Home » Artikel » Artikel Umum » Kesuksesan » Cara Meningkatkan Percaya Diri & Meraih Kesuksesan dengan Mudah

Cara Meningkatkan Percaya Diri & Meraih Kesuksesan dengan Mudah

Cara Meningkatkan Percaya Diri

BAGIKAN :

Apakah percaya diri ada kaitannya dengan kesuksesan seseorang? Tentu saja ada bahkan keduanya memiliki hubungan sangat erat. Orang yang tidak memiliki kepercayaan diri bahkan kecil kemungkinannya bisa menjadi sukses. Kepercayaan diri adalah modal utama kesuksesan dan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang adalah kualitas energi yang dimilikinya. Kualitas energi ini bisa berkaitan dengan kecerdasan, kemampuan/skill dan pengetahuan, fisik yang sehat dan bugar, wajah yang menarik dan sejenisnya. Cara meningkatkan percaya    diri yang efektif adalah dengan mengelola energi dalam diri agar menjadi potensi untuk meraih harapan dan kesuksesan dengan mudah.

Mengelola berarti memanfaatkan dan mengembangkan yang ada. Dan sesungguhnya setiap diri telah dibekali dengan energi dan juga potensi yang luar biasa oleh Sang Maha Pencipta. Berbagai faktor dalam kehidupan inilah yang kemudian mempengaruhi bagaimana energi bekerja dan menjadikan diri seseorang pribadi yang penuh percaya diri, penuh keyakinan dan optimis dalam hidup, atau menjadi minder, pesimis, penakut dan sebagainya.Cara meningkatkan percaya diri adalah dengan memberdayakan diri, dan untuk itu setiap diri harus mampu mengusahakannya.

Untuk mendapatkan cara meningkatkan percaya diri yang pas sehingga bisa memberikan hasil yang nyata adalah dengan merefleksikan diri kita sendiri. Anda juga bisa melakukannya dengan bimbingan orang lain yang paham tentang pemberdayaan diri. Bisa juga dengan mengikuti pelatihan pengembangan diri, membaca buku atau membaca artikel yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam meningkatkan rasa percaya diri. Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri yang bisa Anda praktekkan diantaranya cara yang dilansir dari tipspengembangandiri.com berikut ini:

  1. Ingat Kepada Allah SWT

Dalam kehidupan kita sehari-hari baik di lingkungan pekerjaan atau bisnis, di rumah, dalam masyarakat kita senantiasa berinteraksi dengan orang lain. Disana pula kita bertemu dengan orang dengan berbagai karakter dan status. Dari interaksi itulah terkadang menimbulkan masalah, persaingan dan kompetisi yang tanpa disadari bisa mempengaruhi kepercayaan diri kita.

Interaksi dengan banyak orang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari pun terkadang menimbulkan masalah. Apabila masalah datang silih berganti, dan kita merasa dalam kesulitan, apalagi mengalami kegagalan atau sulit meraih harapan dan keinginan dalam hidup pada suatu saat bisa menimbulkan kita kecil hati dan kehilangan kepercayaan diri.

Saat-saat itulah kita harus mengingat Allah, sang pemberi hidup agar kita memiliki keyakinan untuk bisa bangkit dan keluar dari masalah. Sehingga kita bisa menemukan jati diri kita dan menjadi lebih percaya diri. Dengan mengingat Allah apalagi dengan peningkatan kualitas ibadah maka akan membuat hati menjadi tenteram. Perasaan itu juga akan mengalirkan energi positif yang membuat kita memiliki keyakinan kuat bahwa kita tidak sendiri, setiap masalah ada jalan keluarnya dan bisa menjadi cara meningkatkan percaya diri serta optimisme dalam menjalani hidup.

  1. Perbaiki penampilan

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Percaya tidak percaya, penampilan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Memang orang ada yang sudah menarik dari sononya karena terlahir dengan wajah cantik atau tampan. Namun penampilan tidak hanya dilihat dari cantik atau tampan saja. Daya tarik yang terpancar dari diri itMeningkatlah yang sangat berpengaruh pada penampilan. Artinya orang cantik atau tampan belum tentu memiliki penampilan menarik. Namun orang yang bisa tampil menarik akan terlihat cantik atau tampan.

Lantas bagaimana memperbaiki penampilan agar bisa menjadi cara meningkatkan rasa percaya diri? Dalam hal ini Anda tidak harus berkecil hati ketika kenyataannya memiliki wajah yang biasa-biasa saja, atau mungkin kulit yang tidak putih, rambut tidak lurus dan sebagainya, karena Anda bisa memperbaiki penampilan dengan melakukan perubahan-perubahan. Dengan menjaga kebersihan badan, pakaian, wajah, serta mengenakan pakaian yang rapi dan serasi. Hal ini akan membuat penampilan Anda lebih menarik dan tentunya akan membuat Anda nyaman dan percaya diri.

  1. Netralisir Energi Negatif

Energi negatif bisa muncul karena pikiran negatif. Kurangnya rasa percaya diri juga bisa muncul karena adanya pikiran negatif. Dimana pikiran negatif ini akan mempengaruhi hati dan pikiran sehingga bisa menimbulkan rasa rendah diri, takut berlebihan, tidak berani mengambil keputusan, bimbang, cemas, selalu ragu-ragu, takut salah, takut kecewa dan sebagainya.

Salah satu cara meningkatkan percaya diri adalah dengan menghilangkan pikiran negatif itu. Anda bisa menetralisir energi negatif itu agar tidak mempengaruhi pikiran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mentralisir energi negatif itu dengan menjaga hati dan pikiran. Baik dengan melakukan amal kebaikan, meningkatkan ibadah, membersihkan hati dan pikiran, atau cara lainnya.

Sebagai cara untuk menetralisir energi negatif yang cepat dan efektif, Anda bisa mengikuti proses Bioenergi Adjustment di Bioenergi Center. Atau Anda bisa meminta seorang master untuk melakukan proses tersebut.

Anda juga bisa menghilangkan pikiran negatif dengan melakukan afirmasi positif. Misalnya Menanamkan pikiran bahwa Anda itu sehat, Anda orang yang penuh semangat, percaya diri, sukses dan bahagia. Dengan cara-cara tersebut Anda akan lebih bisa menyelaraskan hati dan pikiran dan meningkatkan rasa percaya diri dengan mudah.

  1. Sadari kelebihan yang Anda miliki

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Yakinlah bahwa setiap orang terlahir dengan bakat alami. Dan terkadang apa yang dimiliki oleh seseorang tidak dimiliki oleh orang lainnya. Dan itu akan menjadi kelebihan bagi diri Anda. Dengan memahami kelebihan diri dan mampu mengeksplor kelebihan dengan baik bisa menjadi cara meningkatkan percaya diri yang efektif.

Pengetahuan akan kelebihan diri juga mampu membuat seseorang bisa eksis dalam persaingan. Oleh karena itu pahami diri Anda dan carilah kelebihan apa yang Anda miliki yang dapat membuat Anda memiliki identitas diri yang berbeda. Bisa dalam bentuk bakat, atau skill tertentu atau keunikan mengenai kemampuan Anda yang jarang dimiliki orang lain dan menghasilkan sesuatu. Baik Menghasilkan karya, mendatangkan uang atau memberi manfaat bagi banyak orang.

Asahlah selalu kemampuan diri yang merupakan kelebihan Anda itu agar terus menjadi kelebihan dan bisa menjadi potensi yang produktif. Dengan kemampuan dan kelebihan Anda itu otomatis akan meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan kebanggaan bagi orang-orang yang ada didekat Anda.

  1. Baca buku

Banyak orang bilang bahwa buku adalah jendela dunia sekaligus sumber ilmu. Oleh karena itu budayakan membaca buku. Meskipun jaman sekarang ini banyak informasi berseliweran di media termasuk media online yang bahkan bisa didapat secara gratis. Namun Membaca buku bermutu akan memberikan Anda wawasan dan pengetahuan yang bisa jadi tidak diketahui banyak orang.

Dengan wawasan yang luas maka akan menjadi ilmu yang akan membuat Anda memiliki banyak bekal untuk menjalankan aktivitas dan berinteraksi dengan banyak orang. Dan wawasan itulah yang akan menjadi salah satu cara meningkatkan percaya diri otomatis. Anda tidak akan canggung mengobrol dengan orang lain karena Anda memiliki banyak pengetahuan. Apalagi Apabila Anda rajin membaca buku sesuai bidang yang Anda sukai atau yang menjadi kelebihan Anda maka akan mendongkrak kepercayaan diri Anda lebih cepat.

  1. Jangan segan menyapa orang yang baru dikenal

Banyak orang yang merasa tidak nyaman ketika berada diantara orang-orang yang baru dikenal. Seolah serba salah ketika ingin menyapa duluan, takut dibilang sok kenal, atau malah di jadikan bahan pembicaraan. Oleh karena itu untuk mencairkan suasana usahakan Anda bisa menyapa orang yang baru Anda kenal duluan. Berpikirlah positif dan tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang ramah dan tidak sombong. Dengan memberikan sapaan yang sopan dan senyum tulus pasti akan membuat ketidaknyamanan dan kecanggungan berubah mengasikkan.

Anda bisa melihat penampilan orang yang ada dihadapan Anda, bisa dari tua mudanya, laki atau perempuan, termasuk penampilannya. Dengan menyapa duluan Anda berarti telah memiliki keberanian memulai dan akan memberikan kesan baik dan positif. Sehingga Anda akan lebih mudah menguasai obbrolan, paling tidak memiliki kendali atas percakapan yang Anda jalin. Tanpa Anda sadari ini akan menjadi cara meningkatkan percaya diri yang efektif dan memberikan Anda energi untuk lebih eksis dalam pergaulan.

  1. Persiapkan segala sesuatu dengan baik

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Dalam hal apapun segala sesuatunya harus dipersiapkan. Bahkan dalam aktivitas sehari-hari pun kita harus mempersiapkannya dengan matang agar tidak menimbulkan perasaan cemas dan tidak tenang. Persiapan yang matang akan membuat kita memiliki keyakinan dan kepercayaan diri. Apalagi apabila kita hendak melakukan hal yang tidak biasa seperti melakukan presentasi, bertemu dengan orang penting atau negosiasi sama orang maka persiapan matang menjadi harga mati.

Bahkan tanpa persiapan yang matang sebuah perencanaan sebaik apapun akan sulit berjalan lancar. Dan pada ahirnya akan menumbuhkan kekhawatiran, rasa cemas, bingung dan bisa mengakibatkan kita kehilangan fokus. Dalam sebuah presentasi misalnya apabila kita tidak mempersiapkan materi bahkan alokasi waktu dengan baik akan mudah sekali membuat kita gugup. Ujungnnya presentasi tidak berjalan mulus dan apa yang menjadi tujuan utama kita jadi meleset.

Termasuk ketika kita hendak menghadapi tes wawancara misalnya, tanpa persiapan yang matang bisa jadi kita melakukan kesalahan. Bahkan persiapan fisik juga sangat penting. Kita harus dalam kondisi bugar, tidak ngantuk apalagi tidak sehat. Kita juga harus paham sekilas tentang tempat yang akan kita datangi, memperhitungkan lamanya perjalanan dan berbagai persiapan lainnya. Penampilan juga dipersiapkan sehingga kita bisa tampil percaya diri dan meraih apa yang kita harapkan.

  1. Terapkan teknik “Jika-Maka”

Mungkin tidak banyak yang kenal teknik ini. Teknik “Jika-Maka” merupakan teknik sederhana yang bisa dimanfaatkan sebagai cara meningkatkan percaya diri. Dan  hasilnya ternyata sangat efektif. Mengapa? Karena melalui teknik ini Anda mampu mempersiapkan sesuatu bila situasi dan kondisi tidak sesuai yang Anda harapkan, dan mempersiapkan strategi lain sebagai penggantinya.

Cara ini akan memberikan Anda banyak pilihan mengenai apa yang akan Anda lakukan dalam kondisi darurat. Memang penerapan cara ini butuh kecepatan berpikir dan pembiasaan. Namun bagi Anda yang tidak terbiasa dengan cara ini sebaiknya Anda pahami dan pelajari karena akan menjadi kebiasaan positif yang mampu meningkatkan percaya diri. Mengapa? Karena pikiran dan hati kita telah siap dengan kemungkinan terburuk, jadi teknik “jika-maka” ibarat sebuah Second opinion yang membuat Anda jadi punya pandangan yang luas mengenai solusi.

Penerapan teknik “jika-maka” juga memberikan kita sebuah keleluasaan dalam melakukan segala sesuatu. Dan yang terpenting memberikan suport kepada pikiran menjadi lebih tenang karena kita telah mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan yang kurang baik. Kemungkinan yang bisa terjadi dan meleset dari harapan kita dan impian kita. Cara meningkatkan percaya diri dengan teknik ini akan memicu kita mengambil tindakan cepat, lebih cekatan dan sigap serta terlatih dalam menghadapi keadaan yang tidak pasti.

  1. Tetapkan sasaran kecil untuk meraih sasaran besar

Jika Anda ingin menetapkan sasaran besar dan tujuan besar artinya Anda orang yang luar biasa. Namun dalam mencapai hal besar tetap Anda harus melakukan hal kecil terlebih dahulu. Mulai dengan hal yang mudah dan ringan dilakukan dan menjadi timbunan energi sehingga mampu mensuport Anda untuk melakukan hal yang lebih besar.

Dengan kemudahan dan pengalaman yang Anda dapat dari ketika melakukan hal kecil maka Anda akan memiliki kepercayaan diri yang terus bertambah. Bahkan Akan menambah keyakinan Anda untuk meraih berbagai pencapaian besar yang Anda harapkan.

Tidak salah juga jika Anda menetapkan sasaran kecil namun sambil membangun suatu yang lebih besar. Dengan cara ini Anda bisa melakukan sesuatu tanpa beban dan bisa menjadi cara meningkatkan percaya diri yang lebih cepat. Dampak positif dari pencapaian-pencapain sekecil apapun akan menambah energi Anda menjadi lebih baik. Karena Anda juga akan merasakan kepuasan atas keberhasilan Anda itu, sehingga akan memudahkan Anda menggerakkan energi positif itu untuk melakukan sesuatu yang besar dan terfokus ke tujuan lebih besar.

  1. Cari perbandingan diri sebagai inspirasi

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Cara lain untuk membangkitkan rasa percaya diri adalah tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain namun jadikan salah satu orang sukses dan kesuksesannya menjadi inspirasi. Mengapa? Karena orang lain akan terus memiliki kelebihan dibanding Anda sehingga bisa menghilangkan percaya diri Anda. Namun apabila Anda membandingkan diri Anda dengan orang untuk menjadikannya sumber inspirasi justru akan menjadi pendongkrak semangat. Dan Perbandingan yang menginspirasi bisa menjadi cara meningkatkan percaya diri yang efektif.

Anda juga bisa membandingkannya dengan diri Anda pada masa lalu sehingga Anda akan lebih berbesarhati dan meningkatkan kepercayaan diri. Membandingkan diri dengan kondisi sebelumnya pun Anda harus cerdas. Salah-salah kalau perbandingan yang Anda lakukan saat Anda mendapatkan prestasi dan keberuntungan dengan mudah sementara saat ini Anda sedang dalam proses memperjuangkan kesuksesan Anda malah berpikir mundur.

Jadi apa bila Anda melakukan perbandingan diri dengan diri Anda sendiri ataupun dengan orang lain, lakukanlah dengan memperbandingkan yang memicu optimisme dan semangat. Sehingga Anda bisa menjadikan bahan perbandingan itu inspirasi meraih kesuksesan.

  1. Cara Meningkatkan Percaya Diri dengan Bersyukur

Mensyukuri apa yang Anda miliki dan bagaimana kondisi Anda sekarang akan membangun rasa percaya diri Anda. Mengapa? Karena dengan bersyukur, Anda akan terhindar dari stres dan perasaan negatif lain. Dengan bersyukur Anda juga akan merasa lebih bahagia dan tidak sendiri karena ada Allah yang melindungi Anda dan sebagai tempat Anda bergantung.

Bersyukur menambah energi rohani Anda semakin terisi dan membuahkan ketentraman yang bisa membuat kita menyadari arti diri kita yang sesungguhnya. Rasa syukur akan mengalirkan energi positif yang akan menciptakan diri lebih baik. Selanjutnya mampu memberikan kita kesadaran bahwa kita berharga, kita memiliki sesuatu dan kita adalah pemenang. Energi positif tersebut mampu membuat kita memiliki rasa percaya diri.

  1. Berdoa sebelum memulai sesuatu

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Berdoa sebelum memulai sesuatu bisa juga membantu Anda melejitkan rasa percaya diri Anda. Karena Doa mengalirkan energi yang besar dan mengantarkan kita meraih berbagai pencapaian. Bahkan doa mampu membuka keajaiban sehingga apabila Anda merasa akan menemui kendala, maka dengan berdoa akan meningkatkan keyakinan dan kekuatan hati Anda. Hal ini karena doa mengantarkan Anda dekat dan mengingat Tuhan YME dan memperoleh perlindungan-Nya dalam setiap langkah Anda.

13 . Ikut Bioenergi Adjustment.

Mengapa Bioenergi Adjustment menjadi cara meningkatkan percaya diri? Karena dengan mengikuti proses Bioenergi Adjustment baik melalui program pelatihan seperti Zona Kaya, GIM atau Quantum Bioenergi atau melalui Kapsul Bioenergi, maka Anda akan mendapatkan proses spiritual untuk peningkatan kualitas energi.

Dimana dalam proses tersebut hal-hal negatif yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang seperti rasa cemas, ragu-ragu, takut, selalu gagal dan energi negatif lainnya akan dibersihkan untuk selanjutnya diselaraskan.Manfaat lainnya adalah adanya peningkatan kualitas energi baik energi personal energi spiritual bahkan energi kehidupan yang sangat berpengaruh pada kesuksesan hidup Anda.

Orang yang memiliki kualitas energi yang bagus akan lebih cepat mengatasi masalah dalam hidupnya, lebih percaya diri, dan bisa mewujudkan harapan keinginan dalam hidupnya dengan cepat. Oleh karena itu Bioenergi Adjusment yang Anda dapatkan dari Bioenergi Center melalui program atau sarana Produk Bioenergi yang sesuai akan mencari cara meningkatkan percaya diri yang sangat efektif dan bahkan mampu mendongkrak potensi kesuksesan dengan lebih cepat dan mudah.

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *