Home » Artikel » Artikel Umum » Cara Mengembangkan Usaha Anda Dengan 9 Strategi Ampuh Berikut!

Cara Mengembangkan Usaha Anda Dengan 9 Strategi Ampuh Berikut!

  • by

Saat berbisnis, mungkin yang sering kita tanyakan adalah bagaimana cara mengembangkan usaha? Karena dalam beberapa tahun pertama ketika berbisnis, sebagian besar yang dilakukan seorang pengusaha adalah berfokus pada kelangsungan hidup mereka. Namun, memprioritaskan pertumbuhan bisnis Anda adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peluang bahwa perusahaan Anda tidak hanya bertahan tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan ekonomi dan mmemiliki masa depan keuangan yang stabil.

Bagaimana cara mengembangkan usaha Anda? Serta apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda mendapatkan penghasilan dan pendapatan melebihi dari jumlah yang Anda bayangkan?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda berkembang dan bertumbuh?

Untuk mengembangkan usaha, Anda dapat mempraktikkan 9 strategi ampuh di bawah ini:

1. Pertahankan pelanggan lama Anda

Mendapatkan pelanggan baru bukanlah satu-satunya cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Sering kali, pelanggan yang sudah Anda miliki adalah salah satu cara terbaik Anda untuk meningkatkan penjualan Anda, dan penelitian telah menemukan bahwa meningkatkan retensi pelanggan juga meningkatkan nilai perusahaan.

Pelanggan yang pernah membeli dari Anda kemungkinan besar akan melakukannya lagi, terutama jika mereka memiliki pengalaman layanan pelanggan yang positif. Menangkap informasi kontak dan preferensi belanja pelanggan satu kali. Kemudian, gunakan informasi tersebut untuk mengatur sistem pemasaran yang akan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap.

2. Minta Testimoni

Tentu saja, menarik pelanggan baru ke bisnis Anda bukanlah sesuatu yang mudah dan tidak terlalu sulit juga. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan meminta testimoni dari pelanggan Anda saat ini.

Pelanggan ini sudah menjadi target pasar Anda, yang berarti bahwa orang-orang di lingkungan sosial atau pekerjaan mereka kemungkinan besar akan menjadi target pasar Anda juga. Hal ini membuat mereka menjadi titik akses yang kuat untuk mendapatkan pelanggan baru.

Namun, dengan asumsi bahwa pelanggan Anda menyampaikan berita tentang bisnis Anda tidak akan meningkatkan basis pelanggan Anda. Anda harus aktif mencari testimoni. Bergantung pada jenis dan ukuran bisnis Anda, Anda dapat:

  • Bertanya kepada pelanggan yang puas dengan produk atau layanan Anda dan tanyakan apakah mereka mengenal orang lain yang akan tertarik dengan produk atau layanan Anda.
  • Berikan mereka diskon
  • Dorong pelanggan untuk membagikan dan menandai merek Anda di media sosial.

3. Perhatikan kesehatan keuangan bisnis Anda

Meningkatkan laba Anda adalah kunci untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda memperluas pangsa pasar tetapi terus meningkatkan biaya Anda, Anda sebenarnya tidak akan memiliki uang tersisa untuk diinvestasikan dalam bisnis Anda atau menghasilkan keuntungan.

Jadi, saat Anda mencari cara untuk berkembang, perhatikan baik-baik biaya yang terkait dengan menjalankan bisnis Anda dan menyampaikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan. Menurunkan biaya ini bisa menjadi cara yang efektif untuk memberi bisnis Anda arus kas yang dibutuhkan untuk tumbuh dan stabil. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan uang Anda dalam bisnis. Karena keuangan dalam bisnis adalah sesuatu yang fundamental.

4. Perluas Jangkauan Pasar Anda

Memperluas jangakauan pasar Anda adalah salah satu cara untuk mengembangkan usaha Anda. Ada beberapa cara untuk mengembangkan bisnis Anda dengan membuat produk atau layanan Anda tersedia untuk mendapatkan pelanggan baru.

  • Buka toko di lokasi baru: Lokasi baru juga bisa virtual, seperti situs web dengan toko online. Hal ini memungkinkan Anda untuk menempatkan produk Anda di depan pelanggan baru di pasar baru.
  • Targetkan demografi baru: Identifikasi grup lain yang juga dapat menggunakan produk Anda dengan cara yang mirip dengan audiens target awal Anda. Setelah Anda mengidentifikasi pasar baru, Anda dapat beriklan di media yang menargetkan pasar tersebut atau membuat kampanye pemasaran khusus.
  • Mendorong penggunaan baru untuk produk Anda: Menemukan dan mempromosikan cara baru untuk menggunakan produk atau layanan Anda memungkinkan Anda mendorong pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak. Ini juga dapat membantu Anda menarik pelanggan baru yang mungkin membutuhkan produk Anda karena berbagai alasan.

Semua pendekatan ini memungkinkan Anda untuk memperluas pangsa pasar Anda. Ini tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga membuat bisnis Anda lebih stabil. Ketika Anda tidak hanya mengandalkan satu jenis target pelanggan, Anda akan lebih mungkin bertahan dari perubahan pasar dan kondisi pasar.

5. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Kehadiran pameran dagang yang kuat dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dan menjadikan diri Anda sebagai pemimpin di industri lokal Anda.

Pameran dagang dapat menarik orang yang sudah tertarik dengan jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ini memberi Anda peluang untuk langsung memasarkan ke sekelompok besar orang yang dijamin menjadi audiens target Anda. Pameran dagang juga memberi Anda manfaat untuk berinteraksi langsung dengan calon pedagang Anda. Serta meningkatkan kemampuan Anda untuk terhubung dan mengonversi calon pelanggan.

Pameran dagang juga memungkinkan Anda untuk berjejaring dengan bisnis lain di industri Anda. Ini membuka pintu bagi peluang baru, untuk promosi, dan kolaborasi.

Bekerja dengan bisnis lain ini dapat membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan membangun kredensial Anda dalam skala nasional atau bahkan internasional, yang semuanya dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

6. Diversifikasi Produk atau Layanan Anda

Kunci untuk mengembangkan bisnis Anda melalui diversifikasi adalah membangun kesamaan. Anda ingin melakukan salah satu dari dua hal:

Fokus pada produk/layanan yang terkait dengan yang sudah Anda jual yang menjawab kebutuhan pelanggan yang sudah Anda layani.

Fokus pada segmen pasar baru dengan kebutuhan dan karakteristik yang sama dengan pelanggan Anda yang sudah ada.

Misalnya, seorang seniman mungkin juga menjual bingkai dan layanan pembingkaian. Bisnis yang menyewakan sepeda gunung di musim panas mungkin beralih ke menyewa ski dan sepatu salju di musim dingin. Menerapkan perubahan kecil dari waktu ke waktu dapat memungkinkan Anda untuk mendiversifikasi produk Anda dan menjangkau pelanggan baru tanpa terlalu memperluas bisnis Anda.

7. Kembangkan Peluang Waralaba

Jika Anda memiliki bisnis yang sukses dan dapat mengembangkan sistem yang memastikan bahwa orang lain dapat menduplikasi kesuksesan Anda, waralaba mungkin merupakan jalur cepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Untuk membuat waralaba, Anda melisensikan model bisnis, proses, dan merek Anda kepada pewaralaba yang kemudian menjual produk dan layanan bermerek Anda di lokasi mereka sendiri, dengan nama yang sama dengan bisnis Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan pasar Anda ke lokasi baru, menciptakan pengenalan nama yang lebih luas, dan menciptakan pendapatan baru dari lisensi dan lokasi waralaba.

8. Lakukan ekspor produk

Memperluas ke pasar internasional juga dapat menjadi dorongan kuat untuk keuntungan bisnis Anda.

Seperti halnya waralaba, ini adalah cara mengembangkan bisnis Anda dengan mengakses pelanggan baru di lokasi geografis yang beragam. Namun, hal tersebut juga membutuhkan komitmen besar waktu dan sumber daya.

Memperluas secara internasional dapat menjadi rumit secara hukum, karena Anda harus berurusan dengan pembatasan undang-undang perdagangan dan bea cukai di banyak negara. Anda mungkin juga memerlukan lisensi ekspor, tergantung pada produk Anda dan negara tujuan ekspor Anda.6 Namun, jika Anda memiliki waktu dan sumber daya, mengekspor produk Anda memungkinkan Anda untuk tumbuh ke pasar yang sebelumnya tidak dapat diakses, menciptakan peluang besar untuk pertumbuhan bisnis Anda.

9. Pilih Strategi Pertumbuhan yang Tepat untuk Bisnis Anda

Menemukan strategi pertumbuhan yang tepat tergantung pada tahap bisnis Anda dan sumber daya yang Anda miliki saat ini. Pertimbangkan apa yang harus Anda investasikan, seperti uang, waktu, keahlian, atau sumberdaya, serta pasar Anda saat ini, tujuan bisnis, dan minat pelanggan Anda.

Tidak setiap strategi akan tepat untuk setiap bisnis atau menarik bagi setiap pemilik bisnis. Untuk memulainya Anda dapat:

  • Pilih satu atau dua ide yang sesuai untuk bisnis dan keadaan Anda.
  • Buat rencana bisnis baru berdasarkan strategi itu.
  • Tetapkan tolok ukur untuk pertumbuhan, pengeluaran, dan pendapatan.
  • Lacak tolok ukur ini secara teratur untuk memantau kemajuan Anda.

Meskipun Anda mungkin tidak akan langsung mengalami pertumbuhan, Anda akan melihat kemajuan jika Anda terus menerapkan rencana Anda secara sistematis dan konsisten. Dan jika satu strategi tidak berhasil, bersiaplah untuk mundur, buat rencana baru, dan coba lagi.

____

Menjadi konsisten dan teratur dalam menerapkan semua cara-cara di atas terkadang tidak mudah. Karena mungkin Anda tidak menyadari keberadaan energi negatif yang menghambat segala aspek kehidupan Anda. Termasuk dalam persoalan bisnis dan saat Anda mengembangkan usaha Anda. Maka dari itu Anda perlu meningkatkan level energi Anda dengan melakukan loncatan energi. Hasilnya usaha Anda menjadi lancar, penjualan meningkat, terjadinya perluasan pasar dan omset Anda mengalami peningkatan yang signifikan. Saatnya Anda menetralisir berbagai bentuk energi negatif dan melakukan penyesuaian energi dengan pelatihan Quantum Bioenergi.

Kunci Sukses Bisnis Kuliner_ Bioenergi Center


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang