangan

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *