Home » Artikel » Artikel Umum » Cara Meningkatkan Fungsi Otak untuk Kecerdasan dan Kebahagiaan

Cara Meningkatkan Fungsi Otak untuk Kecerdasan dan Kebahagiaan

Cara Meningkatkan Fungsi Otak - Bioenergi Center

Pernahkan Anda mendengar istilah-istilah tentang otak? Misalnya, otak encer, otak jenius, otak emas, atau mungkin sebaliknya umpatan atau makian tentang otak. Seperti: tidak punya otak, otak kosong, dan sejenisnya. Semua itu merupakan hal -hal yang berkaitan dengan fungsi otak. Dan bagi sebagian orang kata-kata itu menjadi alasan mendasar untuk menemukan cara meningkatkan fungsi otak.

Mengapa? alasannya mungkin sederhana saja… yaitu agar tidak dibilang “tidak ada otak”,…

Atau agar dikatakan otaknya encer…

Nah apapun alasannya meningkatkan fungsi otak itu penting. Orang yang memiliki otak yang berfungsi dengan baik menandakan bahwa ia memiliki potensi yang besar dalam hidupnya. Fungsi otak secara langsung berkaitan dengan sesuatu yang fundamental bagi kehidupan seperti bernapas, ataupun Kecerdasan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Fungsi Otak?

Otak Membutuhkan Oksigen Untuk Menjalankan Fungsinya.

Tahukah anda bahwa otak anda hanya 1% hingga 3% dari berat tubuh anda, namun yang membutuhkan 20% dari seluruh oksigen yang anda hirup.

Itulah yang kemudian membuat dokter dan paramedis selalu khawatir tentang hilangnya suplai oksigen ke otak bagi pasien mereka.

Alasannya tidak lainnya… karena jika otak kehilangan suplai oksigen dalam jangka waktu 10 menit, kerusakan saraf yang cukup besar dapat terjadi. Anda juga perlu tahu bahwa suhu dingin dapat memperpanjang periode ini dan ada beberapa contoh orang tenggelam dalam air dingin yang selamat tanpa kerusakan otak bahkan setelah 40 menit.

Oksigen mempengaruhi tidak hanya tubuh anda tetapi juga fungsi otak anda untuk Kecerdasan.

Setiap sel dalam tubuh membutuhkan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Otak dikemas dengan 100 miliar neuron, dan oksigen sangat penting bagi setiap manusia. Jika oksigen sangat penting untuk kesejahteraan dan kecerdasan kita, mengapa kita tidak memberikan perhatian yang layak?

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan otak?

Agar otak berfungsi dengan baik, dan kita juga tidak dikatakan “otak kosong”, dan otak dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk mendukung aktifitas sehari hari. Atau ikut memberi warna dalam mewujudkan harapan-harapan dalam kehidupan kita, maka kita harus meningkatkan kemampuan otak dan mengeksplornya agar meningkatkan kualitas hidup kita.
Berikut merupakan beberapa hal yang dapat meningkatkan kemampuan otak yaitu:

1. Menjaga kesehatan otak

Anda ingin punya otak sehat/otak yang aktif dan menghasilkan kreativitas positif yang bermanfaat? jika jawabannya ia…

Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, yang mengandung omega 3, melakukan aktifitas fisik yang sehat, menghirup udara yang segar dan selalu berpikir positif.

Jangan anggap remeh juga perasaan hati yang selalu bahagia. Murah senyum dan memiliki jiwa yang merdeka juga menjadi kunci otak sehat.

2. Belajar sebanyak mungkin.

Memang kenyataannya belajar adalah aktifitas yang membosankan. Namun banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan belajar sebanyak mungkin akan membuat kemampuan otak meningkat. Terutama karena akan ada banyak hal yang bisa melekat dalam memori otak.

Ini sangat masuk akal, karena kalau orang yang tidak mau belajar … tidak ada informasi yang terhubung ke otak… jadi apa yang akan diserap sama memori otak bukan?

3. Belajar membaca cepat.

Belajar membaca cepat dengan membaca akan memberikan pengaruh yang berbeda pada kemampuan otak. Membaca cepat membuat ortak untuk terlatih dalam memberikan respon cepat. Artinya ini bisa menjadi cara untuk membuat otak bisa bekerja lebih cepat.

4. Melatih otak untuk menjadi kreatif

Siapa bilang otak tidak perlu latihan? melatih otak untuk menjadi kreatif sama seperti melatih sensitivitas otak untuk bekerja lebih cepat. Yang menjadi pertanyaan, apakan pemilik otak itu menyadarinya?

Jika ia menyadarinya ia bisa melatih otak menjadi lebih kreatif dengan melakukan hal-hal tertentu. Ia bisa memulainya dari hal yang kecil. Sebagai contoh dengan latihan menulis, dan memahami bahasa indah.

5. Menggunakan akronim untuk membantu mengingat.

Cara paling sederhana dan mudah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan otak adalah dengan membuat akronim dari kalimat – kalimat penting yang sering kita gunakan. Anda juga bisa membuat akronim untuk tujuan hidup Anda yang telah Anda jabarkan dalam point-point detail atau kalimat panjang.

6. Istirahat secara berkala dan tidur yang cukup.

Istirahat secara berkala dengan rentang waktu yang cukup serta memiliki kualitas tidur yang cukup juga akan sangat membantu meningkatkan kemampuan otak. Selain itu juga memiliki manfaat mendalam sebagai cara meningkatkan fungsi otak

Hal ini berkaitan dengan relaxsasi bagian otak yang penting yang berhubungan dengan pikiran bawah sadar dan fungsi penting otak spiritual yang ada dalam belahan otak manusia. Anda ingin belajar lebih mendalam tentang fungsi otak manusia, bagaimana mengelola kecerdasan otak dan optimasi otak untuk mewujudkan harapan Anda? Silahkan pelajari Cara Optimasi Otak – Terobosan Baru Meningkatkan Fungsi Otak!

Cara Meningkatkan Fungsi Otak - Bioenergi Center

7. Menjaga asupan makanan ke otak.

Asupan makanan atau nutrisi untuk otak juga menjadi bagian yang penting untuk memenuhi kebutuhan otak agar fungsi otak terjaga. Makanan seperti ikan salmon, brokoli, buah bery dan makan yang mengandung omega 3 bisa menjadi nutrisi yang baik untuk otak.

8. Olahraga otak.

Anda merasa asing dengan istilah olahraga otak? tentunya tidak bukan?… olah raga otak sesungguhnya identik dengan membiasakan berpikir. Kalau Anda malas berpikir artinya Anda juga malas melakukan olahraga otak.

9. Jauhi makanan yang mengandung gula.

Gula disisi laian merupakan kebutuhan tubuh yang harus terpenuhi. Namun tentu saja dalam jumlah yang wajar. Orang yang kekurangan gula bisa menyebabkan sakit liver atau gangguan fungsi hati. Sebaliknya terlalu banyak gula dalam darah akan menjadi penyakit diabetes dan menjadi racun bagi otak.

Jadi sebisa mungkin kontrol konsumsi makanan yang mengandung gula agar otak bisa terjaga kesehatannya, terjaga sistem kerjanya dan fungsinya.

Makanan apa yang bisa mencerdaskan otak?

makanan yang bisa memberi manfaat secara nyata untuk mencerdaskan otak adalah makanan sehat alami yang banyak mengandung omega 3. Seperti yang terdapat dalam telur, daging, ikan salmon, oat, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau dan sebagainya.

Namun Asupan makanan yang bisa mencerdaskan otak tersebut akan sulit terserap oleh otak tanpa adanya oksigen dan air. Artinya oksigen dan air juga bagian dari makanan yang berperan dalam mencerdaskan otak.

berkaitan dengan peran oksigen dalam otak, sebagian besar orang bernapas secara auto-pilot. Jadi prioritas pertama adalah memastikan bahwa tubuh kita dan otak mendapatkan banyak oksigHal penting yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa anda mengambil pasokan oksigen berlimpah.

Apa yang dapat kita lakukan agar nutrisi dan oksigen tersedia cukup dalam otak.

Berikut adalah beberapa tindakan yang masuk akal yang bisa Anda praktekkan untuk menjamin tubuh dan otak kita dalam kondisi yang baik dan cukup oksigen.

1. Tarik napas dalam-dalam.

Bernapaslah perlahan-lahan, menghirup oksigen/udara secara otomatis lebih lambat dari pada membuangnya. Secara bertahap, buatlah irama napas masuk dan keluar pada kecepatan yang anda rasa nyaman.

2. Hilangkan semua gangguan

gangguan masuknya oksigen dalam otak bisa berasal dari suasana lingkungan yang kacau, berpolusi atau terkena radiasi. Sehingga ada baikknya pada waktu-waktu tertentu Anda menghindari gangguan dari alat-alat seperti telepon, tv atau internet dan memfokuskan perhatian anda pada pernafasan.

3. Berikan kenyaman

Pada saat anda akan melakukan proses respirasi, usahakan punggung dan bahu lurus sesuai kenyamanan anda. kondisi rileks akan membuat oksigen dan nutrisi akan lebih mudah terserap oleh otak.

4. Pastikan lingkungan sekitar Anda mendukung

Usahakan agar lingkungan sekitar anda benar-benar bebas dari racun kimia seperti pembersih, asap atau dupa.

5. Hindari daerah berhutan lebat di malam hari ketika anda bernapas.

Kenapa begitu? Tanaman menghirup oksigen pada malam hari dan memberikan karbon-dioksida. Pada malam hari, ketika anda bernapas dalam-dalam di daerah yang melibatkan tanaman dedaunan lebat, anda menghirup lebih banyak karbon dioksida dibandingkan oksigen.

6. Saat menarik nafas, gunakan hidung dan bukan mulut anda.

Hidung berfungsi khusus untuk pernapasan dan menerima bau, sehingga saat bernafas pakailah hidung bukan mulut. Anda bisa menggunakan teknik pernafasan khusus. Anda juga bisa mencari tahu bagaimana dan kapan Anda bisa bermnafas dengan lubang hidung kiri, kanan, atau keduanya.

Langkah sederhana tersebut dapat memfasilitasi proses penyerapan oksigen dalam otak. Dengan menarik napas dalam dan perlahan. Ini akan memberikan paru-paru anda waku yang diperlukan untuk menyerap oksigen dari udara saat anda menarik napas. Dengan memberikan resistensi penyerapan oksigen yang lebih besar.

Perlu anda perhatikan dan harus waspada dalam mempraktekkan pernapasan yoga, karena dalam hal ini melibatkan beberapa aspek menahan nafas. Namun, dengan pelatihan yang tepat dan pengawasan, dapat mengurangi efek samping yang kurang baik.

Jika Anda ingin mengetahui secara lebih mendalam bagaimana memaksimalkan potensi otak Anda agar Anda dapat menemukan cara meningkatkan fungsi otak yang tepat. Agar Anda menjadi pribadi yang lebih cerdas, kreatif, inovatif sehingga mampu mewujudkan harapan dalam hidup Anda, berkelimpahan, uang dan kebahagiaan mengalir dalam hidup Anda, dapatkan caranya dalam program pelatihan Bioenergi Abundance.

Cara Menigkatkan Fungsi Otak - Bioenergi Center

Artikel Menarik lainnya:


Bagikan artikel dan komentar terbaik Anda untuk inspirasi dan motivasi
bagi banyak orang