Home » Artikel » Artikel Solusi » Solusi Masalah Hutang » Cara Menyelesaikan Masalah Hutang Yang Menumpuk dengan Cerdas

Cara Menyelesaikan Masalah Hutang Yang Menumpuk dengan Cerdas

Cara Menyelesaikan Masalah Hutang

BAGIKAN :

Mau Tahu Cara Menyelesaikan Masalah Hutang?

Cara Menyelesaikan Masalah Hutang – Hutang menjadi masalah pelik bagi sebagian besar orang modern di jaman Now. Entah karena gaya hidup, pola konsumsi, atau tuntutan kebutuhan. Disadari atau tidak hutang menjadi kebiasaan bayak orang modern. Kemudahan akses untuk berhutang dari berbagai lembaga keuangan, menjadi salah satu faktor yang ternyata memudahkan banyak orang mendapatkan dana dengan cepat. Namun terkadang karena satu dan lain hal atau masalah dalam hidupnya, maka hutang semakin lama semakin banyak dan ahirnya menumpuk hingga sulit diselesaikan. Jika sudah demikian Anda harus menemukan Cara Menyelesaikan Masalah Hutang Yang menumpuk itu dengan cerdas agar hutang segera tuntas.

Sebagaimana dilansir dari www.amalan.com, bahwa hutang bisa menumpuk karena alasan berikut:

  • Suka menunda pembayaran hutang dan membayar tidak tepat waktu

Cara Menyelesaikan Masalah Hutang

  • Apabila kita menggunakan kartu kredit atau memiliki hutang di bank termasuk hutang leasing, kita harus membayarnya secara rutin dan sesuai tanggal jatuh tempo. Apabila ketentuan ini dilanggar, maka yang ada akan memunculkan bunga dan akan menambah jumlah nominal yang harus Anda bayar. Apalagi setiap lembaga keuangan, termasuk bank dan juga leasing memiliki kebijakan khusus perihal bunga atau denda ini. Artinya kelalaian Anda akan menjadikan hutang semakin menumpuk dan memberatkan untuk melunasinya. Bunga atau denda juga akan terus berjalan semakin lama jangka waktu penundaan maka bunga atau denda semakin naik.

Ketidak pahaman Akan Kemampuan Diri dalam Membayar Hutang

Gaya hidup konsumtif dan besarnya godaan yang memunculkan keinginan belanja bisa membuat khilaf sehingga tidak sadar akan kemampuan diri. Kurangnya pemahaman dan kesadaran diri inilah yang dapat menyebabkan banyak orang akhirnya terjerat hutang. Ketika berbelanja dan kemudian memutuskan diri mempergunakan sistem pembayaran cicilan sebaiknya dilihat lagi berapa penghasilan kita. Apakah kita sanggup menyisihkan beberapa persen sebagai pembayaran cicilan. Kebanyakan dari mereka mengajukan pinjaman atau mempergunakan credit card tidak memperhitungkan kemampuan bayar. Sehingga tagihan menumpuk dan sulit terlunasi.

Adapun cara menyelesaikan masalah hutang yang menumpuk dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Tidak Membayar Hutang dengan Pembayaran Minimal

Hal yang paling sering dilakukan mereka yang memiliki hutang adalah mulai mencicil pembayaran dengan pembayaran minimal. Cara ini dilakukan karena untuk menghindari kejaran penagih hutang (debt colector). Namun sesungguhnya hal ini bukanlah cara yang tepat. Disamping malah akan memakan jangka waktu lama, semakin menambah bunga. Artinya Pembayaran minimal harus ditinggalkan dan sesuaikan dengan kemampuan bayar Anda. Jika mampu membayar hutang untuk jangka waktu 3 tahun, kenapa memilih ambil yang 5 tahun. Coba bandingkan dengan simulasi yang tepat, maka hasilnya justru semakin lama Anda memiliki jangka waktu hutang, maka Anda akan semakin banyak menimbun bunga dan menumpuk hutang.

2. Bayar Hutang Dimulai dari Hutang Yang Memiliki Suku Bunga Lebih Tinggi

Cara Menyelesaikan Masalah Hutang

Untuk cara menyelesaikan masalah hutang menumpuk yang kedua adalah Anda harus pandai memilih prioritas yang harus di bayar dluan. Karena itu urutkan dari hutang yang memiliki suku bunga tinggi, karena apabila ada keterlambatan pembayaran atau bahkan tidak bisa membayar, maka bunga dan denda sangat besar. Resiko Anda juga akan semakin besar. Hutang pada leasing atau dealer biasanya memiliki bunga yang tinggi.

Jika Anda berhutang kepada lembaga kredit yang bunganya tinggi maka Anda harus bisa membayar tepat waktu. Memang dengan memprioritaskan hutang yang besar terlebih dahulu karena suku bunganya tinggi akan terasa memberatkan di awal, namun apabila hutang besar dan berbunga tinggi sudah terselesaikan maka Anda akan merasa lebih lega. Namun Anda juga tidak boleh lengah dengan hutang lainnya. Semua harus dibayarkan sesuai jatuh tempo. Sehingga hutang menumpuk yang Anda miliki akan terus berkurang dan bisa lunas.

3. Aktif Mencari Tambahan Penghasilan dengan Cerdas.

Cara berikutnya untuk menyelesaikan masalah hutang yang menumpuk yaitu dengan mencari penghasilan tambahan. Apabila dengan yang selama ini di dapat menjadi penyebab kesulitan menyelesaikan hutang maka kita harus cerdas menambah penghasilan agar tidak menambah hutang lagi dan melunasi hutang. Untuk cara menambah penghasilan saat ini banyak dilakukan dengan berbisnis secara online, menjadi reseller atau dropshiper produk-produk yang lagi trand di pasaran. Atau juga bisa menambah penghasilan dengan menjadi driver online, broker property online dan sebagainya.

Atau jika Anda tidak terjun di dunia bisnis online, Anda juga bisa melakukan pekerjaan sambilan yang terpenting yang tidak bertentangan dengan aktivitas utama dan tidak mengganggu kelancarannya. Dan yang lebih penting lagi jangan sampai salah fokus. Alih-alih mau menambah penghasilan dengan pekerjaan sampingan atau bisnis baru, malah melalaikan pekerjaan atau aktivitas utama dan kemudian Anda mendapatkan sanksi. Dan kalau itu terjadi justru bisa ada resiko kehilangan pekerjaan atau bisnis yang sudah berjalan.

Untuk menambah penghasilan Anda juga mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai namun dalam kondisi bagus untuk dijual di pasar barkas (barang bekas). Justru akan menjadikan rumah lebih bersih

4. Cara Menyelesaikan Masalah Hutang dengan Hidup Hemat

Cara Menyelesaikan Masalah Hutang

Kesadaran untuk hidup hemat saat sedang ada tujuan menyelesaikan masalah hutang sangat diperlukan. Hal ini akan menjadikan pengeluaran lebih terkontrol dan terkendali. Minimal dengan hidup hemat dan bersahaja, Anda tidak menambah hutang lagi. Hidup hemat tidak perlu sampai menyiksa diri, namun cerdas dalam memilih pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu. Semakin Anda pandai memangkas pengeluaran maka akan semakin menambah dana cadangan yang bisa dialokasikan untuk membayar hutang.

Cara efektif untuk berhemat juga dengan mengurangi hobi mahal, membeli makanan atau minuman ternama di kedai mahal dan sebagainya. Agar tidak kaget dengan menerapkan pola hidup baru atau pola konsumsi baru, mulailah dari hal yang kecil. Kalaupun harus memotong pengeluaran jangan melakukan pemotongan secara besar-besaran. Sehingga Anda tidak akan kaget dengan pola hidup hemat yang Anda praktekkan.

5. Konsultasi dengan konsultan yang tepat

Jangan hanya galau dan lama-lama jadi stres dengan kondisi hutang yang Anda miliki. Jika dengan berpikir sendiri Anda tidak mampu menyelesaikan masalah hutang Anda, maka konsultasikan masalah hutang yang Anda alami kepada konsultan yang tepat. Dengan berkonsultasi Anda akan merasakan beban masalah berkurang dan pasti ada jalan keluar yang terbaik yang bisa Anda lakukan. Saat konsultasi, sampaikan hal-hal yang penting dan mendasar dengan detail penuh kejujuran. Anda juga harus cerdas dan bijak mensikapi saran atau nasehat konsultan sehingga Anda bisa menemukan solusi dari masalah hutang Anda dengan bijak.

Memang untuk menemukan cara menyelesaikan masalah hutang tidak mudah, apalagi bila hutang sudah menumpuk. Butuh energi dan kekuatan besar guna menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Disisi lain Anda juga harus selalu sehat, agar bisa terus beraktifitas dengan normal. Meski pastinya orang yang sedang memiliki beban hidup pasti rentan dengan kondisi stres, depresi atau sensitif terhadap keadaan.

Oleh karena itu Anda harus memiliki kualitas energi yang bagus agar mampu mengelola kemampuan, potensi dan management diri dengan baik. Hati dan pikiran juga harus dipersiapkan untuk senantiasa bersinergi agar bisa menemukan cara menyelesaikan masalah hutang dengan cepat. Sebagai cara praktis dan efektif untuk solusi masalah hutang dan berbagai masalah hidup lain yang ditimbulkannya, Anda bisa mengikuti Program Pelatihan di Bioenergi Center. Berbagai program pelatihan solusi tersedia di sana, seperti Pelatihan Zona Kaya, Gemblengan Ilmu Metafisik, Quantum Bioenergi dan berbagai program lainnya. Bagi Anda yang tidak ada waktu untuk ikut pelatihan Anda bisa memesan produk solusi yang praktis berupa Kapsul Bioenergi. Untuk informasi dan konsultasi silakan klik PROGRAM PELATIHAN & PRODUK BIOENERGI.

BAGIKAN :

Berikan Komentar Terbaik Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *