Home » Artikel » Artikel Solusi » Cara Menghilangkan Stres Yang Efektif & Mudah Dipraktekkan

Cara Menghilangkan Stres Yang Efektif & Mudah Dipraktekkan

BAGIKAN :

Stres bisa terjadi pada siapa saja, pada berbagai kondisi dan bahkan pada setiap lini kehidupan. Penyebab stres juga bisa sangat beragam. Namun pada prinsipnya stres terjadi karena adanya tekanan. Sehingga mengakibatkan pikiran tegang, hati tidak tenang, sulit tidur, kepala pusing, gelisah, takut, cemas, bahkan bisa mengganggu emosi. Cara menghilangkan stres yang efektif adalah dengan mengetahui penyebabnya dan kemudian mencari solusi yang tepat sesuai yang melatarbelakanginya.

Cara menghilangkan stres untuk kondisi yang berbeda juga memerlukan metode atau cara yang beda. Untuk menghilangkan stres pada pekerjaan, stres karena kegagalan bisnis, stres karena banyak hutang misalnya yaitu dengan menyelesaikan pekerjaan, membangun bisnis lainnya, lunasi hutangnya. Demikian juga apabila stres terjadi pada ibu hamil, stres pada anak maka solusinya juga pasti berbeda.

Dibawah ini akan dijelaskan berbagai cara menghilangkan stres pada berbagai keadaan kehidupan yang bisa Anda praktekkan. Seperti yang dilansir dari merdeka.com berikut ini:

Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

 

Cara Menghilangkan Stres

Rutinitas harian di tempat kerja, baik di lapangan atau dikantor tidak jarang membuat stres. Belum lagi beban kerja yang berat, target pekerjaan dan date line yang ketat serta kesulitan dan masalah pekerjaan yang sulit diatasi akan rentan menyebabkan stres. Cara mengatasi stres di tempat kerja akibat beban kerja dan karena adanya masalah dalam pekerjaan harus melibatkan keyakinan, kekuatan hati dan pikiran.

Namun sebagai cara yang mudah dipraktekkan Anda bisa mengatasi stres di tempat kerja dengan memperhatikan kesehatan fisik, kebugaran dan melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Aktivitas fisik yang sederhana namun menyenangkan akan mengalirkan energi positif dan bisa meredakan ketegangan pikiran atau stres di tempat kerja. Sedikit peregangan otot dan mengalihkan pandangan pada obyek yang indah juga bisa jadi solusi.

Berikut ini Cara menghilangkan stres di tempat Kerja yang harus Anda Tahu!

 

  1. Lakukan senam pernafasan ringan

Tidak harus dengan aktifitas fisik berat, perasaan tertekan atau stres bisa diatasi dengan senam pernafasan ringan. Caranya Anda bisa menarik nafas dalam-dalam selama beberapa detik dan merasakan dada Anda terisi. Kemudian lepaskan secara perlahan agar Anda bisa merasakan sensasi seolah Anda sedang membuang sesuatu yang membebani dada dan pundak Anda. Dari situ Anda akan mulai merasakan ada himpitan yang terlepas.

Lakukan beberapa kali sampai badan terasa lebih segar. Saat bernafas Anda juga bisa melakukan dengan menghirup udara melalui lubang hidung sebelah kiri, sementara lubang hidung sebelah kanan di tutup. Cara ini akan sangat efektif sebagai cara menghilangkan stres dengan teknik alami. Karena lubang hidung kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda. (sumber: health.detik.com)

  1. Minum air putih yang cukup.

Meminum air putih menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres karena tubuh menjadi cukup air dan tidak dehidrasi. Mengapa? Karena dehidrasi bisa memicu stres dan kegelisahan bahkan menghilangkan fokus. Saat tumbuh Anda tidak cukup air maka tubuh akan mengalami gangguan, bisa jadi tidak hanya jadi mudah stres tapi bisa pusing dan demam.

Sementara di tempat kerja baik di kantor atau di lapangan kesibukan yang menyita waktu terkadang membuat kita malas bergerak dan minum air putih. Apalagi saat berada di luar ruangan atau sedang bertugas dilapangan. Kondisi dan situasi yang tidak nyaman membuat bisa membuat lebih stres dan panasnya otak. Oleh karena itu konsumsi air putih yang cukup akan memberikan efek ketenangan dan membuat tubuh lebih fress.

  1. Mendengarkan musik selama 30 menit.

Penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bukti bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka lebih tenang ketika akan menghadapi operasi. Bergerak sesuai dengan irama lagu juga semakin menambah emosi positif dan memicu produksi endorphin.

  1. Tersenyum/tertawa.

Menurut salah satu jurnal ilmiah, memaksa diri untuk tersenyum bisa merangsang otak untuk melepaskan ketegangan. Lebih baik lagi jika Anda bisa tertawa dengan rekan-rekan di kantor.

  1. Istirahat di luar ruangan.

Istirahat sejenak dari pekerjaan yang menguras energi dan pikiran itu perlu. Lakukan hal ini di luar ruangan agar Anda bisa berganti suasana. Jalan kaki sedikit juga bagus untuk melemaskan otot dan refresh pikiran.

 

Cara Menghilangkan Stres berat karena banyak masalah

Cara Menghilangkan Stres

Stres yang timbul akibat banyaknya masalah yang harus dihadapi dalam kehidupan, baik karena kegagalan atau harapan keinginan yang sulit terwujud dan sebagainya memicu frustasi. Dan efek lebih mendalam yang dialami penderitanya adalah stres berat yang terkadang memulihkan pemulihan yang lama. Sehingga menimbulkan penderitaan yang berkepanjangan bahkan penyakit fisik.

Apa yang harus Anda lakukan apabila mendapati saudara, rekan, pasangan atau anggota keluarga atau bahkan Anda sendiri sedang menderita stres berat? Berikut ini beberapa cara menghilangkan stres berat yang bisa Anda praktekkan agar stres Anda bisa teratasi dan mendapatkan solusi lebih cepat. Diantaranya :

  1. Miliki kesadaran diri

Kesadaran diri adalah kunci utama Anda mengatasi masalah apapun. Kesadaran diri ini berkaitan dengan kondisi dimana Anda bisa menyatukan hati dan pikiran sehingga paham keberadaan diri Anda. Kondisi ini memberikan Anda energi yang membuat anda juga memiliki kemampuan memahami apa yang terjadi. Sehingga Anda mampu menerima segala kondisi penuh keiklasan. Perasaan menerima keadaan dengan ikhlas ini mampu menetralisir energi negatif dan membuat Anda lebih tenang.

Dari sinilah kesadaran diri Anda akan melepaskan Anda dari tekanan yang membuat Anda stres.

  1. Mendekatkan diri kepada Allah

Sebagai cara menghilangkan stres berat selanjutnya yang paling efektif adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan lebih mendekatkan diri diri kepada Allah akan memupuk keyakinan untuk memahami bahwa Allah la yang memberikan kita masalah dan Allah pula yang akan menunjukkan jalan keluarnya.

Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam surah Al-insyirah ayat 5-6 yang berbunyi Fa inaa ma’al ‘usri yusra…., inna ma’al usri yusra ayat yang artinya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Ayat tersebut memberikan pesan kepada kita bahwa kesulitan itu tidak akan selamanya dan setelahnya pasti akan ada kemudahan sehingga kita tidak harus stres.

Makna dari ayat tersebut memberikan kita energi tambahan yang mendorong kita untuk menjadikan masalah bukan sebagai beban yang berat, namun memberikan kita banyak hikmah. Masalah juga membuat seseorang bisa menggerakkan energinya untuk menambah usaha agar bisa mendapatkan jalan keluar serta solusi terbaik.

  1. Menemukan sumber masalah yang menyebabkan stres

Dengan menemukan sumber penyebab mengapa seseorang bisa mengalami stres berat akan memberikan Anda kemudahan menemukan solusi. Sumber masalah harus diatasi terlebih dahulu, baik itu sumber yang menjadikan seseorang gagal atau yang mengakibatkan tekanan hidup. Seperti seseorang mengalami kekecewaan yang berat, kesalahan-kesalahan yang dilakukan sehingga membuat seseorang mengalami hal buruk. Kegagalan, harapan yang sulit tercapai, dan sebagainya.

Dengan menemukan sumber permasalahan artinya Anda menemukan akar yang bisa menyebarkan racun kedalam hati dan pikiran. Yaitu penyebab yang bisa mengganggu kesadaran dan pusat-pusat emosi sehingga menghilangkan kesadaran berpikir dan mengakibatkan stres. Menemukan sumber masalah adalah titik awal keluar untuk dari tekanan dan himpitan yang bisa membuat stres

  1. Menemukan solusi dengan cepat dan tepat.

Apabila stres yang dialami oleh seseorang hanya dibiarkan begitu saja meski sudah menemukan petunjuk awal maka akan semakin menambah stres dan bisa menimbulkan masalah lainnya. Artinya Anda harus bergerak cepat sehingga masalah dan juga stres bisa teratasi dengan cepat. Tidak menimbulkan masalah lainnya yang justru bisa membuat seseorang menjadi semakin stres.

Tindakan cepat juga mengefektifkan waktu yang sebelumnya tersia-siakan karena stres. Sehingga setidaknya bisa mengembalikan peluang yang terabaikan meski sebetulnya sesungguhnya kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali. Namun setidaknya dengan mengefektifkan waktu bisa mengembalikan keadaan menjadi semakin baik.

  1. Bersyukur dan berdoa

Ketika seseorang mengalami stres namun bisa menyadari keadaan dan menemukan jati dirinya maka kondisi seburuk apapun harus disyukuri. Dengan kesyukurannya itu maka akan meningkatkan keyakinan bahwa apapun yang Allah berikan kepada kita adalah yang terbaik. Rasa Syukur itu juga akan menambah kenikmatan karena kita bisa menerima keadaan dan menghilangkan perasaan tertekan juga beban hidup itu sendiri.

Apalagi ditambah dengan doa, yang merupakan jalan untuk membuka pintu keajaiban dari Allah. Dengan doa dan memohon apa yang kita inginkan dengan cara-cara yang tepat doa akan menjadi suport energi yang membuat kita lebih percaya diri dan keyakinan atas usaha yang kita lakukan.

Bersyukur dan berdoa bisa menjadi cara mengatasi stres karena dengan keduanya bisa menambah keyakinan kepada kita bahwa kita tidak sendiri. Ada kekuatan besar yang menjadi backing kita dan usaha kita. Keyakinan tersebut juga bisa meningkatkan rasa percaya diri yang akan membuat kita bisa tahan terhadap tekanan hidup dan masalah yang bisa membuat stres.

Cara menghilangkan stres pikiran menurut Islam

Cara Menghilangkan Stres

Agama Islam memiliki pandangan tersendiri mengenai cara menghilangkan stres. Dalam hal ini bagaimana mengelola stres akar tidak menjadi penghambat dalam meraih tujuan hidup juga ada caranya.  Stres pikiran bisa terjadi karena kemarahan, atau emosi, akibat pikiran dan hati yang tidak bersinergi. Pada akhirnya kondisi ini membuat seseorang menjadi stres.

Energi negatif sebagai akibat kesalahan dan perbuatan kita yang tidak baik, rasa kecewa, sakit hati dan kekalahan juga akan mempengaruhi hati dan pikiran dan memicu stres atau depresi.

Berikut beberapa cara menghilangkan stres secara Islami yang bisa Anda praktekkan setiap kali emosi menguasai dan mengganggu pikiran.

  1. Berwudhu

Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk berwudhu ketika amarah menguasai. Amarah ini yang mengakibatkan seseorang sulit mengendalikan hati dan pikiranya. Dengan berwudhu siraman air wudhu yang sejuk dapat membantu menenangkan saraf yang tegang. Sehingga emosi terkontrol, amarah akan pergi dan seseorang bisa melakukan tindakan dengan kepala dingin dan pikiran jernih penuh ketenangan.

Sehingga berwudhu menjadi salah satu cara menghilangkan stres pikiran akibat tidak terkontrolnya emosi. Hati dan pikiran pun jadi lebih tenang dan stres pikiran lama kelamaan akan menurun dan hilang.

  1. Salat sunah.

Sholat sunah menjadi salah satu cara menghilangkan stres menurut islam karena dengan sholat sunah seseorang bisa meminta sesuatu yang lain yang berbeda dan lebih bersifat khusus. Atau bisa diartikan sholat sunah menjadi jalan lain untuk meminta sesuatu secara lebih khusus, di mana dilakukan pada waktu khusus dan menjadi tambahan energi untuk ibadah wajib lainnya.

Artinya melalui sholat sunah menjadikan seseorang memiliki pegharapan yang berbeda. Yang sifatnya lebih istimewa dan bisa jadi sholat sunah menjadi jalan alternatif untuk mempercepat permohonan, memperoleh tambahan kebaikan, tambahan berkah dan sebagainya. Sehingga mengurangi potensi terjadinya stres.

Dari sisi kesehatan fisik, gerakan salat adalah satu bentuk peregangan yang baik untuk melancarkan peredaran darah dan produksi hormon. Selain itu, dalam sholat sunah kita berdoa yang juga bisa menjadi terapi konsultasi dan bentuk komunikasi dengan Sang Pencipta.

  1. Bersedekah

Dengan memberi membuat seseorang mampu mengalirkan energi positif dimana aliran energi tersebut mendatangkan kebaikan-kebaikan. Seperti rasa tentram, perasaan bahagia dan sebagainya.

Bahkan hal ini ditegaskan secara ilmiah melalui sebuah penelitian di University of Columbia. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa mendonasikan atau menyumbangkan uang membuat seseorang merasa lebih senang dibanding dengan menggunakan uang tersebut untuk membeli barang. Memberi sesuatu pada orang lain juga bisa membuat pikiran Anda lebih tenang.

  1. Beristighfar

Mengucapkan kalimat istighfar sama dengan sugesti diri agar otak terangsang untuk melepaskan hormon anti-stres. Istighfar sendiri bertujuan memohon ampunan dengan harapan agar Allah mengampuni dosa-dosa kita.

  1. Membaca dan mendengarkan Ayat Suci Alqur’an

Mendengarkan lantunan ayat suci. Mendengarkan lantunan merdu ayat-ayat Alquran saja bisa membantu menenangkan pikiran yang gelisah, penuh amarah, dan cenderung negatif.

 

Cara Menghilangkan Stres dengan Bioenergi

Cara menghilangkan stres sebagaimana tersaji diatas, merupakan usaha lahir dan batin yang bisa Anda praktekkan. Artinya disamping membutuhkan tindakan nyata dengan aktifitas fisik, mental, emosional juga memerlukan usaha spiritual. Sebagaimana juga dijabarkan dalam cara menghilangkan stres secara islam.

Namun jika cara-cara yang sudah Anda praktekkan belum memberikan hasil atau manfaat sesuai yang Anda harapkan, Anda bisa menggunakan cara terakhir yang lebih efektif dan praktis yaitu dengan memanfaatkan Bioenergi. Yaitu energi kehidupan yang ada dalam diri setiap manusia yang merupakan kekuatan luar bisa dan bermanfaat sebagai potensi juga bisa menjadi solusi setiap permasalahan hidup manusia.

Bagaimana cara mengatasi Stres dengan Bioenergi?

Cara mengatasi Stres dengan Bioenergi bisa Anda lakukan dengan memberdayakan energi yang ada dalam diri Anda. Mungkin setiap orang memiliki bioenergi namun untuk memanfaatkannya seyogyanya harus paham dulu bioenergi itu apa, apa manfaatnya dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Untuk itu Anda yang ingin mendapat manfaat Bioenergi dan bahkan bisa memanfaatkan Bioenergi untuk solusi berbagai permasalahan hidup perlu mendapat bimbingan. Bimbingan bisa diperoleh melalui konsultasi terlebih dahulu di Bioenergi Center dan kemudian belajar tentang segala sesuatu mengenai ilmu Bioenergi. Sehingga Anda bisa tahu lebih jelas apa itu Bioenergi beserta manfaat sekaligus cara pemanfaatannya.

Untuk itu Anda bisa mendapat manfaat Bioenergi dengan mengikuti pelatihan atau mengkonsumsi kapsul Bioenergi sebagai cara paling efektif. Mengapa harus dengan pelatihan atau minum kapsul Bioenergi? Karena dalam pelatihan bioenergi seperti dalam pelatihan Zona Kaya, GIM, Quantum atau dalam mengkonsumsi produk Kapsul Bioenergi ada proses Bioenergi Adjustment. Yaitu proses pembersihan, penyeimbangan dan penyelarasan energi sekaligus peningkatan frekuensi  energi seseorang dalam waktu singkat. Dimana orang yang memiliki energi yang bagus, akan lebih mudah mengatasi masalah dan mewujudkan harapan keinginan. Mudah sembuh dari berbagai penyakit termasuk bisa menjadi cara mengatasi stres yang efektif. Kualitas hidup pun  akan meningkat, lebih sehat, sukses, sejahtera.

 


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang

BAGIKAN :