Home » Artikel » Artikel Umum » Mengatasi masalah » Cara Mengatasi Masalah & Menemukan Solusi Dengan Mudah & Cepat

Cara Mengatasi Masalah & Menemukan Solusi Dengan Mudah & Cepat

Cara Mengatasi Masalah

BAGIKAN :

Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mensikapi masalah dan berbagai konflik dalam dirinya. Ada yang membiarkan masalah begitu saja, ada yang justru larut dalam masalah dan menjadi semakin terpuruk hidupnya, namun ada juga yang eksis mencari cara mengatasi masalah dan mencari solusinya. Apalagi masalah yang ada timbul berkaitan langsung dengan dirinya, kehidupannya, keluarganya, serta masa depannya. Dalam wikipedia masalah didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini mengindikasikan bahwa siapapun yang ingin keluar dari masalah harus menemukan cara mengatasi masalah dengan cepat agar mampu merubah keadaan seperti yang diharapkan, menemukan solusi dan tidak menimbulkan masalah baru lainnya.

Dalam hal ini cara penyelesaian masalah yang tepat harus memperhatikan berbagai sisi, sudut pandang, serta unsur lainnya. Seperti sumber utama masalah, siapa saja yang terlibat, bagaimana dampaknya bagi Anda dan bagi orang lain yang berkaitan dengan masalah tersebut. Orang yang bijak akan mampu mengatasi masalah dengan tidak mengedepankan ego, namun melibatkan hati dan pikiran jernih. Bila perlu masalah tidak hanya diselesaikan secara teknis namun memperhatikan  sudut pandang lain misalnya bagaimana dari sisi sosial dan juga spiritual.

Cara mengatasi masalah dengan melibatkan sisi spiritual justru akan menjadikan masalah mudah teratasi. Demikian juga dalam menyelesaikan konflik, baik berupa konflik batin yang menimbulkan masalah dalam diri sendiri, maupun konflik kehidupan berkaitan dengan orang lain dan kehidupan sisi spiritual juga harus dipertimbangkan. Tidak banyak orang yang memahami hal ini, namun pada kenyataannya, cara mengatasi masalah dan konflik dengan cara teknis semata terkadang tidak menjadikan masalah selesai dengan tuntas. Namun bisa menimbulkan permasalahan lain yang justru lebih sulit diselesaikan. Karena itu dalam mencari cara mengatasi masalah d& menyelesaikan konflik harus mengedepankan sisi kebijaksanaan, melibatkan sisi spiritual, sosial dan keselarasan hati dan pikiran.

Cara mengatasi masalah seperti apa yang sudah Anda Praktekkan?

Dan Bagaimana Hasilnya?

Cara Mengatasi Masalah

Ketika masalah dalam kehidupan datang melanda, atau Anda sedang mengalami konflik kehidupan akibat kesalahan atau kegagalan maka yang pertama harus Anda lakukan adalah menerima kenyataan. Ini terkadang sulit, namun dengan menerima masalah yang terjadi atau konflik yang Anda alami, maka Anda justru bisa berpikir jernih. Dengan begitu Anda akan dengan mudah menemukan sumber permasalahan dan melakukan tindakan untuk mencari solusi.

Setiap masalah atau konflik yang terjadi pasti ada sebab musababnya, oleh karena itu kita harus pandai memilah setiap masalah dan memprioritaskan masalah yang paling kronis terlebih dahulu yang memiliki kemungkinan menimbulkan masalah lain apabila tidak segera diatasi. Untuk itu Anda harus bisa menerima masalah dengan hati terbuka, dan perasaan ikhlas dan penuh kesadaran. Dan senantiasa berpikir positif serta yakin bahwa setiap masalah pasti Ada jalan keluarnya.

Cara mengatasi masalah dengan menemukan kesadaran diri sangat efektif, dan bisa Anda praktekkan. Karena dengan kesadaran diri pula Anda akan memiliki energi yang besar untuk bisa bertahan, dan memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah tersebut.

Sebagai langkah cerdas dalam mengatasi masalah dan menyelesaikan konflik kita harus bisa memilah masalah terlebih dahulu. Karena masalah dalam kehidupan sangat beragam dan bukan tidak mungkin dalam waktu bersamaan kita juga memiliki banyak masalah. Misalnya kita ada masalah financial atau ekonomi karena kegagalan bisnis, sehingga kita juga punya masalah hutang dan dalam waktu yang bersamaan kita jadi punya penyakit atau bahkan menjadi stres dan sebagainya. Untuk itu memilah masalah menurut bidang permasalahan menjadi penting, seperti dalam uraian berikut ini:

Cara Mengatasi Masalah Pribadi

Masalah dan konflik pribadi sangat mungkin terjadi. Pribadi disini bisa berkaitan dengan diri kita sendiri maupun masalah yang bersifat privasi. Artinya masalah yang terjadi dalam lingkup keluarga sendiri atau yang tidak berkaitan dengan orang lain. Seperti masalah jodoh atau masalah yang berkaitan dengan pasangan hidup, masalah rezeki, masalah pertentangan hati, keyakinan, dan sebagainya. Konflik pribadi juga tidak jarang terjadi, yang apabila dibiarkan akhirnya berdampak pada masalah yang membahayakan diri dan kehidupan. Dan bahkan konflik pribadi bila terjadi pada orang yang tidak dewasa dalam berpikir bisa memicu kebohongan dan ketidakjujuran, sehingga justru menimbulkan banyak masalah lainnya.

Cara mengatasi masalah pribadi dan konflik yang sifatnya personal dan menyangkut diri kita sendiri, harus dengan meningkatkan kapasitas diri juga memiliki kesadaran diri. Kita juga harus memiliki kekuatan energi personal untuk menjaga diri jangan sampai terpuruk dan mampu bangkit dan mampu menemukan cara mengatasi masalah serta menemukan solusi yang tepat.

Secara garis besar cara mengatasi masalah pribadi dapat dikategorikan menjadi beberapa kriteria.

Inilah berbagai hal yang berkaitan dengan masalah pribadi dan cara mengatasi masalah tersebut!

Cara Mengatasi Masalah

  • Cara mengatasi masalah rumah tangga

Masalah Rumah Tangga adalah konflik pribadi yang terjadi dalam sebuah rumah tangga. Banyak hal yang bisa memicu konflik dalam rumah tangga. Bisa karena tidak adanya komunikasi antara suami-istri, gangguan keharmonisan, masalah hidup yang berat, campur tangan orang tua atau mertua, pihak ketiga, atau karena berbagai sebab lainnya.

Dalam mengatasi masalah rumah tangga sebaiknya melibatkan kedua belah pihak, namun apabila sebuah rumah tangga dalam kondisi konflik biasanya akan cenderung sulit menemukan titik temu. Karena baik suami atau istri pasti memiliki ego tinggi dan sibuk dengan pikirannya masing-masing. Akibatnya sulit menemukan solusi. Apabila  masing-masing cenderung hanya saling menyalahkan, sibuk membela diri maka yang ada justru saling menyalahkan dan apabila berlarut-larut maka akan menimbulkan berbagai kekacauan dalam rumah tangga tersebut.

Cara paling efektif dalam menyelesaikan konflik dalam rumah tangga yang paling efektif adalah dengan menyelaraskan frekuensi energi suami-istri tersebut. Tentu saja hal ini tidak mudah, harus ada kemauan dari kedua belah pihak untuk mencari cara mengatasi masalah yang sedang terjadi, menyadari kesalahan masing-masing dan mencari solusi. Untuk itu bisa berkonsultasi dengan konsultan atau penasehat pernikahan yang tepat. Sehingga keselarasan energi suami istri bisa terjadi. Dengan keselarasan energi tersebut akan mampu meningkatkan ikatan kasih sayang dan bisa mengembalikan keharmonisan hubungan rumah tangga.

  • Cara mengatasi masalah hutang

Hutang kerap kali menjadi masalah dalam kehidupan masyarakat di jaman modern ini. Pemicunya pun sangat beragam, bisa karena gaya hidup, kebutuhan hidup, karena masalah hidup, atau karena kesalahan dalam mengatur keuangan. Hutang juga beragam jenisnya seperti hutang konsumsi, hutang modal, hutang usaha. Sumber-sumber hutang juga sangat beragam seperti hutang bank, hutang kartu kredit, hutang ke leasing, hutang rentener dan masih banyak lagi.

Cara mengatasi masalah hutang selalu berkaitan dengan bagaimana seseorang mendapatkan uang atau penghasilan. Artinya seseorang yang memiliki hutang harus memiliki sumber keuangan atau sumber penghasilan untuk melunasi hutang tersebut. Namun tidak jarang terjadi ketika seseorang mengalami kegagalan usaha atau karena sebab tertentu kemudian kehilangan pekerjaan dan kehilangan sumber penghasilannya kemudian menimbulkan hutang berbagai masalah lainnya.

Untuk itu setiap masalah hutang harus di carikan jalan keluar dan solusinya dengan cepat agar hutang teratasi dan terhindar dari masalah lainnya. Anda harus bisa mengatasi masalah hutang dengan cerdas, dan jangan sampai terjerumus dalam hutang yang sulit. Seperti hutang kepada rentenir, atau hutang riba yang lain. Anda harus memiliki strategi yang tepat dalam mengatasi hutang.

Berikut ini strategi dan cara mengatasi masalah hutang dengan cepat

Cara Mengatasi Masalah

  1. Buatlah catatan hutang

Dengan mencatat hutang maka Anda akan mendapatkan kemudahan dalam membuat prioritas. Jangan lupa catat tanggal jatuh tempo dan besaran hutang yang anda miliki dalam setiap pos. Termasuk besaran bunga yang harus Anda bayarkan, serta nominal cicilan yang yang harus Anda siapkan setiap tanggal jatuh tempo setiap bulannya.

Dengan mencatat nominal, tanggal jatuh tempo dan bunganya maka Anda bisa membuat hitungan jumlah nominal yang harus Anda siapkan setiap bulannya.

  1. Pisahkan hutang sesuai kategori dan jumlah nominal

Hutang kepada individu atau personal seperti hutang kepada saudara atau teman misalnya yang ada kemungkinan untuk dinegosiasikan bisa dipertimbangkan ulang. Artinya memisahkan hutang kepada personal atau lembaga perlu karena berkaitan dengan resiko apabila anda tidak melunasi atau mencicil angsurannya tepat waktu.

  1. Buat prioritas dalam melunasinya.

Karena setiap hutang memiliki konsekuensi maka Anda harus cerdas dalam membuat sekala prioritas dalam melunasinya. Pilih hutang yang bunganya besar karena resiko kerugian juga besar kalau Anda tidak membayar tepat waktu. Apalagi jika jumplahnya besar. Jika Anda juga mampu menyelesaikan hutang yang sekalanya kecil tapi banyak, bila Anda melunasi hutang kecil-kecil terlebih dahulu juga bisa dijadikan pilihan. Karena Anda bisa mengurangi pos hutang Anda menjadi lebih sedikit.

  1. Cari sumber penghasilan tambahan

Poin keempat ini sangat penting karena apabila anda kesulitan melunasi hutang-hutang Anda dengan penghasilan yang Anda terima saat ini, maka tidak menutup kemungkinan Anda melakukan hutang lagi. Yaitu berhutang untuk menutup hutang yang lain. Agar hal itu tidak terjadi maka Anda harus mencari pendapatan tambahan, bisa dengan mencari pekerjaan sampingan, bisnis sampingan atau bisa juga dengan menjual aset.

Anda juga bisa menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai, sehingga bisa mengurangi biaya perawatan, dan mengefisienkan sumber daya. Yang terpenting anda harus tetap fokus pada sumber keuangan utama Anda, dan jangan sampai karena anda ingin mencari uang cepat dan mencari tambahan penghasilan praktis, justru kehilangan penghasilan utama Anda.

  1. Lakukan pendekatan spiritual untuk melunasi hutang

Pendekatan spiritual dalam melunasi hutang bisa anda lakukan dengan menyadari diri. Anda bisa bertafakur atau melakukan koreksi diri, mengapa Anda terlibat hutang bahkan memiliki banyak hutang. Dengan koreksi diri anda akan dengan mudah menemukan kesalahan-kesalahan yang membawa Anda pada hutang. Selanjutnya lakukan pendekatan diri kepada sang pemberi rezeki Allah SWT, yang Maha kaya dan meminta pertongan-Nya.

Energi spiritual juga bekerja dalam proses hutang piutang. Niatkan untuk membayar hutang maka energi akan menggerakkan potensi-potensi yang mungkin sebelumnya tersembunyi akan terbuka dan memberikan Anda jalan untuk menyelesaikan hutang. Dengan fokus pada tujuan menyelesaikan masalah hutang disertai dengan doa, maka hutang Anda akan teratasi.

  • Cara Mengatasi masalah usaha

Dalam sebuah usaha atau bisnis, masalah juga akan selalu ada. Baik masalah kegagalan usaha, omset yang menurun, persaingan usaha, masalah sumberdaya yang menjalankan usaha, atau masalah pemasaran.

Masalah usaha selalu berkaitan dengan untung rugi, dan keduanya akan membawa implikasi masalah yang berbeda. Untung akan memberikan penghasilan yang bagus kepada pemiliknya, namun membawa masalah bagaimana agar usaha bisa berkembang dan keuntungan meningkat. Kerugian akan membawa konsekuensi yang lebih sulit yaitu resiko menurunnya pendapatan atau bahkan kehilangan penghasilan bahkan hutang. Juga resiko kehilangan karyawan atau bisa jadi tertutupnya usaha.

Mengatasi masalah usaha harus dimulai dari bagaimana pengusaha itu memulai usaha. Tentu saja berkaitan dengan tujuan usahanya, perencanaan usahanya, operasionalnya, pengendalian dan juga pengembangan usahanya. Karena itu seseorang yang memiliki usaha harus memiliki pengetahuan cukup mengenai usaha yang dilakukannya, punya kualitas energi yang bagus sehingga bisa mengendalikan usaha dengan baik. Selengkapnya tentang Cara Mengatasi masalah usaha Cara Mengatasi Masalah

Memiliki mental yang kuat juga perlu agar bisa bangkit dari kegagalan dan keterpurukan. Setiap pengusaha juga harus punya strategi jitu dalam menjalankan usaha sehingga bisa mengatasi setiap masalah usaha, eksis dalam persaingan dan terus bisa menjalankan usahanya dengan baik. Bila perlu terus belajar dan mengikuti pelatihan usaha agar usaha bisa maju dan berkembang.

  • Cara mengatasi masalah karir

Cara Mengatasi Masalah

Karir dalam sebuah pekerjaan berkaitan dengan prestasi dan pencapaian. Dimana karir yang bagus memungkinkan seseorang juga memperoleh penghasilan yang tinggi. Namun untuk meraihnya tentunya tidak mudah. Dan sering kali ada kendala-kendala dan masalah yang dialami seseorang dalam meningkatkan karir dan jabatannya. Masalah karir juga berkaitan dengan persaingan, dimana ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan karir dan posisi bagus.

Untuk mencapai karir juga pasti ada tantangan dan masalah yang harus dihadapi. Dimana tantangan dan masalah itu bisa berasal dari diri pegawai itu sendiri atau dari luar, termasuk dari atasan atau bahkan persaingan sesama pegawai. Namun kunci mengatasi masalah dalam karir adalah kejujuran dan selalu melakukan yang terbaik. Bagaimana bentuk tantangan atau pun persaingan dalam karir bisa diatasi dengan kedua hal tersebut disertai kualitas energi yang bagus. Sehingga dengan kualitas energi yang bagus, seseorang dapat dengan mudah meningkatkan kualitas diri dan mengembangkan potensinya. Sehingga bisa cepat mendapatkan kepercayaan atasan, dan eksis dalam persaingan. Selengkapnya tentang solusi masalah karir Cara Mengatasi Masalah

Lantas bagaimana dengan persaingan karir yang tidak sehat?

Dalam segala urusan kehidupan pasti ada kompetisinya termasuk dalam karir. Orang-orang dengan karir bagus, dengan etos kerja bagus, serta berprestasi dan produktif biasanya rawan terhadap energi negatif. Energi negatif itu bisa berasal dari perasaan iri dengki sesama pegawai yang merasa tersaingi, bisa juga akibat fitnah dari jabatannya. Namun semua itu bisa diatasi dengan cara memanfaatkan kualitas energi yang Anda miliki. Yaitu dengan mengikuti program pelatihan yang tidak hanya mengajarkan metode-metode teknis mengenai peningkatan karir dan peningkatan SDM namun juga yang mampu melejitkan potensi diri.

Dengan demikian anda memiliki bekal yang cukup dan energi yang baik untuk menetralisir energi negatif yang datang dari luar, bahkan mampu melejitkan potensi diri. Dengan kemampuan mengelola potensi yang ada serta peningkatan energi personal menjadi lebih tinggi maka akan mendongkrak kesuksesan Anda dalam hidup. Sehingga Anda akan lebih mudah meraih karir dan jabatan yang diinginkan, mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan karir dengan bijak dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

  • Cara mengatasi masalah bisnis

Seperti dalam cara mengatasi masalah usaha, cara mengatasi masalah bisnis juga berkaitan dengan penjualan, marketing, omset, strategi dan juga kualitas produk yang menjadi komoditi dalam bisnis. Untuk mengatasi masalah dalam bisnis juga harus melibatkan hati dan pikiran, perlu fokus, ketenangan dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan bisnis. Siapapun yang ingin sukses dalam bisnis harus paham bagaimana seluk beluk bisnis yang digelutinya. Sehingga tetap bisa bertahan dalam kondisi-kondisi sulit bahkan bisa mengubah berbagai tantangan dan kendala menjadi kesuksesan.

Untuk Anda yang sudah memiliki bisnis dan ingin meningkatkan keuntungan bisnisnya, atau Anda yang sedang mengalami masalah dalam bisnis dan mencari solusi, anda bisa melakukan konsultasi bisnis dengan konsultan yang tepat. Anda juga harus punya strategi bisnis yang bagus sehingga selalu bisa mengikuti trand bisnis yang ada dan bisa eksis dalam persaingan. Dalam hal ini Anda bisa mengikuti program pelatihan bisnis yang sesuai, sehingga Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses, memiliki bisnis yang kuat, maju, menguntungkan dan berkembang. Anda juga mampu mengatasi berbagai masalah dalam bisnis dengan cepat dan mudah. Untuk konsultasi masalah bisnis dan menemukan cara mengatasi masalah bisnis Cara Mengatasi Masalah

  • Cara mengatasi masalah penyakit

Masalah pribadi yang berkaitan dengan penyakit, akan mudah dihinggapi oleh orang-orang yang bermasalah dalam hidupnya. Dimana masalah yang dialaminya mengganggu kekuatan pikiran dan hatinya. Akibatnya bisa menurunkan stamina dan daya tahan tubuh juga kebugaran. Dampaknya adalah gangguan pikiran dan gangguan fungsi tubuh yang bisa berupa stres pikiran dan juga penyakit fisik.

Cara mengatasi masalah penyakit bisa dilakukan dengan banyak cara dan cara terbaik adalah dengan pongobatan holistik. Artinya memadukan pengobatan medis dan spiritual.

Mengapa?

Karena banyak penyakit yang bisa dirasakan namun sulit terdeteksi medis, meski juga ada penyakit yang benar-benar terjadi karena gangguan fungsi tubuh. Namun dalam banyak penelitian menyebutkan bahwa penyakit akan mudah muncul dari gangguan pikiran. Sehingga mula-mula akan merusak sistem energi tubuh yang kemudian memunculkan gangguan-gangguan. Solusinya adalah dengan melakukan penyembuhan terpadu dan melihat penyakit dari sudut pandang yang tepat, diagnosa tepat serta cara mengatasinya juga dengan cara-cara yang tepat. Selengkapnya tentang cara mengatasi masalah penyakit & gangguan kesehatan Cara Mengatasi Masalah

  • Cara mengatasi masalah keuangan

Masalah keuangan baik dalam sebuah lembaga atau rumah tangga bahkan dalam lingkup pribadi seingkali memicu masalah lain yang lebih komplek. Untuk itu masalah keuangan harus mampu diatasi dengan baik. Banyak aspek yang menyebabkan timbulnya masalah keuangan. Bisa karena kesalahan dalam mengelolanya, hilangnya sumber penghasilan, berkurangnya pendapatan, atau karena sebab lain.

Mengatasi masalah keuangan sebaiknya melihat berbagai aspek dan jalan terbaik untuk menemukan cara mengatasi masalah keuangan ini adalah dengan mencari akar penyebabnya. Selanjutnya mengambil tindakan tepat untuk segera mencari solusinya, sehingga masalah keuangan bisa teratasi dan tidak menimbulkan permasalahan lainnya.

  • Cara mengatasi masalah anak

Cara Mengatasi Masalah

Masalah pribadi berkaitan dengan masalah anak ini sangat sensitif. Karena anak adalah buah hati, maka dari itu cara mengatasi masalah yang berkaitan dengan anak juga harus menggunakan pendekatan hati. Masalah anak seperti anak malas, susah diatur, sulit berpikir, mudah sakit, emosional dan melawan orang tua pastilah ada pemicunya. Bisa karena ada gangguan yang sifatnya fisik dan berasal dari dalam diri anak tersebut ada pula yang disebabkan faktor dari luar yang sifatnya non fisik. Pengaruh lingkungan juga sangat mudah mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak dalam banyak aspek.

Untuk mendapatkan solusi mengenai masalah anak, apapun bentuk permasalahannya, orang tua harus terlibat. Dan orang tua juga harus memiliki kualitas energi yang cukup untuk bisa memegang kendali. Bukan berarti orang tua harus bersikap keras pada anak, namun orang tua harus menjadi mitra yang baik buat anak. Dengan cara itu orang tua sebagai orang yang paling dekat secara emosional dengan anak akan lebih cepat mencari penyebab masalah terjadi dan bisa menemukan solusinya dengan tepat. Namun apabila cara mengatasi masalah anak sudah dilakukan dan belum membuahkan hasil Anda bisa melakukan konsultasi dengan psikiater, konsultan anak atau kepada ahlinya. Ingin anak berprestasi dan sukses? selengkapnya tentang solusi masalah anak Cara Mengatasi Masalah

Cara Menghadapi Masalah Keluarga

Selain masalah pribadi yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari, masalah dalam hidup kita juga ada yang berkaitan dengan keluarga. Dimana masalah keluarga menyangkut hubungan dengan orang lain, artinya melibatkan masalah pribadi dan masalah sosial. Masalah keluarga yang sering muncul bisanya berkaitan dengan masalah warisan, orang tua, atau karena hal lain yang diakibatkan oleh perasaan ketidakadilan atau perasaan lainnya. Sehingga masalah-masalah tersebut menimbulkan iri dengki dan seolah ada persaingan dalam keluarga tersebut.

Cara mengatasi masalah keluarga yang paling tepat adalah dengan musyawarah mufakat. Namun ini tidak mudah dilakukan karena setiap anggota keluarga pasti memiliki perbedaan kepentingan, kesibukan dan juga bisa akibat kendala jarak dan waktu. Namun apapun masalah keluarga yang dihadapi pasti akan ada solusinya. Cara terbaik adalah dengan mempertemukan semua anggota keluarga dan ada kesepakatan tertentu untuk saling bertatap muka sehingga bisa sharing dan menemukan akar permasalahan sekaligus menemukan solusi.  Selengkapnya tentang solusi masalah keluarga Cara Mengatasi Masalah

Cara Menghadapi Masalah Hidup

Seperti halnya masalah pribadi dan masalah keluarga masalah hidup pada setiap orang selalu datang silih berganti. Bahkan ada juga masalah hidup yang datang bertubi-tubi sehingga mambuat yang mengalaminya menjadi terpuruk dan sulit menemukan jalan keluarnya. Akibatnya masalah semakin berat, dan cara mengatasi masalah yang berat biasanya melibatkan pihak lain dan perlu seseorang yang bisa menjadi penyelesai masalah, atau yang mau menuntun dan mengarahkan untuk mengambil kebijakan dan keputusan.

Masalah hidup juga bisa berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa menjadi tenang dan damai dalam menjalani hidup. Bisa juga berkaitan dengan bagaimana seseorang meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. Artinya cara mengatasi masalah hidup juga bisa berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa lebih cepat dalam meraih tujuan hidup, mewujudkan harapan keinginan atau bahkan menyelesaikan masalah itu sendiri.

Tidak jarang masalah spiritual, masalah sosial, masalah mental dan harga diri juga menjadi sumber masalah dalam kehidupan. Hal ini berkaitan dengan energi yang bekerja dalam diri manusia. Dan sebagai solusi berbagai masalah hidup manusia kita harus mampu mengelola energi dan potensi yang ada dalam diri. Dengan begitu kita akan lebih mudah menemukan solusi. Selengkapnya tentang Cara Mengatasi Masalah Hidup    Cara Mengatasi Masalah

Cara Mengatasi Masalah dalam Hidup

Cara Mengatasi Masalah

Dalam perjalanan hidup sampai saat ini Anda mungkin pernah mengalami hal yang sama atau masalah yang sama dalam hidup. Atau mungkin mengalami beberapa masalah berlainan dengan kasus berbeda dalam waktu bersamaan. Yang jelas setiap orang pasti pernah mengalami konflik. Mengalami masalah yang datang bertubi-tubi atau bahkan masalah yang sering muncul termasuk masalah yang berat.

Jangan pernah sekalipun lari dari masalah, karena Anda bisa terjebak dalam masalah itu sendiri. Cara terbaik adalah coba menghadapinya, mengatasinya dan menyelesaikannya. Seperti dilansir dari finansialku.com cara mengatasi masalah dalam kehidupan dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Melakukan Refleksi Diri

Jika Anda mengalami masalah dalam hidup  atau konflik dengan orang lain, cobalah untuk melakukan refleksi diri. Apa ada sesuatu yang tidak benar dengan diri Anda dan perlu untuk diperbaiki, dimana hal itu membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan Anda dan menyebabkan konflik dalam kehidupan sosial maupun dalam hubungan pertemanan. Atau bahkan menjadi masalah berat yang menyeret masalah lain dalam hidup Anda?

Mungkin Anda tidak berada pada posisi “bersalah”, atau bahkan sebenarnya Anda adalah korbannya. Dalam kondisi demikian, apa Anda tetap berpikir untuk mencari jalan damai dengan orang yang sedang berkonflik dengan Anda?

Merasa diri pada posisi yang benar dan menganggap orang lain bersalah, bisa menjadi keputusan yang bisa membuat hubungan Anda dengan orang yang berkonflik menjadi tidak baik di kemudian hari. Berusahalah bersikap bijak dan tidak menyudutkan orang lain yang berkonflik dengan Anda, apalagi jika memang sudah jelas dia yang bersalah. Anggaplah ia tidak paham apa yang sebenarnya terjadi atau bila perlu Anda menjelaskan masalah dengan pendekatan yang tepat.  Sehingga membuat konflik bisa diatasi.

  1. Ambil Waktu Berpikir Jernih

Ketika sedang menghadapi masalah, dan ingin mendapatkan cara mengatasi masalah dengan baik, otak kita bekerja menjadi tidak beraturan. Dan adakalanya bisa membuat orang menjadi kehilangan kontrol atas dirinya dan tidak mampu berpikir jernih. Bisa juga hal itu membuat seseorang menjadi khilaf sehingga melakukan tindakan di luar nalar atau sesuatu yang tidak masuk akal yang akhirnya menjadi penyesalan.

Anda tidak ingin hal-hal buruk terjadi bukan? Apalagi membuat masalah semakin rumit dan menyebabkan terjadinya masalah baru sehingga semakin meruncingkan suasana. Kemungkinan-kemungkinan seseorang yang bermasalah menjadi tidak terkendali sangat besar karena pikiran kacau dan hati pun diliputi kegelisahan. Sehingga pikiran dan hati tidak bisa selaras serta terkoordinasi dengan baik.

Dalam hal ini untuk mendapatkan cara mengatasi masalah apapun dalam hidup pengendalian hati dan pikiran menjadi sangat penting. Karena akan berakibat fatal, dan bila itu terjadi memudahkan seseorang untuk berpikir positif dan mampu memandang setiap kejadian dalam hidup dengan penuh kebijaksanaan.

  1. Dahulukan Bicarakan Segala Sesuatu Secara Kekeluargaan

Saat Anda sudah dalam kondisi tenang dalam menyelesaikan konflik yang sedang terjadi, maka duduk bersama dan bicara secara kekeluargaan bisa menjadi alternatif solusi. Hormatilah orang lain meskipun ia menjadi penyulut konflik, dan bicaralah dengan penuh kesopanan, maka suasana akan menjadi dingin dan mampu membuat anda lebih mudah menemukan jalan keluar dari konflik tersebut.

  1. Ambil Inisiatif Positif

Dalam kenyataannya tidak selalu niat baik seseorang ditanggapi dengan baik oleh orang lain. Dengan berharap sesuatu itu sangat baik, dan memiliki ekspektasi agar orang lain berpikir dan berbuat sama dengan apa yang kita pikirkan dan inginkan itu adalah hal yang naif.

Tidak semua orang memiliki pemikiran positif dan memiliki inisiatif positif demi kebaikan bersama. Konflik atau masalah dalam hidup juga terjadi akibat perbedaan-perbedaan, maka sulit bagi siapapun untuk mengharapkan kebaikan dari orang lain. Yang harus kita lakukan adalah selalu berpikir positif, untung rugi tidak selalu terukur dari materi namun kebaikan dan keberkahan akan mengalir seiring dengan ketulusan dan kebaikan.

  1. Lihat Peluang di Balik Sebuah Ketidakberuntungan

Setiap masalah atau konflik sesungguhnya memberikan kita banyak pelajaran dan hikmah. Yang terpenting kita tidak terpuruk atau bahkan menjadi stres dan depresi dengan kondisi yang sedang terjadi. Justru masalah akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalam berpikir, dan memunculkan kreatifitas serta memunculkan kesadaran.

Justru yang menjadi pekerjaan rumah buat kita adalah bagaimana melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, sehingga mampu menjadikan masalah menjadi peluang untuk sukses. Membuat ketidakberuntungan menjadi ajang untuk berpikir cerdas sehingga mendongkrak potensi dan meningkatkan kualitas diri.

Mengapa? Karena keyakinan positif akan memicu energi bekerja menjadi lebih kuat dan frekuensi energi yang meningkat apabila diselaraskan dengan pikiran dan hati yang saling bersinergi menjadi kekuatan luar biasa untuk memacu diri bangkit dari keterpurukan dan menemukan cara mengatasi masalah yang terjadi dengan bijak.

*******

Dengan cara mengatasi masalah dan menyelesaikan konflik melalui keterlibatan hati dan pikiran, maka masalah akan mudah teratasi. Konflik bisa lebih cepat selesai dan membuat hati lebih tenang. Sikap baik kepada orang lain yang diberikan secara tulus tanpa pamrih akan memberi dampak positif bagi sebuah hubungan. Hal ini karena bekerjanya energi bioelektromagnetik dalam hukum sebab akibat atau hukum bioelektromagnetik.

Dimana orang yang berpikir positif mampu menarik energi positif dari alam semesta dan lingkungannya dan menghasilkan kebaikan-kebaikan dalam hidup. Sebaliknya pikiran negatif akan menarik energi negatif pula. Sehingga akan melahirkan berbagai keburukan, kehancuran, nestapa dan kekecewaan. Kunci dari bagaimana mengelola energi positif dan potensi yang ada dalam diri adalah dengan meningkatkan kualitas energi personal kita.

Dengan peningkatan kualitas energi, selain membuka pintu-pintu kesuksesan, menarik energi keberuntungan dan memudahkan seseorang mewujudkan harapan. Juga meningkatkan kreativitas dan produktifitas sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup. Cepat dalam mengambil keputusan serta menemukan solusi masalah hidup dan dengan cepat menemukan cara mengatasi masalah yang dihadapinya. Hidup lebih tenang, percaya diri, dekat dengan Tuhan dan lebih sehat, sukses, sejahtera.


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :